ya ketemu dengan saya di jempolan01 blog, bagi anda yang lagi oprek docker, dan terlintas di pikiran anda adakah cara mudah selain ngetik perintah mulu tiap mengatur image/container, hall tersebut bukan hanya hayalan belaka, karena docker juga menyediakan berbagai jenis manager berbasis gui yang di akses lewat browser, nah salah satu manager nya ini bernama shipyard. 

nah jadi shipyard fungsi utama nya adalah mempermudah pengguna menggunakan container, akses kontainer , termasuk juga docker, karena dengan ini secara tidak langsung kita tidak ribet-ribet menuliskan perintah terlalu banyak bila mana ada konfigurasi yang ingin dirubah atau di tambahkan, kita tinggal mengklik icon yang ada di shipyard dan hoala konfigurasi pun dapat di lakukan dengan cara gui. 

persiapan yang harus di penuhi:
1.Membaca doa biar lancar  
2. Sebelum nya kita harus sudah membuat cluster terlebih dahulu supaya proses nya lancar
3. Menggunakan koneksi inet sediakan kouta kira 300 mb an 
4. Pasang lah shipyard di pusat manager nya karena dari situ kita akan akses shipyard nya
5. Client yang terdapat browser, karena shipyard nya kita akses menggunakan browser
6. Siapkan cemilan biar enggak kelaperan. 


Kali ini saya akan menghadirkan cara memasang shipyard dan juga apa saja menu utama/vitur yang ada pada shipyard ini. 

1. Nah para perintah pertama, perintah ini membutuhkan sebuah kotainer yang bernama rethinkdb, bila anda memulai debut pertama oprek shipyard, nanti pada saat perintah di jalankan docker sendiri akan mencari image/container rethinkdb dan setelah itu proses download pun di mulai  (itu alasan nya saya menyarankan anda menyediakan internet), jenis perintah relativ sama seperti cluster kemarin: Cluster tetapi yang membedakan adalah tujuan dari perintah nya kalo kemarin swarm-manager,progrium nah kalo ini rethinkdb. 

2. Tahap Kedua adalah tahap pengaturan si shipyard controller nya, tetap di dalam nya menggunakan rethinkdb, dengan ini si shipyard nya dapat mengontrol si docker nya dengan bantuan gui, nah proses ini menggunakan port 8500 dan juga 4000 , 4000 menunjukkan swarm dan 8080 menunjukkan swarm-manager pada saat kita mengakses shipyard pada browser port ini lah yang di gunakan, perintah \ ini instilah nya untuk memotong perintah dan melanjutkan di baris selanjutnya, jadi bila anda ingin supaya susunan perintah nya rapih anda bisa menggunakan \ , protokol yang digunakan adalah tcp, pada tahap ini nanti akan ada proses download kembali bila mana container yang di butuhkan tidak ada sebelum nya. 

3. Setelah perintah tersebut di jalankan dan sudah selesai, sekarang kita akses shipyard nya menggunakan browser yang biasa anda gunakan, contoh http://192.168.80.200:8080, nah nanti akan muncul tampilan login shipyard, (ini tandanya kalo berhasil gan kalo enggak muncul apa-apa berarti ada yang kurang/salah penulisan perintah, anda bisa cek ulang perintah anda, untuk menghapus container+perintah yang sudah di jalankan ada bisa cek nama container/image dengan perintah docker ps, setelah itu untuk menghapus kontainer nya anda bisa menggunakan perintah docker ps -f (nama container nya). 

4. Sekarang sudah muncul tampilan login nya, nah masa di diamkan saja, sekarang kita login dengan akun default shipyard yaitu login:admin dan password: shipyard, dan tunggu proses login nya berlansung. 

5. Nah ini lah salah satu menu yang ada di shipyard, menu ini bernama containers , didalam menu ini mencakup daftart kontainer yang tersedia pada docker, tanda merak tanda nya enggak aktif, nah yang tanda merah memiliki arti tidak aktif.

6. Pada menu Images, mencakup daftar jenis Images yang ada pada manager-node1-node2.

7. Pada menu nodes, berisikan daftar node mana aja yang tergabung, semakin banyak node yang tergabung semakin banyak juga status yang akan muncul di menu ini.

8. Nah untuk menu ini, secara dafault tidak berisikan informasi apaa pun.

9. Untuk pengaturan akun, anda bisa membuka menu ini, secara default username akun admin sudah ada terlebih dahulu, anda bisa membuat akun tambahan sesuai dengan kebutuhan.

10. Menu ini menyimpan berbagai kegiatan yang kita lakukan pada shipyard, anda bisa melihat event tersebut disini.

Sekian untuk postingan kali ini, semoga dapat membantu anda dalam mencari berbagai reverensi
Terimakasih.