Assalamualaikum, ketemu lagi dengan saya setelah sekian lama, kali ini saya ingin mengshare sebuah postingan sederhana, mengenai perintah-perintah cmd sederhana yang sering saya pake dan saya gunakan pada windows, dalam menemani kegiatan penggunaan system windows untuk berselancar dah hiburan, sesekali saya membutuhkan perintah cmd untuk mempercepat dalam mengambil atau mengakses sebuah aplikasi atau perintah, dengan cmd kita dapat menjangkau beberapa aplikasi penting atau fitur penting dengan cepat dan efisien.

Sedikit bercerita selain saya menggunakan system operasi windows untuk menemani segala konten hiburan dirumah, saya juga menggunakan linux untuk menemani aktifitas saya diluar rumah, karena saya pasang pada laptop saya yang nota bene sering saya gunakan diluar rumah. 

A. Perintah Berkaitan System dan Paling sering digunakan 


1. Pertama ada flushdns, flush dns digunakan untuk mereset cache dns dan melakukan update data yang baru mengenai informasi nama domain yang ada pada alamat dns yang kita gunakan, perintah tersebut juga tidak hanya terdapat di windows tetapi ada pada system operasi lainnya seperti linux atau macos,  perintah ini pernah saya pake saat uji coba dns server.

2. Untuk Nslookup saya sering gunakan perintah ini untuk mengecek apakah sebuah domain merespon atau dapat melakukan queryDNS Server oleh client atau simpelnya untuk mengetahui domain yang kita akses ini sebenarnya alamat IP yang mereka gunakan untuk mendistribute alamat domain mereka.

3. Nah untuk melihat konfigurasi alamat IP yang sudah diterapkan pada windows kita juga dapat melihatnya di cmd yaitu menggunakan perintah ipconfig /all - ipconfig adalah perintah utamanya dan all itu untuk melihat semua alamat yang ada.

 
4. Fitur atau perintah sejuta umat users diseluruh bumi, nah fitur tersebut itu adalah ping (Paket Internet Gopher) perintah tersebut dijalankan untuk mengirim pesan ICMP yang nantinya digunakan tahap pertama untuk mengecek apakah jaringan yang kita gunakan terkoneksi ke destination yang kita inginkan.

5. Nah perintah ini saya sering gunakan untuk mematikan total windows yang saya gunakan pada laptop fungsi selain mematikan total windows perintah ini juga bisa digunakan untuk timmer pada waktu mematikan windows yang kita miliki caranya tinggal isi value -t dengan waktu yang anda inginkan.

6. Untuk berpindah pada drive yang lain pada windows anda hanyak cukup mengetik perintah tersebut nama drive : ex D: .

7. Membuat sebuah folder atau file pada windows kita hanya cukup menggunakan perintah mkdir (mirip seperti linux ya atau windows ngikutin linux ya wwkwk :V) mkdir "nama file yang dinginkan".

8. Mengecek file file yang terdapat pada windows kita cukup perintahkan Dir pada path yang sedang kita singgahi, (system ini mirip seperti "ls" pada linux).

9. Bila tadi kita menggunakan perintah mkdir untuk membuat sebuah folder atau file, maka perintah ini ada lanjutannya, bila ingin membuat sebuah file pada path destination folder yang berbeda maka kita tinggal tambah slash slash nya.
untuk mengecek apakah foldernya berhasil dibuat maka kita juga bisa menggunakan perintah 'dir' ditambah dengan slash destinasi filenya.

10. Bila ingin berpindah dari folder satu ke yang lainnya kita dapat menggunakan perintah cd \alamat yang akan dituju.

11. Perintah yang suka saya gunakan apabila trafic bandwith di pc yang saya gunakan tidak normal atau tidak sesuai dengan apa yang saya gunakan, perintah ini berguna untuk mecapture beberapa proses - proses yang belalu lalang pada jaringan pc anda.


12. Jika dirasa user yang kita gunaka tidak cukup hanya satu level user admin maka kita dapat menambahkan user non admin atau admin dengan menggunakan cmd juga yaitu menggunakan perintah "net user (namauser) (password) / add", jika ingin membuat user admin baru maka dapat menggunakan perintah "net locagroup administrator (nama user) / add.

13. Melihat berapa banyak user yang ada pada windows, kita juga dapat melihatnya menggunakan cmd pada windows perintah yang dimasukkan cukup dengan "net user".


B. Perintah shortcut atau perintah untuk menjalankan beberapa aplikasi. 


Untuk membuka aplikasi Note Pad

Untuk Membuka WSH dan melihat status Lisensi

Untuk masuk pada system registry untuk mengatuh hampir semua basis pengaturan sebuah aplikasi kita dapat menggunakan perintah tersebut untuk membuka melalui cmd
Untuk Membuka Resgistry Editor

Membuka salah satu office populer free seperti yang saya gunakan yaitu WPS maka kita dapat juga memanggilnya menggunakan cmd.
Untuk Membuka WPS Writer

Apabila ingin mengecek spesifikasi sedikit medetail, kita juga dapat memanggil Direcxt Diagnostic Tool menggunakan CMD
Untuk Membuka aplikasi Directx Diagnostic Tool

Sesekali saya membuka control panel untuk membua firewal atau sekedar menghapus aplikasi yang sudah tidak saya gunakan lagi, untuk itu control panel juga dapat diakses menggunakan cmd. 
Untuk Membuka Control Panel Menu 

Aplikasi bawaan windows ini yaitu task manager adalah aplikasi yang sering saya gunakan dan saya akses karena sangat membantu memonitoring hardware dan running aplikasi secara general, aplikasi ini juga dapat di panggil melalui cmd pada windows.
Untuk Membuka Task Manager

Salah satu aplikasi 1001 umat browser seperti firefox juga dapat dijalankan melalui cmd
Untuk Membuka Firefox Browser

Untuk Membuka Microsoft Edge Windows 10

Menyeting system keamanan sekaligus dengan maintenance system, juga dapat dilakukan dan dijalankan menggunakan cmd.
Untuk Membuka Security Center

Untuk Membuka Firewall Menu


Ok :) sekian dari postingan sederhana saya kali ini
Semoga bermanfaat sekian dan 
"Terimakasih''