Wednesday, 19 April 2017

Instalasi GNS3 OS Windows

Assalammualaikum Wr Wb, kembali lagi nie dijempolan01, kali ini saya akan memposting sebuah tutorial/sekaligus gambaran bagaiman caranya menginstall gns3 pada windows (khususnya windows 10 karena saya mencoba diwindows 10), untuk mendapatkan instalasi gns3 anda bisa buka LINK tetapi anda harus membuat akun gns3 dulu sebelum mengunduh instalasi gns3 windows nya.    

GNS3 ini alat yang serbaguna bagi para pelajar atau IT expert, yang ingin membuat sebuah simulasi berbentuk topologi, terlebih lagi kita juga bisa melingkedkan vm/container pada gns3, dengan gns3 kita bisa memanage sebuah simulasi berbentuk topologi dengan menyenangkan, kemudahan menambah device virtual (hanya dengan drag icon device virtual selesai dibuat), gns3 juga support/bisa dijalankan dilinux, hal lain nya gns3 juga bisa mengkoneksikan beberapa virtual yang sudah terlingkedkan kesebuah jaringan lokal maupun internet.

1. Berikut itulah tahap pertama dalam proses instalasi gns3, klik next untuk lanjut ketahap berikut nya.

2. Pada Tahap kedua proses instalasi, kita akan diminta mensetujui segala kebijakan lisensi GNS3, klik I Agree untuk mesetujui kebijakan lisensi dan lanjut ke tahap berikut nya.

3. Tahap ketiga berisikan Pengaturan penamaan menu folder, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

4. Nah GNS3 ini tidak semerta-merta hanya GNS3 saja yang diinstall tetapi, ada beberapa aplikasi lainnya yang ikut terlibat dalam proses instalasi, bagi anda yang kawatir takut aplikasi nya enggak jelas, aplikasi nya Jelas dan berguna kok jadi buka aplikasi sembarangan, anda bisa memilih aplikasi apa saja nie yang akan diinstall, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

5. Untuk lokasi instalasi dapat kita atur sesuai kebutuhan, secara default lokasi instalasi ada pada disk C pada windows, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

6. Nah ini adalah paket aplikasi yang saya pilih yaitu Winpcap, aplikasi ini berfungsi untuk mengkapture paket dan biasa digunakan untuk simulasi jaringan, klik ok untuk melanjutkan proses instalasi.

7. Setup wizard dari aplikasi Winpcap, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

8. Pesetujuan lisensi winpcap, klik I Agree untuk melanjutkan proses instalasi.

9. Kita disini bisa memilih apakah memperboleh winpcap berjalan otomatis pada saat komputer dinyalakan, klik install untuk memulai proses instalasi.

10. Nah proses instalasi winpcap sudah selesai, klik finish untuk lanjut ketahap instalasi nya.

11. Paket aplikasi yang saya install selain winpcap, ada juga npcap untuk lanjut ketahap berikut kita bisa klik I Agree.

12. Nah masuk pada opsi instalasi, kita bisa memilih beberapa opsi instalasi, untuk itu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, klik install untuk memulai proses instalasi npcap.

13. Nah proses instalasi npcap sudah selesai, klik next untuk lanjut ketahap berikut nya.

14. Klik Finish untuk lanjut ke proses instalasi gns3.

15. Nah proses download part-part instalasi gns3 sedang berjalan, untuk proses download akan memakan waktu yang cukup lama, jadi mohon bersabar pada saat proses instalasi nya.

16. Proses download part-part dan instalasi gns3 sudah selesai, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

17. Untuk proses instalasi solar wind, saya no kan karena berbayar, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

18. Yeah proses instalasi sudah selesai, anda bisa langsung membuka gns3 nya dengan cara menceklis start gns3, klik finish untuk mengakhiri proses instalasi.

19. Berikut ssh GNS3 yang sudah berhasil dilakukan instalasi .

Related Posts

Instalasi GNS3 OS Windows
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.