Kembali lagi dijempolan01, kali ini saya akan memposting sebuah tutorial sederhana mengenai management paket pada mikrotik yaitu, disable dan enable paket pada mikrotik, hal ini dilakukan untuk menonaktifkan sebuah paket yang memang sedang tidak digunakan, alasanya sangat klasik teman-teman hal tersebut dilakukan supaya pengaturan yang dilihat tidak ruet (rapih), mengoptimalkan source yang tersedia dan juga lain-lain nya, paket-paket yang sudah disable tersebut dapat  diaktifkan kembali bila mana suatu ketika kita membutuhkan nya kembali.

Disable Paket

1. Remote mikrotik anda menggunakan winbox, dan buka menu system dan pilih Packages, nantinya tab Package list nya akan tebuka, disana akan ada beberapa paket yang tersedia.

2. Untuk menonaktifkan atau mendesable paket, caranya cukup mudah loh teman-teman, contoh saya memilih paket ntp, pilih paket yang ingin anda disable, setelah itu klik tombol disable pada kolom atas menu ya.

3. Nah setelah didisable status scheduled paket akan berubah, yaitu menjadi scheduled for disable, nah kita perlu lakukan penghidupan ulang mikrotiknya (restart), untuk menerapkan konfigurasi paket yang baru kita lakukan.

4. Bukan terminal mikrotik, masukkan perintah system reboot dan tekan tombol y untuk memulai proses reboot.

5. Nah paket yang di disable statusnya akan berubah, mudah nya kita lihat saja warna nya, yang abu abu itu adalah paket yang kita disable tadi.

Enable Paket 

1. Sekarang kita coba menghidupkan kembali paket yang sudah kita disable tadi ya, pilih paket yang tidak aktif untuk kita enable kan, klik tombol enable untuk mengatifkan paket.

2. Sama seperti disable tadi, paket yang sudah dienable kan juga tidak semerta merta langsuk aktif, kita butuh lakukan penghidupan ulang mikrotik (restart) untuk menerapakn konfigurasi yang kita buat sebelum nya.

3. Bukan terminal mikrotiknya, setelah itu lakukan reboot dengan cara memasukkan perintah sebagai berikut.

4. Nah paket yang disable tadi akan aktif kembali, dan siap untuk digunakan.

Ya sekian dari jempolan01 /blogger mantep
semoga bermanfaat
Terimakasih.