Kembali lagi dengan bang jempolan wkwkkw. kali ini saya akan mengshare ilmu tentang bagaimana caranya join domain menggunakan os linux, khusus nya ubuntu 16.04 lts ini, secara kofigurasi tidak beda jauh caranya seperti ubuntu 14.04 lts, jadi untuk anda yang nantinya lupa begaimana caranya joindomain menggunakan ubuntu 16.04 lts anda bisa juga mengikuti cara joindomain pada ubuntu 14.04 lts caranya hampir sama dan serupa.

sebelum kita masuk ke tahap kerja kita harus tau apa saja yang di butuhkan untuk join domain ini
1. Anda harus mempunya suatu aplikasi yang di sebut PBIS, anda bisa download di Link ini, sebagai contoh saya menggunakan PBIS  jenis Linux 2.4/2.6 kernel 64-bit DEB.
2. Kedua anda Sudah mebuat sebuah domain (cara membuat sebuah domain menggunakan windows server 2012 r2 anda bisa lihat di Sini )
3. Makanan ringan bila perlu wkwkw.

1. pertama kita masuk ke sebuah directory yang berisi aplikasi pbis, contoh saya taruh pbis nya di document, untuk masuk ke sebuah directory ketikan perinta cd ......(nama directorynya/).

2. setelah itu kita beri permision baru dengan cara, anda bisa melihat perintahnya di gambar tersebut, tambahkan perintah sudo di awal syntak.

3. masuk mode super user

4. setelah itu kita install aplikasi pbis tersebut, anda bisa melihat perintah nya di gambar yang sudah saya terakan di sana.

5.setelah kita menginstall pbis kita, kita harus tau dahulu domain mana yang kita gunakan nanti. saya memakai host bloger1 dan domain yang saya pakai Mantep.net.

6. sekarang kita seting ip ubuntu nya, sesuaikan dengan ip host yang sudah kita buat tadi, dan gateway ini mengikuti server yang kita pakai contoh saya menggunakan ip 192.168.42.45, dns sesuaikan dengan gateway.

7. sekarang kita ganti hostname nya, untuk mengganti hostname nya anda bisa ketikan perintah ini .

8. setelah kita masuk dalam mode nano kita rubah host name nya sesuai dengan host domain yang sudah kita buat contoh ada pada gambar tersebut, untuk mengsave nya ctrl+x -->. y  -->  enter.

9. selain kita mengganti hostname, kita juga harus mengganti hosts nya sesuai dengan host yang kita buat sebelumnya, untuk merubah nya anda bisa ikuti perintah ini .

10. ganti hosts dengan host yang sudah anda buat pada server. untuk mengsave nya ctrl+x -->. y  -->  enter.

11. masuk lagi pada mode super user. (ini digunakan bila anda sebelum nya belum masuk pada mode user)

12. sekarang kita mulai join domain nya ketikan perintah tersebut yang saya kotakin sesuaikan dengan domain yang sudah anda buat sebelumnya.

13.kita cek apakah sudah masuk dalam domain? ketikan perintah seperti yang terdapat di gambar, dan lihat apakah domain nya sesuai dengan apa yang anda buat sebelumnya.

14.setelah itu kita masuk ke sebuah directory lightdm.conf.d yang berada pada usr/share/lightdm anda bisa lihat perintahnya pada gambar yang tertera.

15. setelah masuk directory nya kita ketikan perintah ls-l di sana ada file yang bernama 50-ubuntu.conf , folder itu lah yang nanti nya kita akan edit isinya.

16. edit isi dalam folder 50-ubuntu.conf menggunakan nano, perintah nya bisa anda lihat seperti yang tertera pada gambar.

17. masukkan perintah tersebut setelah itu kita save , dengan cara ctrl+x -->. y  -->  enter. sehabis itu restart.

18. Coba anda Login menggunakan Mantep\Administrator
Mantep =domain
Administrator= Username domain
setelah itu masukkan pasword untuk login server dan enter

setelah itu kita ping deh domain nya
dan ketikan perintah whoami : nanti nya akan keluar domain anda yang didaftarkan



mohon maaf  bila ada penulisan yang salah dan juga kata katanya
terimakasih sudah berkunjung