Tuesday, 25 April 2017

Lab 8.10 Load Blancing Mod proxy

Assalammualaikum Wr Wb, setelah saya membuat artikel lab 8.9 tentang mod proxy dan backend, nah sekarang pada lab 8.10 adalah lanjutan nya, prinsipnya sama cuma efeknya beda, jadi dilab ini bagaimana caranya kita dapat membagi beban kerja pada setiap web server yang diakses, jadi gimana caranya setiap kita akses web server ini akses nya itu enggak ke satu source server saja, nah dengan ini kita bisa membuat web server lain nya yang berfungsi sebagai pembagi beban, jadi setiap kita refresh tidak serta merta kita akses ke webserver node1 mulu tapi hal tersebut dapat dialihkan diserver lainnya contoh node2, nah dengan ini trafik nya akan terbagi, hal tersebut dapat menghindari sistem overload akibat terlalu banyak nya request data dalam satu waktu.

Nah berikut topologi yang saya gunakan, untuk node nya saya gunakan ada 3.

kita matikan service named nya, matikan semua service tersebut pada node node yang sudah anda buat, untuk contoh saya akan lakukan pada node1 terlebih dahulu.

1. Masuk pada server controller, kita edit file proxy.conf nya, setelah itu tambahkan beberapa perintah sebagai berikut.
Untuk perintah nya hampir mirip dengan Lab 8.9, tetapi disini kita akan menambahkan perintah lbmethod,balancer,byrequests,loadfactory.
lbmethod=byrequests : perintah ini digunakan untuk blancer mode, jadi setiap client merequest data blancer mode akan aktif. 
balancer://kumpulnode ini adalah sebuah nama indentitas untuk akses, jadi pada saat blancer diakses/aktif "kemana akses nya ya ke://kumpulnode ini"
Untuk blancer member masukkan alamat dari node node yang anda buat, sesuaikan alamat blancer nya dengan proxy pass nya. 
loadfactory=1 : berapa kali node ini akan diakses anda bisa atur sesuka hati, kalo 1 maka stiap kita muat ulang web nya, source nya akan berganti kenode lain nya.
2. Lakukan restart pada service httpd nya.


1. Nah kita beralih pada node2, kita buat index.html nya, setelah itu masukkan beberap scrip html sederhana, nanti nya isi nya akan dapat manjadi tanda bahwa web server nya melakukan load blancing.
Setelah itu kita lakukan restart pada service httpd nya

2. Beralih pada node2, metodenya sama, yaitu buat index.html pada /var/www/html/, setelah itu isi dengan crip html (bedakan) sebagai isi tampilan web nya.
Setelah itu lakukan restart pada service httpd nya.
untuk node1 nya sudah saya konfigurasi isi html nya pada lab sebelum nya.

3. kita uji apakah balancer web nya berkerja dengan cara mengakses alamat domain nya dan muat ulang web nya, pastikan berubah sesuai load facktory yang ditentukan, karena saya set 1 jadi setiap saya muat ulang tampilan nya akan berubah dan mengambil source data dari node yang berbeda juga.

1X
1X
1X

Related Posts

Lab 8.10 Load Blancing Mod proxy
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.