Assalammualaikum Wr Wb

Kesempatan ini saya akan melakukan konfigurasi senderhana membuat sebuah nfs pada system operasi redhat 8, nfs banyak digunakan sebagai media distribusi data dan juga media penyimpanan pada komputer - komputer yang terhubung pada jaringan, nfs dapat diakses di berbagai platform seperti linux atau pun windows dan juga lain lainnya.

Instalasi dan konfigurasi

1. Pada redhat 8 paket nfs sudah ada pada repo mereka, maka anda dapat langsung menggunakan perintah yum install nama paket  nfs, untuk perintah dapat ditambahkan opsi y dengan asumsi menyetujui semua depedencies untuk di install.
[root@redhat ~]#yum install nfs-utils.x86_64
2. Setelah proses install selesai, gunakan editor text tool untuk mengakses /etc/exports sebagai contoh saya menggunakan nano, setelah itu masukkan script configurasi sebagai berikut /(folder) adalah folder yang ingin dishare pada nfs dan juga jaringan yang digunakan serta mode seting untuk nfs seperti rw,sync dan lainnnya.
[root@redhat ~]#nano /etc/exports
/nfs 172.17.77.0/24(rw,sync,no_root_squash,no_all_squash)
3.   Buat sebuah directory yang nanti akan dishare (sesuaikan dengan yang ada pada /etc/exports), anda juga bisa menggunakan yang sudah ada.
[root@redhat ~]#mkdir nfs

[root@redhat ~]#chmod 777 nfs
4.  Setelah proses seting singkat telah dilakukan, anda dapat menghidupkan service nfs-ser menggunakan systemctl dan juga enable agar ketika restart service akan hidup kembali.
[root@redhat ~]#systemctl start rpcbind nfs-server

[root@redhat ~]#systemctl enable rpcbind nfs-server
5.   Ketika menggunakan system berbasis redhat maka terdapat firewall yang mangatur lalulintas akses, untuk itu kita perlu add service kedalam firewall supaya service tersebut dapat running dan dapat diakses.
[root@redhat ~]#firewall-cmd --add-service=nfs --permanent

[root@redhat ~]#firewall-cmd --add-service={nfs3,mountd,rpc-bind} --permanent

[root@redhat ~]#firewall-cmd --reload
6.   Service telah didaftarkan setelah itu kita lakukan restart service nfs-server
[root@redhat ~]#systemctl restart rpcbind nfs-server
7.   Untuk mengecek path nfs yang aktif kita dapat menggunakan perintah tersebut.
[root@redhat ~]#exportfs -u

Akses pada Client Windows Server 2012

Sebelum mengakses nfs kita harus mengaktifkan nfs sevice pada windows server, berikut tahapan yang dilakukan untuk mengaktifkan nfs client service.



Setelah service aktif kita dapat akses nfs menggunakan folder manager yang terdapat pada windows, ketik \\(alamat ip server nfs).


Lakukan test beberapa file untuk di upload pada nfs. 

Sekian dari saya untuk konfigurasi sederhana membuat nfs
semoga bermanfaat dan terimakasih.