Setelah beberapa lama saya tidak memposting apa pun di blog ini, saya pun akhir nya mendapatkan inspirasi untuk menulis lagi nah, untuk kali ini saya akan memposting tutorial singkat apa-apa sajakah yang harus di persiap pada saat kita mengingin kan sebuah pc kita menjadi dual boot dan juga cara singkat melakukan nya.

Apa itu dual boot:
Dual boot adalah sebuah perangkat berbasis pc yang memiliki lebih dari satu sistem operasi didalam nya, contoh nya windows+linux, mac os+windows/ linux atau yang lain nya, itu dinamakan dengan dual boot, jadi dual boot bukan sebuah perangkat yang mengakses sistem operasi secara bersamaan karena dual boot hanya akan meminta kita mengakses salah satu yang kita sudah install sebelum nya, mau milih windows atau linux itu tergantung mana yang anda mau gunakan. 

sudah tau apa itu dual boot sekarang kita masuk pada tahap langkah-langkah dan persiapan. 

1. Siapkan sebuah sebuah bootable sistem operasi yang akan anda tambahkan, anda bisa menggunakan flash drive maupun dvd untuk membuat sebuah bootable, hal yang harus anda perhatikan dalam membuat bootable ini, anda harus tau tipe bootable tersebut apakah untuk jenis storage jenis MBR atau GBT dan juga harus memperhatikan tipe bios anda apakah UEFI atau legacy, label storage gpt biasanya sudah mendukung UEFI, dikarenakan bila tidak cocok biasanya bootable yang di buat tidak terbaca pada bios nantinya (Pengalaman pribadi). 

2. Buatlah beberapa partisi kosong untuk wadah penginstalan sistem operasi tambahan tersebut (saya saran kan gunakan system operasi bebasis linux sebagai pendamping) , sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan anda, penentuan partisi ini agak riskan, karena bila anda tidak memikirkan matang2 anda bisa kehilangan beberapa data penting anda karena kesalahan penentuan dan pembuatan partisi baru, sebagai tambahan-bagi anda yang mempunyai label Storage MBR, pastisi dengan tipe primary hanya bisa di buat 4-5 saja jadi anda harus betul betul benar membagi partisi nya jangan sampai salah penentuan nya karena bisa data taruhan nya (karena saya pernah mengalaminya), untuk Label Storage GPT anda bisa membuat lebih banyak partisi bejeniskan primary kalau tidak salah suppor hingga 128 partisi jadi anda lebih leluasa untuk membuat partisi dengan label ini. 

3. Gunakan bootable yang sudah anda buat setelah itu masuk pada mode bios pada perangkat yang anda gunakan dan atur booting pertamanya dengan os tambahan yang akan anda bikin sebelum nya. 

4. Lakukan proses instalasi sistem operasi tambahan/pendamping tersebut, atur penempatan penginstalan sistem operasi pendamping tersebut dengan partisi tambahan yang sudah anda bentuk sebelum nya, bila anda menggunakan linux sebagai sistem operasi tambahan/pedamping jangan lupa menginstall bootloder nya, karena dengan tidak adanya sebuah bootloder anda akan kesulitan untuk memilih mana system operasi yang anda ingin gunakan dikemudian hari

5. Setelah proses system operasi tambahan/pendamping anda sudah di install, anda bisa menggunakan  salah satu sistem operasi tersebut,bila menggunakan linux anda tinggal memilih sistem operasi mana yang akan anda gunakan melalu grup bootloder.

Ya sekian itu lah langkah-langkah singkat bagaimana cara melakukan dual boot pada system yang anda gunakan sekarang, jadi pada intinya kegiatan proses pembuatan dual boot ini seperti menginstall sistem operasi pada umumnya, hanya saja untuk pembagian partisi nya sedikit lebih rumit dari penginstalan system operasi utama yang biasa anda gunakan sebelum nya. 

Sekian tutorial singkat yang saya buat kali ini, semoga dapat membantu anda mempersiapkan apa apa sajakah yang di butuhkan, untuk membuat perangkat pc yang anda gunakan menjadi dual boot 

Sampai berjumpa lagi di postingan yang selanjutnya.