Tuesday, 25 April 2017

Lab 8.8 Configure Log Analyzer in Apache

Assalammualakum Wr Wb, bertemu lagi diblogger mantep, kali ini saya akan menghadirkan sebuah artikel yang berjudul Konfigurasi Sederhana Log Analyzer pada apache httpd, untuk konfigurasi nya bisa lihat dibawah ini.

Log analzer ini berguna untuk mekapture trafik sebuah web server yang kita buat, didalam nya kita bisa melihat berapa kali jumlah website kita diakses (visitor) dan juga status trafik lainny, log analyzer ini dapat diakses menggunakan web gui.

Berikut gambaran topologi nya.


1. Karena pada centos paket wget belum terinstall, kita lakukan instalasi paket wget nya.

2. Nah untuk tahap ini, anda sebaiknya menyediakan koneksi internet, karena pada tahap ini kita akan mendownload paket epel menggunakan wget yang sudah kita install tadi, paket epel yang saya download ini diperuntukan untuk system operasi 64 bit.

3. Sekarang kita install salah satu paket dari epel nya, epel-release-7-9 dan juga awstats nya.

4. Nah konfigurasi .conf pada awstats ini setelah di install akan bernama sesuai dengana hostnama yang kita miliki, nah untuk mempermudah kita dapat menggantinya sesuai dengan nama domain yang kita miliki, untuk perintah nya bisa lihat dibawah ini. 
mv /etc/awstats/awstats.jempolan01.conf /etc/awstats/awstats.www.aditiya.net.conf

5. Setelah kita ubah nama  .conf nya, sekarang kita edit www.aditiya.net.conf nya, cari syntak Sitedomain= isi dengan domain yang anda punya/gunakan.

6. Untuk hostaliases="localhost anda bisa edit dengan contoh seperti gambar dibawah ini.
nah syntak didalam hostaliases ini berjenis kan bahasa regex, jadi regex ini berupa karakter/scrip yang unik yang mendefinisikan sebuah pola alur tertentu dan memcocokanya teks tentu dengan pola tersebut, dan bahasa regex ini dapat menyerderhanakan proses pencarian/pemanggilan sebuah teks yang ingin kita akses (teori).

7. Nah kita akses sebuah file awstats.conf nya, setelah itu kita edit sedikit isinya. 

8. Nah untuk range require nya kita beri range network sebagai berikut, ip nya bisa disesuikan dengan jenis jaringan yang anda gunakan.

9. Setelah itu lakukan restart pada service httpd nya.

10. Setelah kita konfig kita coba lakukan update data dari file awstats.pl nya .

11. Sekarang kita akses log analyzer nya pada browser yang anda miliki, caranya dengan mengakses nama domainnya dengan diikutinya letak directory awstats nya. www.aditiya.net/awstats/awstats.pl

Related Posts

Lab 8.8 Configure Log Analyzer in Apache
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.