Ok kembali lagi dijempolan01, ok kemaren saya sudah memosting bagaimana membuat sebuah mail server pada centos 7, menggunakan web base rainloop, kali ini saya akan membuat sebuah artikel mengenai proxmox yaitu membuat HA pada sebuah server virtualisasi pada proxmox.

Sekila mengenai HA proxmox :
HA adalah sebuah metode yang digunakan untuk membuat sebuah server virtualisasi agar sebuah virtual machine, dapat saling terhubung dengan server lain nya pada proxmox dalam satu cluster atau satu kelompok server yang dibuat, dengan ha apabila server proxmox shutdown atau mati vm yang ada pada server tersebut akan otomatis berpindah pada server yang tergabung pada group ha, dan vm tersebut dapat langsung digunakan pada server, ini mempermudah pekerjaan sebuah administrator karena vm di usah repot-repot dipindah untuk diaktifkan satu-satu dengan ini vm tersebut akan langsung pindah pada server yang aktif, untuk menggunakan vitur ha sangat disarankan menggunakan konfigurasi storage server  (NFS,ISCSI dan juga jenis lain nya).

berikut persyaratan nya:
Sudah membuat sebuah cluster
Terhubung dengan jaringan
Disarankan menggunakan konfigurasi storage server. 
Menggunakan kofigurasi server proxmox min 4GB ram dan 2 CPU
Menyediakan sebuah vm sebagai percobaan

1. Pertama Kita buka menu datacenter pada proxmox, setelah itu buka submenu yang bernama Groups, Setelah itu klik create untuk membuat sebuag group HA.

2. Setelah itu kita berikan nama pada group yang ingin kita buat, untuk nama id nya bisa anda ubah sesuai dengan keinginan, setelah itu tentukan server nodes manakah yang akan tergabung pada group kali ini, gunakan mode restricted dan juga nofailback.

3. Setelah itu kita masuk pada menu resources pada HA, setelah itu kita klik add, untuk contoh gambarnya bisa dilihat disini.

4. Kita add VM kita yang ingin kita masukkan pada group HA nya, contoh saya akan memasukkan vm dengan ID 101 pada group yang sudah saya buat tadi, kita ceklis enable supaya setelah ini akan diaktifkan.

5. Sekarang kita cek id dari vm yang kita masukkan atau kita registrasikan kedalam pada group HA, VM yang kita masukkan ke HA status nya akan berubah menjadi managed by HA, nah pertama ini vm ini ada pada node skv2, coba kita matikan server nodenya, dan lihat apakah vm yang sudah tergabung pada HA akan otomatis berpindah pada server proxmox yang lain nya.

6. Nah setelah dimatikan, lihat apakah vm dengan id tersebut berpindah pada server proxmox yang masih aktif dan mumpuni untuk menjalankan vm nya, contoh disini vm dengan id 101 tadi berpindah dari server skv2 yang sudah mati atau tidak aktif ke salah satu server yaitu bernama skv1 secara otomatis.

OK sekian dari artikel yang saya buat kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda, sekian dan terimakasih.