Kembali di blogger mantep, kemarin saya posting tentang portainer pada docker dan alhamdulillah solusi membuat network menggunakan portainer sudah mulai dapet pencerahan cuma belum di coba wkwk, nah untuk hari ini saya akan menghadirkan sebuah postingan yaitu membuat sebuah cluster sederhana pada proxmox.

jadi Pembuatan cluster ini berguna supaya server server virtualisasi pada proxmox ini berganbung menjadi satu buah server secara logika, dengan ini kita dapat mengkonfigurasi server lain nya tanpa harus mengakses langsung server nya , kenapa tidak usah ? karena server server ini seolah olah sudah masuk dalam satu group server lain satu group ini dapat mengakses server yang lain nya dengan syarat sudah masuk cluster ini, dan dicluster+Ha  ini juga dapat di buat semacam cadangan kenapa, karena bila mana salah satu vm yang ada di server tersebut (server nya mati) vm tersebut akan otomatis berpindah ke server proxmox lain nya (dengan persyaratan masuk ha dan menggunakan storage online : nfs-iscsi dll)

Untuk konfigurasi pembuatan cluster pada proxmox ini cukup mudah karena hanya membutuhkan beberapa perintah sederhana, yang saya rasa ini mudah untuk pemula (karena saya sendiri masih newbie), jadi untuk perintah nya saya tidak sediakan SS nya karena selain membebani load pada saat membuka  postingan, perintah nya cukup sedikit dan sederhana.

OK kita lanjut ke tahap-tahap nya :

1. yang pertama kita tentukan server proxmox mana yang jadi controller nya, jadi si server ini bertindak sebagai pembuat cluster dan server yang lain nya bisa join ke server controller nya untuk perintha nya anda bisa lihat dibawah ini
pvecm create namacluster nya : pvecm create jempolan01
2. Bila tadi kita membuat cluster controller nya, Sekarang server proxmox lain dapat join ke cluster caranya dengan menggunakan perintah berikut di bawah ini, ip tersebut berasal dari ip server controller.
pvecm add 192.168.80.200
3. Setelah cluster tersebut sudah jadi dan server sudah join, sekarang kita cek node node nya apakah sudah masuk pada cluster, untuk melakukan Pengecekan anda bisa lihat perintah nya di bawah ini.
pvecm nodes
Setelah proses membuat cluster dan memasukkan node nya, saya akan memberikan sebuah contoh gambaran server proxmox yang sudah tergabung pada satu cluster.
Ya sekian dari saya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan juga menjadi salah satu referensi anda.

Terimakasih sudah berkunjung di blog jempolan01
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.