Assalammualaikum Wr Wb selamat malam, kenapa saya tulis selamat malam ? karena saya membuat postingan ini pada saat malam malam hehe, ya kembali lagi dijempolan01, kali ini saya akan memosting sebuah tutorial instalasi iso mikrotik menggunakan virtual box, ini adalah kelebihan dari mikrotik karena bila mana kita ingin belajar mikrotik tidak usah beli device aslinya dulu, kita bisa belajar divirtual box karena os mikrotik disediakan juga dalam bentuk iso dan dapat di install pada virtual machine.



1. Pertama kita buka virtual box nya setelah itu buat New VM nya, untuk namanya bisa kita berinama mikrotik, setingan ram bisa diatur 64M s/d 1024+, klik create untuk lanjut ketahap berikutnya.

2. Atur nama lokasi filenya, juga type hardisk virtual nya, untuk kapasitas bisa diberikan 2Gb saja. untuk physical hard disk saya menggunakan dynamically allocated, klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.  

3. Sekarang kita masukkan iso Mikrotik nya, klik ok untuk lanjut ke pengaturan intinya.

5. Sekarang kita atur konfigurasi network nya, saya sarankan menggunakan mode bridge, karena dengan bridge jaringan terkoneksi langsung ke fisik nya jadi kita bisa langsung terhubung kesebuah modem atau mifi yang kita gunakan tanpa adanya proses traslantasi, klik ok.

1. Tekan tombol A untuk menginstall semua vitur dan tekan I untuk melakukan instalasi.

2. Tekan tombol N supaya konfigurasi lama tidak ikut terinstall, dan tekan Y untuk lanjut keproses instalasi.

3. Berikut proses instalasi sedang berlangsung, untuk proses instalasi tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Jika Sudah selesai proses instalasinya,  jangan langsung tekan enter, tetapi kita unmount iso mikrotik nya supaya nanti sesudah selesai reboot tidak mengulang proses instalasi mikrotik.
5. SS proses booting mikrotik nya.

6. Masukkan user mikrotik dan beserta password nya.
7. Nah mikrotik sudah dapat dijalankan divirtual box .
8. Untuk mengecek tipe lisensi, kita bisa menggunakan perintah tersebut.

9. Sekarang saya mencoba test mikrotik nya yaitu test ping www.google.com, karena saya menggunakan mode bridge saya harus menyesuaikan gateway dan dns nya ke mifi saya, untuk ip anda bisa atur sesuai jaringan yang anda gunakan ditempat anda, setelah seting ip, gateway, dns, kita coba ping www.google.com, dan hasil yang praikan bisa gan heheh. 

10. Selain itu kita juga dapat meremote mikrotik pada vm menggunakan Winbox