Wednesday, 26 April 2017

Mikrotik wifi access cli


Kembali lagi dijempolan01, pada pagi hari ini saya akan memposting sebuah materi yang mungkin banyak dicari khusus nya oleh para pelajar dan juga pengguna rumahan, materinya ini berjudul bangaimana mendapatkan akses internet dari sebuah ssd id hotspot pada mikrotik yang kita gunakan, pada sesi ini saya akan memposting caranya konek nya menggunakan cli mode, untuk gui nya akan saya update beberapa minggu setelah ini, caranya sebenarnya simpel karena perintah-perintah pada mikrotik ini dapat ditap dan dengan ini kita dapat lebih cepat melakukan konfigurasinya.
1. Tahap pertama kita buat sebuah security profiles nya terlebih dahulu, jadi password si ssid nya ini kita akan masukkan kesini supaya pada saat kita pilih ssd id nya kita tinggal masukkan security profile nya.

2. Setelah kita membuat sebuah security profiles, kita cek apakah security profiles tersebut benar sudah behasil dibuat, contoh security profiles yang suda jadi dapat dilihat pada bagian gambar yang sudah saya tandai sebagai berikut, untuk security profiles pada flags 0 itu adalah security default pada mikrotik.

3. Setelah terbuat, sekarang kita cek  inteface wlan nya, untuk mengecek nya kita bisa menggunakan perintah dibawah ini.

4. Setelah kita cek interface wlan nya, sekarang kita scan ssid yang ada ditempat kita ngonfig, pilih lah salah satu target ssid yang anda sudah tentukan atau set, saya menggunakan ssid aditiya ramadhan untuk memberikan akses mikrotik ke internet.

5. Kita sudah tentukan ssid nya sekarang kita, masukkan ssid kedalam data wlan1 ssid, supaya ssid yang kita tentukan tadi akan terdaftar pada mikrotik nya.
masukkan nama ssid yang sudah anda tentukan tadi, tekan ctrl+o untuk menyimpan konfigurasi.

6. Masukkan security profiles yang suda kita buat tadi (berisikan password dari ssid yang kita tentukan) 

7. Untuk mendapat alamat address nya kita bisa meminta dhcp client pada ssid yang kita piluh tadi, setelah itu aktifkan service dhcp client nya sesuai dengan flags nya. 

8. Mengecek apakah wlan nya medapatkan sebuah dhcp, kita bisa gunakan perintah ini, dan cek apakah ip tersebut apakah didapatkan menggunakan dynamic (dhcp).

9. Kita masukkan setingan ip firewall nat supaya router beserta interface lain nya, bisa mendapatkan akses internet, untuk setingan bisa dilihat dibawah ini, nah setelah itu kita seting ip route/gateway nya.

10. Masukkan alamat dan berikan setingan allow remote requests supaya alamat pada interface router agar dapat dijadikan sebagai dns server pada sebuah pengguna.

11. Setelah itu lakukan pengetesan dengan cara ping www.google.com

Related Posts

Mikrotik wifi access cli
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.