Wednesday, 19 April 2017

Instalasi Mikrotik Qemu dan Mikrotik VM (GNS3)

Assalammualaikum Wr Wb, kembali lagi dijempolan01 kali ini saya akan membuat sebuah postingan mengenai GNS3 yaitu cara install mikrotik pada qemu mengingkludkan vm dan qemu pada gns3 yang kita gunakan, dengan ini kita tidak usah repot ngclone vm lagi, karena bila sudah inklude dengan gns3 nya, proses copy vm nya menjadi secepat drag icon device simulasi pada gns3 nya, yang jelas lebih cepat.

Instalasi Mikrotik di Qemu.

1.Kita copy iso mikrotik nya pada folder qemu nya, untuk lokasi nya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2. Buka CMD pada windows pada mode administrator, setelah itu masuk pada directory  C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0.

3. Nah sekarang kita buat sebuah mikrotik img nya, kita bisa menggunakan perintah berikut.
qemu-img.exe : Aplikasi Qemu nya
create -f qcow2 : Membuat sebuah image mikrotik dengan ber ekstensikan qcow2
mikrotik.img 256M : Nama image mikrotik yang ingin dibuat bisa disesuikan dengan keinginan, 256M adalah ukuran dari ram yang digunakan nantinya

4. Bila tadi kita membuat sebuah file Image, nah image tersebut digunakan sebagai wadah instalasi mikrotik nya, untuk itu kita bisa menggunakan perintah dibawah ini untuk memulai instalasi, setelah menjalankan perintah tersebut, nantinya instalasi akan muncul secara otomatis.

5. Instalasi mikrotik pada qemu memasuki tahap booting.

6. Sama seperti proses instalasi mikrotik divm, kita menggunakan tombol A untuk menginstall semua fitur mikrotik, tekan tombol untuk memulai instalasi.

7. Tekan tombol N supaya konfigurasi lama tidak terbawa pada proses instalasi, setelah itu tekan Y untuk lanjut ketahap proses instalasi mikrotik

8. Berikut adalah proses awal instalasi mikrotik.

9. Setelah proses instalasi mikrotik pada qemu selesai, setelah itu kita tekan enter untuk me reeboot qemu mikrotik nya.

 Qemu Mikrotik Template.

1. Setelah proses instalasi qemu mikrotik nya selesai, sekarang kita buka gns3 nya, klik tombol seting, setelah itu pilih preferences untuk membuka pengaturan edit gns3.

2. Masuk pada menu qemu, setelah itu pilih qemu vms, klik new untuk membuat sebuah template qemu baru, dalam kasus ini mikrotik.

3. Untuk nama akan saya berinama mikrotik, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

4. Untuk qemu binary secara otomatis akan terarahkan pada folder instalasi qemu yaitu pada disk C pada windows, untuk ram anda bisa atur sesuai kebutuhan contoh 256 MB, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

5. Nah sekarang kita masukkan disk image yang sudah kita install mikrotik nya tadi, lokasi nya ada di folder qemu-0.11.0, pilih image yang sudah kita buat sebelum nya, klik open

6. Nah klik yes untuk menjadikan directory images tersebut menjadi default.

7. Klik Finish untuk menyelesaikan proses memasukkan template/image qemunya.

8. Nah setelah template qemu mikrotik nya sudah dibuat, kita masih perlu mengedit beberapa hal, untuk itu klik tombol untuk mengedit template qemu mikrotiknya.

9. Pada General seting kita bisa mengganti/mengatur tampilan symbol pada template nya, dan juga setingan jumlah cpu dan ram berserta type console nya, setelah kita lakukan beberapa pengaturan klik ok.

