Catatan kali ini berkaitan dengan perjuangan saya sebelumnya, kalo kemarin saya kesal gara ubuntu 16.04, untuk hari ini saya di buat agak senang dengan ubuntu, mau tau cerita lanjutan nya? mari baca bareng 2 

Membahas tetang judul, judul kali ini saya beri nama "Bagaikan stalin memenangkan taruhan nya" karena saya suka sejarah terutama perang dunia 2, kata kata ini mungkin tepat untuk kejadian yang saya alami kamarin, hari ini adalah hari di mana saya menang taruhan atas docker cluster ini, karena hari ini saya berhasil memenangkan nya wkwkw. 

ya melanjutkan perjuangan saya kemarin, kalau kemarin saya memakai os di bawah naungan ubuntu 16.04 sekarang saya menggunakan os di bawah naungan ubuntu 14.04 saya ingin membuktikan apakah bisa di 14.04 ini bikin cluster nya, perjalanan agak berliku, saya menemukan ganjalan yang baru yang sebelum nya di ubuntu 16.04 enggak ada masalah alias lancar, untuk kali ini swap nya ini enggak mau terbaca oleh docker padahal metode pemecahan yang digunakan sama, dan sudah saya terapkan tetapi aneh nya enggak ke fix, di dalam hati saya mungkin masalah swap ini enggak terlalu berarti dan saya putuskan melanjutkan perjuangan saya membuat cluster.
secara motode pembuatan cluster ini sama perintah nya tetapi untuk alamat ip nya di sesuaikan, saya hanya menemui kendala yang umum pada proses ini, tetapi akhir nya bisa, dan saya akhirnya memenangkan taruhan tersebut ahahhaha, seneng saya, tetapi saya masik kepikiran tentang swap ram nya.

karena saya bingung tentang swap ram nya, nah saya bertanya sama kak rizky, nah setelah di cek cek, kak rizky juga bingung kenapa swap ram nya enggak jalan, karena sesuai dengan pengalaman beliau pas konfig bisa dan enggak ada kendala (kira2 seperti itu) saya pun disaran coba dari ulang sapa tau ada yang salah sama system nya makanya enggak bisa. 

ya hari itu saya senang karena menang taruhan docker kluster wkwkw, bisa di jalankan dan berhasil wkwkw, biar di kata swap nya enggak bisa tetapi udah ke hitung berhasil wkwkw. 

ya sekian cerita saya untuk kali ini. 
untuk totorial membuat cluster akan saya posting lain waktu hehe. 
terimakasih.