Assalammualaikum Wr Wb
Jenis virtualisasi yang sering digunakan sehari umumnya menggunakan oracle virtual box atau untuk jenis berbayar nya menggunakan vmware workstation, untuk itu saya ingin sharing kepada pembaca bahwa ada jenis jenis virtualisasi yang lainnya, salah satunya vmware vsphere esxi, jenis virtualisasi ini sering digunakan pada level perusahaan, karena didukung vitur yang mendukung system produksi dan layanan yang mareka miliki. 

Vmware dengan jenis ini dapat diunduh pada halaman website Vmware Vsphere jangan khawatir berbayar atau tidak jika ingin mencoba atau review, setidaknya ketika artikel ini ditulis vmware menyediakan masa trial 60 hari untuk jenis vsphere ini.      

1. Setelah mendownload iso dari vmware, maka dapat diburn pada dvd atau jika ingin mencoba vmware esxi pada media virtual, anda hanya harus mengkaitkan iso tersebut dalam proses instalasi pada vm yang anda gunakan. 

2. Tampilan pertama pada proses instaler, proses ini hanyak berisikan selamat datang pada proses instalasi, anda bisa langsung menekan enter.

3.Tahap ini berisikan license agreement atau EULA, untuk melanjutkan tahap berikutnya anda dapat klik f11.

4. Pada tahap ini kita berada pada menu untuk melakukan partisi pertama untuk baremetal esxi.

7. Tahapan untuk memilih bahasa yang digunakan untuk vmware.

8. Melakukan konfigurasi password esxi.

9. Konfirmasi install untuk vmware esxi.

10. Proses Instalasi sedang berjalan, anda dapat menunggu proses tersebut.

11. Proses instalasi selesai anda dapat reboot system anda.

12. Setelah vmware running anda dapat akses dengan alamat http://ipserver.

13. Berikut adalah webadmin vmware esxi.