Assalammualaikum Wr Wb, kali ini saya akan membuat sebuah postingan mengenai bagaimana caranya mengatur load blancer dengan mudah tanpa harus selalu akses server dan masuk pada mode cli nya, nah untuk itu kita bisa gunakan balancer manager, untuk mamanage blancernya dengan cara akses managernya pada sebuah browser, nah untuk membuat balancer manager nya kita membutuhkan beberapa konfigurasi, nah konfigurasi nya dapat lihat dibawah ini.

Berikut Topologinya.

Balancer manager

1. Masuk pada file proxy.conf nya setelah itu masukkan beberapa perintah dibawah ini
Sesuaikan blancermember nya dengan node yang anda punya, setelah itu masukkan location nya, nah untuk proxypass / balancer://kumpulnode, sesuaikan dengan lokasi proxy balancer nya.

2. Setelah itu lakukan restart pada service httpd nya.


1. Sekarang kita coba akses balancer manager nya pada browser client, masukkan nama domain webserver nya dengan tambahan /balancer-manager.

2. Untuk merubah load factor, caranya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini
Pilih node mana yang ingin anda atur load factory nya, contoh saya akan atur node2 menjadi 3load factor, nah dengan ini node 2 akan dapat dibuka 3x sehabis itu akan berpindah pada node selanjutnya. 

3. Sekarang kita cek apakah factor nya sudah berubah

4. supaya akses nya tidak random 3x saya akan matikan server node3 nya, supaya lebih mudah untuk memperlihatkan nya.

5. Lihat pada GIF yang saya berikan node 2 akan terbuka sebanyak 3x dan setelah itu akan balik lagi pada node1

6. Karena node 3 mati, nanti pada status balancer manager nya, node 3 ini akan berstatus init err.

Basic Authentication Balancer Manager

Supaya balancer manager nya bisa diakses oleh kita saja, kita dapat menambahkan basic authentication login pada saat balancer manager nya diakses nya, hanya user yang sudah didaftarkan pada server controller saja yang dapat mengakses balancer manager nya. 
1. Nah untuk membuat basic authentication manager, kita tambahkan edit proxy.conf nya dan masukkan contoh perintah nya sebagai berikut.
AuthType Basic : Tipe authentication itu sendiri disini saya menggunakan basic
AuthName "Basic Authentication": syntak itu adalah nama dari basic authentication nya
AuthUserFile /etc/httpd/conf.d/.htpasswd : nah untuk login nya file mana kah yang menjadi source untuk melakukan authentication pada saat login web nya.
require valid-user : untuk login pada web kita membutuhkan sebuah sebuah user berserta password dengan data yang sesuai pada authuserfile.
2. Sekarang kita buat sebuah file authuserfile nya, sesuikan lokasi nya dengan syntak yang sudah kita masukkan pada proxy.conf, masukkan perintah htpasswd -c /etc/httpd/conf.d/.htpasswd nama user, setelah itu masukkan password untuk user yang kita buat tersebut.

3. Lakukan restart service pada httpd nya.

4. Kita coba akses balancer managernya, nanti akan muncul form login nya, masukkan user beserta password yang sudah anda buat.

5. Nah bila mana user nya dan password benar, balancer manager nya akan dapat diakses.