Assalammualaikum Wr Wb, selamat malam teman-teman, setelah saya posting lab 8.6 dan instirahat minum air bening dingin biar segar, nah saya akhir nya melanjutkan penulisan artikel saya, yap kali ini saya akan memposting sebuah artikel mengenai basic authentication web pada apache httpd. 

Nah pernah buka sebuah website tetapi diatasnya terdapat kolom loginnya, nah hal tersebut lah yang ingin saya buat sekarang, walaupun metode tersebut sangat sederhana bila dibandingkan dengan system login pada google yang tentunya lebih kompleks, tetapi sengenggaknya website kita bikin sekarang ada pengamannya, yaitu dengan basic authentication login pada web apache httpd ini. 

Nah berikut gambaran topologinya.
1. Sekarang kita buat dan edit file basic authenticationnya, untuk lokasi nya anda bisa buat pada directory /etc/httpd/conf.d/, setelah itu masukkan sytaxnya .
<Directory /var/www/html/auth-basic> : nah lokasi directory tersebut  disesuikan dengan lokasi web yang anda buat, anda bisa sesuaikan lokasinya dengan web yang sudah anda buat. 
AuthType Basic : Tipe authentication itu sendiri disini saya menggunakan basic
AuthName "Basic Authentication": syntak itu adalah nama dari basic authentication nya
AuthUserFile /etc/httpd/conf/.htpasswd : nah untuk login nya file mana kah yang menjadi source untuk melakukan authentication pada saat login web nya.
require valid-user : untuk login pada web kita membutuhkan sebuah sebuah user berserta password dengan data yang sesuai pada authuserfile.

2. Sekarang kita buat sebuah file authuserfile nya, sesuikan lokasi nya dengan syntak yang sudah kita masukkan pada auth_basic.conf, masukkan perintah htpasswd -c /etc/httpd/conf/.htpasswd nama user, setelah itu masukkan password untuk user yang kita buat tersebut.

3. Setelah itu kita restart system service httpd nya.

4. Sekarang kita buat folder auth-basic nya pada directory /var/www/html/
Nah kita buat sebuah index.html pada folder yang kita buat ini, sesuaikan letak nya dengan lokasi directory nya, masukkan beberapa scrip html sederhana nya.

5. Lakukan restart service pada httpd nya.

6. Sekarang kita akses alamat websitenya, diikuti dengan file auth-basic, nantinya akan muncul sebuah authentication login, masukkan user berserta passwordnya, klik ok untuk melakukan login.

7. Nanti nya website anda akan bisa terbuka bila mana user yang digunakan sesuai dengan data authenticationnya.