Kembali lagi dijempolan01, pada kesempatan  kali ini saya menuliskan sebuah artikel yang berhubungan dengan upgrade dan downgrade os pada mikrotik, untuk melakukan metode tersebut kita bisa  menggunakan motode upgrade secara otomatis menggunakan internet atau pun menggunakan metode manual dengan cara mendownload file npk mikrotik sesuai versi dan tipe yang yang cocok dengan mikrotik yang digunakan, setelah itu memasukkan file npk tersebut kedalam file list pada mikrotik.

Upgrade otomatis menggunakan internet.

1. Untuk melakukan upgrade otomatis, hal yang terpenting pada saat proses dilakukan nya sebuah upgrade otomatis iyalah, tersedianya sebuah jaringan internet, karena proses upgrade otomatis akan mengunduh data yang digunakan upgrade nantinya .

2. Setelah itu terbuka  kolom menu check for update, kita sebagai pengguna dapat memilih cahannel updates, saya akan menggunaka channel bugfix only, didalam nya terdapat paket paket udates/upgrade os mikrotik yang sudah stabil alias siap digunakan, saya mengupgrade dari versi 6.33 ke 6.37.5, klik download dan install untuk memulai proses upgrade.
3. Proses pengunduhan paket upgrade sedang dilakukan, pastikan jaringan internet yang digunakan pada saat melakukan upgrade tersebut stabil.

4. Setelah paket upgrade selesai diunduh mikrotik akan otomatis menginstall paket tersebut, nantinya mikrotik akan otomatis reboot, tetapi jika proses rebooting otomatis nya tidak jalan, kita bisa melakukan reboot pada mikrotik nya.

5. Tanda pertama proses upgrade otomatis ini berhasil, bisa kita lihat pada saat ingin meremote mikrotik dengan menggunakan winbox, versi mikrotik akan langsung dicek disana, bila mana versinya naik, berarti proses upgrade berhasil.

Downgrade versi os mikrotik

1. Setelah itu kita langsung lakukan metode downgrade, untuk mendapatkan npk file nya kita bisa kunjung situ https://mikrotik.com/download/archive, disana kita dapat memilih beberapa versi sebelumnya untuk dilakukan proses donwgrade, sesuaikan dengan jenis mikrotik yang anda miliki, setelah file npk nya diunduh anda bisa membuka menu files, klik upload, pilih file npk nya.

2. Proses upload file npk sedang berlangsung.

3. Setelah file npk berhasil diupload ke file mikrotik, sekarang kita masuk pada menu system, klik packages dan klik downgrade untuk memulai proses penurunan versi os nya.

4. Lakukan reboot service, disinilah penerapan downgrade akan dilakukan.

5. Setelah proses rebooting router selesai, kita dek apakah versi nya sudah menurun, kalo iya maka proses downgrade berhasil.

6. Untuk mengecek versi dari os mikrotik kita juga bisa melihat versi pakage list nya.

Upgrade Manual mode. 

1. Untuk melakukan Upgrade manual mode, caranya hampir sama dengan downgrade tadi, kita harus mengunduh file npk dengan versi dan tipe yang sesuai dengan router yang kita miliki, saya rekomendasikan gunakan lah versi yang sudah stabil alias final, untuk caranya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2. Setelah proses upload selesai, kita lakuka pengecek file npk nya, apakah sudah ada pada file list mikrotik nya.

3. Lakukan rebooting router untuk memulai proses upgrade.

4. Setelah itu bukan winbox nya, dan lihat status dan versinya, bila mana versinya sudah meningkat, maka proses uprade berhasil.

5. Untuk mengecek upgrade berhasil  atau endak, kita juga dapat melihat versi dari package nya.