Assalammualaikum Wr Wb, selamat malam tema-teman kali ini jempolan01 posting malam-malam lagi, hal tersebut dilakukan karena inspirasi nya dapat malam-malam hehe, ya pada kesempatan ini saya akan memposting sebuah artikel yang masih mempunyai topik management paket pada mikrotik, yaitu Extra Package Mikrotik, ektra packages ini adalah opsi optional (tidak wajib) pada mikrotik, dimana difungsikan untuk menambah beberapa paket tambahan yang memang tidak ada pada paket standart yang sedikan mikrotik pada umumnya (main packages), nah ektra pakages ini bisa dipilih satu satu mana yang mau  diinstall sebagai tambahan, beda dengan main pakages yang berjeniskan npk keseluruhan file, kita langsung menginstall npk tersebut dan nantinya didalamnya terdapat paket-paket standar, tetapi untuk ektra pakages kita bisa bebas pilih mana yang mau kita masukkan / install pada mikrotik yang kita miliki.
1. Nah untuk mendapatkan ektra packages mikrotiknya kita bisa unduh file tersebut pada kedua alamat website ini, https://mikrotik.com/download/archive dan https://mikrotik.com/download pilih paket sesuai dengan versi router os yang anda miliki, contoh x86 seperti saya dengan versi 6.38.6

2. Ekstra paketnya ini awalnya bebentuk rar, maka dari itu kita harus ekstrak terlebih dahulu, sehingga nantinya paket-paket tersebut dapat terinstall.

3. Berikut isi dari rar file yang kita ektrak tadi, file tersebut jumlah nya lumayan banyak, paket ini kita bisa pilih salah satu untuk kita install pada mikrotik kita.

4. Untuk menginstall nya kita buka dulu menu file pada mikrotik .

5.Setelah buka menu file nantinya akan muncul new tab file list, nah paket yang kita ekstrak tadi, tinggal kita drag saja ke winboxnya, file packages nya nanti akan tersimpan pada file list ini.

6. Proses upload pakages sedang dilakukan mohon ditunggu sebentar

7. Nah setelah diupload (pastikan versinya dan jenis nya sama dengan mikrotik os yang kita gunakan) dan berhasil, file tersebut secara otomatis akan muncul di tab file list.

8. Bila mana anda kurang yakin dengan versinya, apakah sudah sama atau belum, anda bisa buka menu system dan pilih resources, kita bisa cocokan versinya.

9. SS list paket sebelum kita lakukan penambahan extra paket, jumlah total ada 19 item,

10. Untuk menerapkan instalasi/kofigurasi, kita bisa lakukan reboot, masuk pada mode teminal masukkan perintah berikut.

11. Setelah proses reboot selesai, kita masuk lagi mikrotiknya melalui winbox, dan cek packages list nya, apakah bertambah?, nah setelah proses penamabahan paket berhasil, paket list nya akan bertambah contoh pertama tadi 19 list menjadi 21, contoh nama pakages yang bertambah disini bisa dilihat pada ss yang sudah saya berikan tanda tersebut.

12. Nah untuk contoh main pakages bila dibandingkan ekstra pakages, bisa dilihat pada gambar dibawah ini, main pakages hanya berisikan pakages-pakages yang umum digunakan para pengguna mikrotik, sedangkat ekstra pakages paket-paket tambahan dengan fungsi khusus dan bisa diinstall secara costum oleh para pengguna.

Sekian dari jempolan01
Semoga dapat bermanfaat amin
Terimakasih.