Assalammualaikum Wr Wb

System operasi berbasis redhat banyak digunakan pada berbagai system salah satunya centos sebagai turunan dari distro redhat bersifat open source, untuk induknya sendiri yaitu redhat menggunakan system subcribe untuk layanan mereka, dari mulai repository, mengunduh prodak mereka, hampir semua dilakukan dengan cara tersebut terlebih dahulu untuk mengaksesnya, untuk itu kita harus mengetahui cara mamanagement subcribe agar redhat dapat digunakan untuk menjalankan service yang dinginkan.

Enable Fitur dan Subscription

1. Pada redhat default subribe tidak dimasukkan secara otomatis, maka dari itu untuk mengatifkan pada system operasi dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan perintah pada command line :
subscription-manager --username (usernameanda) --password (password username)
atau dapat menggunakan perintah sebagai berikut.
subscription-manager register
Perintah tersebut digunakan untuk mengkaitkan system operasi redhat dengan akun lisense/subscription yang kita miliki.

2. Perintah ini dapat kita gunakan untuk mengecek subscription produk apa saja yang tersedia dan digunakan pada system jenis apa saja.
subscription-manager list --available

3. Jika ingin menggunakan available subscrition secara costum maka kita dapat menggunakan id pool dari tipe subscription yang ada pada manager list.
subscription-manager attack --pool=(id available subscription)

4. Kebalikan dari pool id, untuk attach auto maka, tipe subcription akan menyesuaikan dengan system yang kita gunakan atau akan menyesuaikan otomatis dengan kondisi system yang ada. 
subscription-manager attach --auto


5. Perintah ini digunakan untuk mengecek status subscription pada setiap jenis subscription yang kita miliki.
subscription-manager list

6. Perintah ini digunakan untuk melihat daftar repo yang tersedia berbentuk rpm pada subscription, untuk mengaktifkan atau menggunakan salah satu repo dapat menggunakan perintah --enable setelah manager. 

subscription-manager repos --list

subscription-manager repos --enable=(repo id)


7. Setelah mengaktifkan repo dan regis subscription, kita dapat menggunakan yum update untuk mengupdate repo yang ada pada redhat system (note perintah tersebut juga dapat digunakan pada centos).

 ------------------------------Disable Fitur dan Subscription------------------------------------
1. Perintah tersebut digunakan untuk disable repo subscription.
[root@redhat ~]#subscription-manager repos --disable=(repo id)
2. Perintah tersebut digunakan untuk menghapus atau menonaktifkan layanan subscription secara costum dengan menggunakan parameter pool id.
[root@redhat ~]#subscription-manager remove --pool=8a85f99a6bf5e7fa016bfe828c0460a9
3. Perintah tersebut digunakan untuk menonaktifkan atau menghapus semua jenis produk yang dikaitkan dengan subscription.
[root@redhat ~]#subscription-manager remove --all
4. Kebalikan dengan perintah register subscription register, unregister digunakan untuk melepaskan akun subscription / lisensi pada redhat system yang digunakan, atau juga bisa digunakan bila mana ingin mengganti dengan level akun yang memiliki tingkat lisensi yang lebih tinggi.
[root@redhat ~]#subscription-manager unregister
5.  Digunakan untuk membersihkan sisa register data akun setelah melakukan unregis pada system operasi redhat.
[root@redhat ~]#subscription-manager clean