Kali ini postingan saya akan beri nama "hari dimana saya bersabar", untuk hari ini kenapa saya bikin namanya begitu karena di akhir acara hari ini saya sangat kecewa karena udah seharian pusing nyari fix nya kenapa enggak kedeteksi enggak tau nya emang suatu hall yang bikin enggak kedeteksi dan saya kesal sebernar nya , penasaran kenapa saya beri judul seperti itu? baca sampai bawah aja wwkw. 

Hari ini saya bingung mau ngegambarkan suasana saya sediri karena di satu sisi saya jadi tau di satu sisi lagi saya jadi kesel dan konfig lama 2 undah gitu pusing kenapa ini enggak mau kedetek (cluster cluster nya) saya jadi kesel, padahal cluster nya udah masuk gitu, saya konfig sambil melakukan kegiatan yang lain, biar di kata enggak nyaman tapi enggak apa-apa, saya memulai membuat cluster menggunakan ubuntu 16.04 bekas kamarin oprek shipyard, nah cluster-cluster lain nya saya buat dari kloningan ubuntu 16.04
perjalanan konfig cluster ini penuh dengan liku karena banyak perintah yang enggak saya ngerti dan apa maksud dari perintah-perintahnya juga belum ngerti, banyak tahap-tahap yang saya ulangi untuk membuat cluster ini, dari mulai swarm manager, membuat cluster, dll banyak yang kliru yang membuat saya pusing dan mager, tetapi biarpun lagi mager gara-gara salah mulu saya tetap coba terus gimana caranya si cluster ini dapat tergabung dengan cluster satunya, singkat cerita cluster2 ini sudah tergabung, tetapi yang jadi masalah nya, kanapa status nya ini enggak jelas padahal di ping bisa dan sudah kedaftar

di server utama yang saya bikin (shipyard,swarm manager), tetapi pas di cek status dari cluster/node ini enggak ada status bahwa dia ini menjadi satu secara sempurna ,ram, jumlah kontainer, dll itu semua kosong alias 0, hall ini membuat saya bingung, dan akhir nya saya konsultasi ke kak rizky selaku yang ngebuat buku di sertai dengan ss problem nya, dan kak rizky menjawab seperti ini. 

Nah jawaban tersebut sontak, saya menjadi setengah kesal wkwk, masalah nya dah konfig lama lama ini pengen gua lotarkan kata yang mantep gitu cuma saya tahan karena entar di kira enggak sopan, masalah swarm ini kak rizky berpendapat ada masalah di system ubuntu 16.04 nya yang membuat enggak kedetek cluster/node2 secara utuh, dengan jawaban tersebut di sisi lain saya jadi tau di sisi lain saya jadi kesel.

hal itu membuat saya merubah catatan wiki dan zoho menjadi
saya ganti seperti itu karena sudah kesel wkwkw, tetapi untuk oprek cluster nya masih saya lanjutin di esok hari nya.
nah saya bertekat harus jadi cluster nya di bawah bendera ubuntu 14.04 

ya sekian dari saya untuk cerita kali ini.
terimakasih.