Assalammualaikum Wr Wb

Redhat 8 pada defaultnya setelah selesai instalasi dengan server option maka terdapat cockpit management, cockpit yang berada pada redhat dapat diakses sebagai management sementara sebelum menggunakan level management yang atau monitoring software yang lebih advance.

1. Cockpit management tidak otomatis running setelah redhat selesai instalasi, untuk itu kita dapat mengatifkan vitur tersebut dengan menggunakan perintah.
systemctl enable --now cockpit.socket

2. Akses cockpit menggunakan browser yang terhubung dengan server https://alamat ip:9090, setelah itu login menggunakan user yang ada, contoh saya menggunakan root untuk login.

berikut adalah tampilan pertama sesudah login, pada menu system ini kita dapat informasi dasar pada sebuah system operasi, dan juga disini kita dapat memantu kapasitas server secara real time.

3. Selain dapat melihat system basic, kita juga dapat melihat beberapa log yang terdapat pada system yang kita miliki, log monitoring tersebut dapat kita akses pada menu logs.

4. Management storage pada system juga dapat sekaligus dimanage pada cockpit, hal tersebut dapat dilakukan pada menu storage.

5. Monitoring networking source.

6. Dapat melakukan basic management account.

7. Melakukan management service dan melakukan monitoring service yang aktif maupun yang tidak aktif.

8. Sotfware updater, jika system redhat belum melakukan subribe atau management subribe maka fitur tersebut akan otomatis tidak aktif.

9. Melakukan subribe tanpa menggunakan mode CLI, anda dapat melakukannya pada cockpit ini.

10. Bentuk Cli juga dapat diakses sekaligus dengan cockpit.

11. Diagnostic report dapat dilakukan oleh cockpit dan juga hasil diagnosa dapat kita unduh dan dapat dibuka pada computer client atau pribadi.

Sekian dari Review tools cockpit management yang ada pada redhat 8
semoga bermanfaat dan terimakasih.