Assalammualaikum Wr Wb

Kembali lagi dijempolan01, kali ini saya akan sharing mengenai konfigurasi dasar sekaligus instalasi dari apache pada redhat 8, apache adalah salah satu enviroment yang digunakan untuk membuat sebuah web server, selain apache terdapat juga nginx. 

Konfigurasi dasar ini sangat diperlukan untuk mengecek atau membuat sebuah gambaran jika server benar benar akan akan dijalankan pada level production, 
biar pun dinilai spele, kita harus tau terlebih dahulu bagaimana menjalan beberapa perintah di beberapa os terbaru contohnya redhat 8 (terbaru pada waktu tulisan ini saya ketik) atau sebagai gambaran jika hal tersebut berjalan iniah yang akan muncul.

Hal yang harus dipersiapkan untuk lab ini, anda dapat menginstall redhat 8 dengan subscription yang sudah anda masukkan dan juga melakukan update repo, dan juga terhubung ke internet  untuk mengunduh paket. 

1. Anda dapat menggunakan perintah tersebut untuk mengunduh dan sekaligus melakukan instalasi httpd/ apache.
[root@redhat ~]# yum intall httpd

2. Setelah proses instalasi paket telah berhasil dilakukan anda dapat melakukan konfigurasi kecil pada httpd.conf, untuk melakukannya anda dapat menggunakan salah satu editor seperti nano atau vi, setelah masuk anda dapat merubah allow override menjadi all, setelah itu jangan lupa save, pada nano anda dapat ctrl+x dan y.
[root@redhat ~]#nano /etc/httpd/conf/httpd.conf

Line 128

<Directory "/var/www">
    AllowOverride All
    # Allow open access:
    Require all granted
</Directory>
3. Anda dapat mengaktifkan service pada httpd/apache tersebut dengan menggunakan perintah dibawah ini, supaya ketika restart service - service akan running up otomatis anda dapat menggunakan perintah enable.
[root@redhat ~]#systemctl enable httpd
     [root@redhat ~]#systemctl start httpd
4. System redhat dan juga turunannya menggunakan system firewall, agar dapat anda dapat akses apache tersebut anda harus add service tersebut kedalam firewall. 
[root@redhat ~]#firewall-cmd --zone=public --permanent --add-service=http
      [root@redhat ~]#firewall-cmd --reload
5. Stelah itu anda dapat akses dengan alamat ip yang anda miliki di browser kesayangan anda .





Untuk mengakses file test lainnya seperti menambahkan file html lain, anda dapat masuk ke /var/www/html, setelah itu anda dapat sebuah file html dan mengaksesnya (hal tersebut tidak memerlukan restart service).
[root@redhat ~]#nano /var/www/html

ok.html
                                 
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>TEST</h1>
<p>APACHE IN REDHAT 8</p>

</body>
</html>


Ok sekian dari sharing sederhana saya, semoga bermanfaat
dan terimakasih.