Sunday, 16 April 2017

LAB 1 Remote Akses Mikrotik

Assalammualikum  Wr Wb, kembali lagi dengan blogger mantep  setelah sekian lama saya tidak mosting artikel, kali ini saya akan menghadirkan sebuah artikel sederhana yang besar manfaat nya, yaitu berjudul Cara Meremote Mikrotik mennggunakan beberapa metode, ada yang memakai mode gui serta cli, dengan meremote mikrotik kita dapat mempermudah akses serta konfigurasi.

Winbox 

Metode remote mikrotik yang sering digunakan oleh user, aplikasi tersebut bernama winbox, software/metode ini sering digunakan karena winbox mudah digunakan serta menggunakan interface gui untuk akses nya, yang membuat orang awam pun dapat mengakses serta melakukan konfigurasi mikrotik dengan mudah. 

1. Pertama kita buka aplikasi winbox, untuk anda yang menggunakan linux, anda bisa jalankan winbox menggunakan wine.

2. Setelah berhasil membuka winbox, bila mikrotik belum diberikan alamat IP address, anda bisa login menggunakan mac address. klik mac adress nya -- login menggunakan akun yang anda miliki -- setelah itu klik connect untuk memulai proses remote.
3. Berikut proses login pada mikrotik/winbox.
4. Setelah itu mikrotik dapat diremote menggunakan winbox, berikut gambar dibawah ini yang menunjukkan mikrotik berhasil diremote dan siap untuk dilakukan konfigurasi.

5. Jika sebelumnya kita menggunakan mac address, kita bisa menggunakan alamat IP untuk meremote, metode yang digunakan cukup mudah yaitu, klik alamat ip nya setelah itu login menggunakan akun yang kita punya, klik connect untuk memulai proses remote.

6. Berikut contoh mikrotik yang diakses dengan alamat IP menggunakan aplikasi winbox, indentitas alamat nya bisa kita lihat pada status paling atas aplikasi winbox.

Webfig

Mikrotik mempermudah setiap penggunanya, salah satunya kita dapat meremote mikrotik melalui web, fitur tersebut bernama has yaitu  Webfig, tapi saya sendiri menyebut nya web gui karena vitur tersebut saya sering jumpai, pada proxmox, docker, ataupun vmware esxi yang menggunaka web gui sebagai akses utamanya. 

1. Buka browser yang biasa anda gunakan, akses lah mikrotik anda dengan menggunaka perintah sebagai berikut : http://101.101.101.101
2. Setelah nanti mikrotik kita akan dapat diakses via web, untuk contoh nya kita bisa lihat pada gambar dibawah ini, bila kita menggunakan akun default (admin) nanti pada saat proses login akan langsung terbuka halaman akses nya.

Remote via SSH dan Telnet

Nah karena os mikrotik berbasis linux, mikrotik juga bisa kita akses menggunakan via telnet atau pun ssh, tetapi saya saran untuk pengguna advanced, anda bisa gunakan ssh remote, mengapa ssh karena ssh lebih scure dan proses enkripsi akses nya lebih aman bila dibandingan dengan telnet remote.

1. Meremote mikrotik dengan ssh, buka terminal linux yang kita gunakan, setelah itu masukkan perintah ssh admin@101.101.101.101 / ssh nama akun atau user@alamat ip, untuk pengguna windows anda bisa gunakan puty sebagai alat untuk remote mikrotik via ssh, caranya anda bisa lihat disahabat blog yang bernama anatomy network
2. Proses login akan memakan waktu singkat, setelah proses login selesai nantinya akan muncul hostname khas dari mikrotik, hal tersebut menandakan proses remote berhasil.

3. Remote via telnet, untuk meremote mikrotik via telnet, kita bisa gunakan perintah ini : telnet 101.101.101.101 / telnet alamat ip.

4. Nantinya kita akan diperintah kan untuk masukkan akun logi dan juga password nya.
5. Sama seperti ssh tadi, bila proses remote berhasil, nantinya akan muncul hostname khas dari mikrotik.

Remote via Minicom 

Pada seri mikrotik tertentu kita bisa meremote produk tersebut menggunakan serial port/kabel serial, tetapi untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan sebuah aplikasi tambahan, aplikasi tersebut bernama minicom, minicom dapat diunduk secara bebas pada linux dan beberapa distro sudah memasukkan aplikasi tersebut pada saat pertmaa dijalankan. 

1. Tahap pertama adalaha mempersiapkan perangkat yang ingin diremote, hubungkan kabel serial nya antara router boad mikrotik dan pc sebagai client.
2. Untuk tahap kedua buka terminal pada linux kita, masukkan perintah dmesg | grep tty  setelah itu baca status console [tty0] enable, dan ttys0 at I/O, itu pertanda serial sudah terkoneksi, setelah itu masukkan perintah minicom -s untuk masuk pada proses configuration.
 3. Pilih Serial port, menu tersebut didalam nya terdapat beberapa konfigurasi mengenai port.
4. Setelah masuk pada "serial port setup" kita dapat sesuai kan serial device dan Bps nya, untuk hardware dan software flow control anda bisa ganti opsi nya menjadi no.
5. Kita save konfigurasi yang sudah kita lakukan, untuk menyimpan konfigurasi, kita bisa pilih opsi save setup as df1.
6. Kita pilih exit, untuk memulai proses akses mikrotik via serial port.
7. Masukkan user beserta password , dan tunggu proses login nya, nantinya proses remote akan selesai dan kita bisa lakukan konfigurasi mikrotik via serial.

postingan saya sudah dipenghujung, artikel sederhana saya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, wabil khusus bagi saya pribadi . 
sampai berjumpa diartikel/postingan yang akan datang dadah wkkww. 
terimakasih.




Related Posts

LAB 1 Remote Akses Mikrotik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.