Wednesday, 8 February 2017

Instalasi Proxmox VE 4.4

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah tahapan-tahapan sederhana, yaitu mengenai proses tahapan instalasi virtualisasi proxmox, untuk kesan instalasi virtualisasi proxmox, cukup mudah dan enggak ribet kaya install docker hehe, proxmox ini mirip mirip kaya vmware exsi secara tampilan, dan juga sama-sama bisa di akses melewati browser pada salah satu client yang di tentukan. 

Sekilas tentang proxmox: 
nah proxmox ini pertamanya dibangun oleh dua tokoh utama yaitu Dietmar dan Martin Maurer, proxmox ini bersifat open source alias gratis, , proxmox didalam nya supoort LXC dan KVM , dimana LXC mengarah ke sebuah kontainer dan kvm ini virtualisasi secara penuh seperti virtualisasi pada umum nya pada saat ini, proxmox ini berbasis debian loh, proxmox sejauh ini sudah mencapai versi 4.4 untuk urutan versi promox sampai saat ini (menulis) anda bisa lihat gambar di bawah ini,

Gambar tersebut saya dapat di http://pve.proxmox.com/wiki/Roadmap di sana anda bisa melihat versi yang pernah di riliesh oleh proxmox, anda juga bisa memanfaaat kan informasi tersebut untuk memilih/mencoba versi proxmox yang paling tepat karena di tulisan tersebut di tandai mana yang versi beta mana yang versi final atau siap di gunakan (minim bug ), jadi kalo di lihat versi promox ini sudah cukup jauh jalan nya, dari mulai versi 0.9 sampai dengan sekarang yaitu 4.4.

Apa saja yang harus anda persiapkan untuk mencoba menginstall proxmox ini:
1. Bila anda tidak punya pc yang nganggur tetapi anda tetap ingin mencoba promox ve,  Anda bisa menggunakan vmware atau mesin virtualisasi untuk mencoba nya
2. Jaringan internet (lokal area atau pun diatas nya ) karena nanti akan ada proses upload iso ke dari komputer yang akses proxmox -> mengupload iso nya ke server proxmox
3. Untuk mencoba proxmox ini saya saran kan ram yang dialokasikan sebesar 4 GB atau di atas nya dan untuk jumlah core nya min 2 core, karena kalo di bawah itu udah terasa berat banget.
4. Sediakan cemilan bila perlu supaya enggak kelaperan.

Sekarang kita beralih ke langkah langkah proses instalasi proxmox 4.4, kenapa saya pilih 4.4 karena versi ini baru heheh.

1. Tampilan pertama proses instalasi proxmox, terkesan sederhana tetapi elegan hehe, untuk memulai proses instalasi, pilih lah "install proxmox ve". 
2. Langkah ini berisis, sebuah persetujuan pengguna untuk memakai aplikasi/software dengan syarat-syarat tertentu, dan pastinya anda harus mesetujui syarat-syarat tersebut untuk lanjut ketahap berikutnya, untuk itu klik I aggre. 

3. Tahap ini berisi pengaturan patisi/storage, secara default proxmox akan membagi partisi nya secara otomatis, jika anda ingin mengature nya sendiri anda bisa buka menu "options", nah saya ini menggunakan vmware untuk mencoba nya karena pc saya enggak ada yang nganggur hehe (bisa di lihat dari nama storage nya hhe), setelah pengaturan patisi selesai di lakukan, klik next. 

4. Tahap ini berisi pangaturan zona dimana proxmox yang anda install, anda bisa sesuaikan dengan zona anda, selain itu anda juga dapat memilih tampilan keyboard yang di gunakan nantinya, untuk melanjutkan ke tahap berikut nya anda bisa klik next. 

5. Nah untuk urusan pengaturan pasword, di tahap ini lah pengaturan/pemberian pasword di lakukan, plus juga alamat email yang anda gunakan, bila di rasa password sudah sesuai dengan keinginan, untuk menlanjutkan ketahap berikutnya anda bisa klik next.

6. Tahap ini di dalam nya berisi, pengaturan alamat address, alamat gateway,netmask, dns, dan juga hostname, untuk alamat-alamat tersebut anda bisa sesuaikan dengan kondisi jaringan anda, bilamana semua hall tersebut sudah di tentukan anda bisa lanjut ketahap berikut nya dengan cara klik tombol next. 

7. Tahap-tahap sebelum nya sudah berhasil kita lewati heheh, pada tahap ini di mulailah proses instalasi proxmox, untuk range waktu sekitar 7 menit yang anda butuhkan untuk menginstall proxmox ini, tunggu proses nya sampai selesai.

8. Jika proses instalasi sudah selesai, kita akan di bawa pada tampilan cli, untuk login nya anda bisa menggunakan akun root dan untuk pasword nya anda bisa masukkan pasword yang sudah anda buat sebelum nya. 

9. Untuk mengakses vm nya lewat browser, akes di halam browser anda https://192.168.43.80:8006 , tetapi sebelum nya kita pastikan terlebih dahulu apakah alamat ip tersebut bisa di akses, setelah muncul tampilan login, gunakan username root dan juga password yang sudah anda buat sebelum nya.

10. Nah inilah contoh bila sudah login dan sudah masuk pada proxmox nya

sekian untuk kali ini, semoga dapat mebantu anda mencari bahan referensi
terimakasih. 

Related Posts

Instalasi Proxmox VE 4.4
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.