Assalammualaikum Wr Wb, selamat malam teman-teman, setelah saya membuat sebuah artikel mengenai log analyzer pada lab 8.8, sekarang pada lab 8.9 ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai configurasi mod proxy backend server di apache httpd, lab 8.9 ini berkaitan dengan lab 8.10 dan juga 8.11 loh.

Backend server ini secara logika akan saya gambarkan seperti ini, jadi si server backed/controller ini bertugas sebagai centralisasi sebuah web server dimana node yang dibawah nya ini akan diwakilkan oleh server backend/controller nya, jadi setiap pengguna yang ingin mengakses web server si node ini bisa melewati perantara sibackend nya,  jadi siclient tidak usah harus akses sinode nya, hal tersebut bisa melewati perantara yaitu melalui backend/controller (ya berikut menurut logika saya) 

Berikut gambaran topologi nya. 

Controller/Backend

1. Pada server cotroller nya, kita cek apakah module mod proxy balancer nya sudah ada.

2. Setelah itu kita buat dan edit proxy.conf untuk nama depan nya bisa anda sesuaikan dengan kemauan anda, bisa aditiya (saya), anda , dll.

3. Setelah itu masukkan scrip mod proxy nya.
Untuk proxypass dan proxypassreverse, kita arahkan pada node yang anda buat.
jangan lupa setelah itu lakukan restart service pada httpd

Node

1. Karena domain nya diwakilkan kita matikan service named/dns pada node nya, setelah itu kita cek service named nya apakah sudah mati atau belum

2. Sekarang kita buat/edit fileindex.html nya, pada directory default httpd.
    Kita masukkan beberapa scrip sederhana html, fungsi sebagai tanda nanti pada saat pengujian.

3. Setelah itu kita lakukan restart service httpd nya

4. Nah kita akses domain cotrollernya, dan hasil nya html pada node tadi akan dapat diakses oleh client dengan diwakili controller/backend

5. Nah kita coba juga menggunaka https nya. (bila ssl nya sudah dipasang).