Tuesday, 18 April 2017

Lab 8.4 Konfigurasi Userdir di Apache HTTPD

ya kembali lagi dengan jempolan, kali ini saya akan memposting sebuah artikel mengenai web server,
lebih tepat userdir web server, dengan menggunakan opsi ini, kita dapat mengakses web yang telah kita buat, sesuai dengan user yang kita tentukan, jadi si pengguna dapat mengelola directory web site nya, biasanya metode ini diterakan pada penyedia layanan web hosting, mungkin gambaran berikut terlalu besar dan sangat kompleks, pada artikel yang saya buat hanya berisikan dasar - dasar userdir nya saja, untuk itu kita mulai konfigurasinya.

1. Untuk membuat userdir, kita membutuhkan sebuah user, nantinya digunakan untuk mengakses web/directory userdir.

2. Untuk mengatifkan userdir, kita dapat menghidupkan salah satu perintah/scrip pada file userdir.conf.

3. Ubahlah userdir menjadi enable, hapus comment perintah userdir  public_html, hal tersebut dilakukan supaya request dari client pada saat mengakses web user, dapat diarahkan pada directory public_html.

4. Setelah kita mengaktifkan userdir, masih dalam file yang sama, scrool kebawah dab edit AllowOverride menjadi All dan ganti option nya menjadi none.

5. Kita restart service httpd supaya konfigurasi dapat diterapkan

6. Sekarang kita buat sebuah folder yang bernama

7. Kita berikan permission pada setiap directory yang sudah dibuat dapat, hal tersebut dilakukan supaya, web userdir nya dapat diakses oleh browser.

8. Lalu kita buat sebuah file yang bernama index.html, index tersebut berfungsi sebagai isi dari web userdir nya nanti, untuk contoh saya akan membuat sebuah scrip html dasar seperti dibawah ini.

7. Setelah kita membuat sebuah file bernama index.html, sekarang kita buka permission nya, menggunakan chmod dan membuka akses nya diselinux, lakukan restart service httpd nya.

8. Setelah itu akses userdir web nya, masukkan domain nya www.aditiya.net/~bolt : domain/website~nama user/.


Related Posts

Lab 8.4 Konfigurasi Userdir di Apache HTTPD
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.