Ya kembali lagi dengan jempolan01, kali ini saya akan menghadirkan sebuah artikel yang mungkin ini akan sangat bagi anda yang sedang kebingungan caranya reset mikrotik, nah diartikel yang saya buat akan berhubungan dengan hal tersebut.


Sedikit cerita, tadi nya saya mau bikin artikel tersebut dirumah teman (seperti sebelum belum nya), karena salah satu teman saya ada yang minjam rb teman sekomplek nya (nah sekalian kan heh), tetapi alhamdulillah enggak jadi, karena pas sore-sore boleh make lap sekolah dan saya akhirnya minjem RB sekolah buat dinetinstall, nah saya coba kurang lebih di 4 jenis laptop yang berbeda, dan hasil nya masalah nya beda hehe, 1. Punya saya sendiri pada saat netinstall router saya enggak kedetek detek, 2. Dilaptop teman saya Bisa ketedetek tapi mental pas proses net install (status nya instaling tetapi prosesnya tidak seperti proses install, 3. Nah laptop teman saya ke tiga ini agak mending cuma kejala sewaktu melakukan proses netinstall juga mental (sedih), 4. Pada laptop teman saya ke 4 yang saya coba akhirnya bisa, proses netinstall berhasil alhamdulillah (hanya cerita). 

Kegunaan dari netinstall ini sebenar nya simpel para permirsa, sifat nya yaitu mereset router mikrotik yang biasa kita gunakan, tetapi dinet install ini kita seolah-olah menginstall ulang sebuah system yang kita punya contoh laptop kan, tetapi kalo netinstall ini kita menginstall ulang sebuah RB mikrotik, nah kapan kita gunakan metode ini?, metode ini kita lakukan bila mana cara system reset soft, sudah tidak efektif, nah cara netinstall ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya, tetapi perlu di ingat cara ini tidak rekomended dilakukan secara simultan setiap kali ada masalah kita reset menggunakan metode ini, karena cara ini hanya dilakukan sebagai pilihan terakhir bila mana cara seperti soft reset tidak efektif, faktor yang lain tidak dilakukan secara simultan, yaitu tombol hard reset si mikrotik ini riskan sekali hancur atau patah karena memang ukuran tombol hard resetnya ini yang tersembunyi sekaligus riskan sekali untuk rusak. 

Beberapa software dan alat pendukung : 
2. Npk mikrotik disesuaikan dengan tipe RB https://mikrotik.com/download/archive
3. Winbox (untuk pengujian) https://mikrotik.com/download
4. Kabel UTP 
5. Sebuah setik berukuran seperti batang saput lidi (bisa juga pake lidi), digunakan untuk memencet tombol hard reset pada mikrotik.

Berikut beberapa tahap metode net install yang saya lakukan. 

1. Disable semua adapter network yang tidal berhubungan dengan proses net install pada komputer / laptop anda, disable semua firewall yang ada pada windows nya supaya proses net install ini tidak dicekal, seting ip pada adapter ethernet pada laptop (satu jaringan), nah siapkan RB mikrotik nya. 

Seting IP address pada adaptor ethernet / port lan pada laptop.

2. Setelah itu buka aplikasi net install nya, dan jalan menggunakan metode admistrator.

3. Kita siapkan npk file nya, masukkan ke sebuah folder, jangan diisi dengan yang lainnya selain npk file, hal tersebut dapat mempermudah kita menemukan folder yang berisikan file npk.

4. Seting Network booting nya pada netinstall, mengunakan address yang satu jaringan.

5. Bila mana tadi netinstall kita sudah siap, sekarang kita siapkan rb nya, bila mana rb anda masih terhubung dengan listrik, cabut power nya tetapi untuk slot portnya jangan dicabut untuk lokasi port untuk netinstall nya ini beda beda teman ada yang di port pertama ada juga yang port terahhir, untuk informasi tersebut bisa dilihat lagi buku manual produknya, karena saya menggunakan rb 951 nah posisi port netintall nya ada pada port 1.

6. Ambil setik kecilnya (lidi juga boleh), nah lokasi tombol reset disitu, kecil kan hehe, siapkan kabel powernya.

7. Nah tekan tombol reset tersebut dengan lidi sebelum kabel power tertancap pada router, ingat jangan terlalu keras nekan tombol resetnya karena tombol tersebut rapuh dan riskan, setelah dirasa sudah ditekan tombol reset nya, baru tancapkan kabel power nya, untuk rb ini bila berhasil akan bunyi tik, tetapi sampai jangan bunyi lagi karena itu tandanya sudah masuk kebooting kalau untuk tanda suara 2.

8. Hitung 30 detik sama tanda suara 1 (untuk rb yang saya gunakan), nah nanti rb nya akan kedetek dinetinstall nya (pastikan status nya ready), setelah itu klik browse, cari folder yang didalam nya berisi file npk nya klik ok, ceklis jenis versi npk yang ingin digunakan untuk netintall (sesuaikan dengan RB yang dimiliki : arsitektur, jenis rb dan juga lain nya) .

9. Setelah file npk dan rb sudah dipilih, sekarang kita lakukan proses instalasi mikrotik (netinstall).

10. Contoh proses instalasi nya berjalan teman-teman, proses ini pada umumnya tidak akan memakan waktu yang lama, jadi jangan ditinggal tinggal, nanti bila mana proses instalasi berhasil, akan muncul sebuah notif sukses.

11. Nah bila mana proses netinstall berhasil, sekarang kita coba login kembali contohnya menggunakan winbox, cek versi nya ya, contoh saya net install versi 6.33.

12. Nah pastikan bisa diremote dan dipakai kembali setelah net install ya. 

Kesimpulan
Jadi netinstall ini relatif mudah dilakukan bila mana kita hanya melihat langkah-langkah, tetapi seperti saya ceritakan tadi diatas, hal tersebut tidak mulus 100% langsung bisa, beberapa laptop / komputer mungkin punya masalah sendiri kenapa tidak bisa dilakukan proses netinstall tersebut, saran saya bagi anda yang gagal, coba lah meminjam laptop teman anda dan lakukan netinstall tersebut, atau cek kondisi dari RB yang anda miliki. 

Sekian dari saya 
Semoga dapat bermanfaat 
Terimakasih