10. Untuk meningkatkan kecepatan respon template nya, kita bisa atur cpu trottling, menjadi 100% dan process priority, dengan ini respon dari template qemu tersebut dapat menjadi optimal, tetapi opsi ini bisa saja tidak dipakai apabila spek komputer anda spesifkasi yang cukup / memadai karena dengan setingan normal saja sudah cepat dan optimal (saya sudah membuktikan nya karena saya menggunakan prosesor core i7 ram 12 gb ram  dan core i3 16 gb ram  pada saat praktek), dan dengan setingan tersebut rasanya sama-sama cepat hehe, klik ok untuk lanjut ketahap berikutnya.
11. Masuk pada setingan network, disini saya akan mengatur jumlah port pada template qemu mikrotiknya, Untuk format port kita sering meliha awalan format port ini contoh ethernet0 hal tersebut bisa ganti menjadi 1 awalnya dengan cara, menambahkan kalimat port1, untuk type nic dapat kita pilih sesuai kesukaan dan kebutuhan, klik ok.

12. Setelah beberapa konfigurasi Template qemu mikrotik nya selesai, kita klik apply dan ok untuk menerapkan konfigurasi yang sebelumnya kita lakukan.

13. Kita drag Template mikrotik qemu nya, setelah itu kita sambungka qemu mikrotik tersebut kesebuah switch yang sudah dirag juga dalam kolom konfigurasi, untuk port bisa dipilih mana yang akan digunakan.

14. Setelah sukses tersambung, kita jalankan template nya dengan tombol play.

15. Setelah kita nyalakan template qemu mikrotik, sekarang kita buka console untuk mengakses mikrotik tersebut.

16. Setelah itu kita login mikrotik nya dengan user dan password yang kita punya, setelah itu kita bisa memulai berbagai macam perintah cli mikrotik nya, contohnya interface print.

Virtualbox Mikrotik Template.

1. Untuk mengingkludkan vm mikrotik, langkah pertamanya kita bisa tentukan vm mana yang akan di inkludkan kedalam GNS3

2. Buka menu edit, setelah itu pilih Prefrence.

3. Pilih menu virtualbox, setelah itu pilih virtualbox vms dan klik tombol new untuk membuat sebuah template vm mikrotik yang baru.

3. Kita pilih list vm yang sudah kita tentukan, setelah itu klik finish.

4. Setelah itu kita buka menu edit untuk mengaktur beberapa konfigurasi.

5. Kita atur nama template nya supaya dapat mudah dikenali, nah kita juga dapat menyeting kapasitas ram yang digunakan nantinya, setelah itu berikan symbols router pada template nya sebagai tanda dimikrotik template nya. 

6. Berikan jumlah adapter tambahan nya contoh 6 adapter, setelah itu ganti name fomat nya supaya interface dimulai dengan angka 1, untuk tipe nic anda bisa pilih sesuai kenginginan, ceklis allow gns3 to use any configured, setelah itu klik ok .

7. Klik apply dan ok untuk menerapkan konfigurasi.

8. Setelah itu kita hubungkan Template mikrotik tersebut dengan switch.

9. Supaya tidak ketukar dengan template qemu, kita bisa ganti nama hostnamenya

10. Setelah itu ganti hostname nya sesuai dengan keinginan anda.

11. Untuk menghidupkan template mikrotik vm nya kita bisa klik kanan pilih tombol play.

12. Setelah itu Akses Vm tersebut akan otomatis muncul dan dapat dilakukan konfigurasi.

Tahap Pengujian (Test Ping: kiri Qemu dan Kanan VM)

1. Sekarang kita lakukan uji coba test ping antara template qemu dah VM, apakah bisa ping antara template qemu dengan template qemu, sekarang kita berikan alamat address dikedua router, setelah itu coba kita ping kerouter yang satunya, nah hasil nya bisa teman-teman, biarpun beda jenis template nya kedua template tersebut bisa saling berkomunikasi loh.

Sekian dari postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca, sampai berjumpa pada postigan selanjutny dadah .

Related Posts

Instalasi Mikrotik Qemu dan Mikrotik VM (GNS3)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.