Kembali lagi dijempolan01, kali ini saya akan memosting tutorial sederhana "masih newbie", judulnya yaitu bagaimana membuat webserver dengan apache httpd dengan dua jenis domain (virtual hosting), isi postingan ini hanya berisikan konfigurasi sederhana dari virtualhost web, cara ini juga bisa disebut cara manual nya, karena beberapa vendor menyediakan proses pembuatan website secara lebih mudah contoh nya menggunakan cpanel, menggunakan virtualhost kita dapat membuat sebuah website dengan domain lebih dari satu dengan menggunakan alamat ip yang sama dalam sebuah server.

1. Untuk membuat domain kedua, kita bisa tambahkan alamat domain nya, untuk menambahkan nya edit file named.conf, setelah itu masukkan zona/domain baru nya besertana file forward dns nya.

2. Buat lah sebuah file forward dns untuk domain yang baru kita buat, samakan lokasi dan nama sesuai dengan zona yang dibuat pada file named.conf.

3. Pada reverse dns kita tidak usah membuat file yang baru lagi, kita hanya harus mengedit /menambahkan domain yang kita buat pada file reverse dns yang sudah dibuat sebelum nya.

1. Sekarang kita mulai konfigurasi virtual host web nya, buka file httpd.conf setelah itu edit dibagian ServerAdmin berilah tanda # pada perintah tersebut, perintah tersebut digunakan supaya idetitas dari web server nya tidak aktif, peran tersebut akan digantikan oleh virtualhost web.

2. Sekarang kita buat file virtual host, caranya dengan menggunakan perintah sebagai berikut.
setelah itu kita masukkan scrip nya, untuk scripnya bisa dilihat pada gambar bawah ini.
<Virtualhost *:80> / : perintah tersebut digunakan sebagai, instilah perintah tersebut bermakna untuk membuat sebuah virtualhost, dimana didalam perintah tersebut nantinya akan diisi beberapa perintah lagi, maksud dari :80 adalah akses port apa yang digunakan. 
DocumentRott /var/www/aditiya/ : letak dari file index.html nya, kita bisa ubah lokasi nya sesuai yang dinginkan selama tidak keluar dari directory /var/www/.
Servername :  berisikan alamat domain website nya. 
ServerAdmin : sebagai otoritas admistrator webserver nya 
Errorlog logs logs/virtual.host-error_log  dan customlog logs/virtual.host-access_log combined  : log dari virtual host itu sediri istilah nya disimpan dimana log tersebut, dan juga log apa saja kah yang akan muncul disana, log tersebut ada yang berisikan host-error dan juga host-access. 

3. Lakukan restart pada service httpd nya.

4. Buatlah sebuah directory baru, sesuaikan lokasi dan juga nama pada Documentroot, contoh www.jempolan.com saya seting documentroot nya  di/var/www/jempolan, maka saya buat directory nya sesuai dengan documentroot.

5. Sekarang kita buat file index.html, setelah itu kita isi index.html nya dengan scrip html, index tersebutlah yang nanti akan memuncul tampilan seperti apa pada website kita.

6. Setelah itu kita lakukan restart pada service httpd nya .

7. Sekarang kita akses dua domain website tersebut.