Monday, 21 November 2016

Konfigurasi NFS Server Centos 7

ya kembali lagi dengan jempolan01, pada kesempatan kali ini saya akan memposting sekaligus mengshare ilmu yang sudah saya dapat, postingan kali ini akan saya beri judul konfigurasi NFS Server Centos 7, NFS ini adalah salah satu media untuk mengsharing data yang kita miliki ke orang lain atau client lain nya, untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan 2 komputer atau lebih di mana salah satu komputer berperan sebagai server dan yang lain nya berperan sebagai penerima atau client.

Sekilas Tentang NFS:
NFS (Network File System) sebuah protokol file sharing yang berguna sebagai media sharing data dari satu pc ke pc lain nya dapat menyimpan dan mengambil data yang telah di share, pada konsep awal atau awal mula di ciptakan nya protokol ini di kembangkan oleh sun microsystem pada tahu 1984 dan terus di kembangkan hingga saat ini, dengan protokol ini dapat mempermudah perdistribusian data ke pc lain nya yang tergabung pada jaringan yang kita bangun.

Topologi+Aplikasi pendukung+Dll

Ini adalah Sedikit Gambaran topologi yang saya gunakan pada saat melakukan konfigurasi, sebuah topologi sederhana yang dapat membantu anda melakukan sebuah simulasi jaringan dan menentukan system yang terkait di dalam nya.
Semua konfigurasi yang saya lakukan pastinya tidak luput dari aplikasi pendukung yang ikut serta dalam pembuatan dll ini adalah daftar nya:
1. Untuk membuat Sebuah topologi saya menggunakan Aplikasi GNS3
2. Media Virtualisasi saya menggunakan VMware workstation, tetapi anda bisa menggunakan aplikasi virtualisasi selain yang saya gunakan contoh virtual box
3. Menggunakan OS Centos 7 sebagai server
4. Menggunakan OS Windows+ Nanti ada linux juga sebagai client
5. saya menggunakan address network 192.168.42.0
6. Keadaan khusus, semua vm saya terhubung dengan internet

Konfigurasi.  

1. Kita unduh Packet instalasi nfs nya, untuk mengunduh/menginstall nya anda bisa menggunakan perintah di bawah ini.

2. Kita Start beberapa service nfs nya
    Setelah kita start, sekarang kita enable beberapa service tersebut

3. Setelah menjalankan beberapa service dari nfs, sekarang kita buat sebuah directory/folder yang nanti nya akan di share pada nfs yang kita buat, setelah itu kita beri service chmod 777 supaya dapa di baca dan di tulis oleh client nanti tetapi ini bukan cara mutlak untuk mengatur apakah direcktory yang di share bebas untuk di tulis dan dibaca atau pun dihapus, masih ada konfigurasi lain nya, untuk perintah nya anda bisa menggunakan perintah di bawah ini.

4. Sekarang kita edit exports yang berlokasi pada directory etc.

5. Setelah itu kita masukkan syntak/perintah supaya nfs yang kita buat dapat terealisasikan, untuk syntak nya anda bisa melihat gambar dibawah ini.
Penjelasan singkat beberapa sysntak yang ada:
/jempolanshare/ --> Sebuah directory yang ingin kita share nanti nya, untuk nama directory anda bisa tentukan sesuai kemauan anda.
192.168.42.0/24 --> menyatakan address network manakah yang dapat mengakses directory yang kita share menggunakan protokol nfs. 
rw --> jenis permission yang di gunakan, dengan perintah ini folder yang kita share bersifat writable, maksud nya? jadi directory yang kita share dapat di tambah dan jug dapat di hapus bisa di sebut juga read and write. 
sync --> Synchronize share folder/directory
no_root_squash --> memberikan akses yang sama pada sebuah client terhadap sebuah server, maksud nya client ini medapat hak menyerupai root yang ada pada sebuah server.
no_all_squash --> untuk menghidupkan atau mengenable user authority
6. Setelah kita menambahkan syntak tambahan pada exports, reload system nfs-server supaya konfigurasi yang kita buat dapat terupdate dan dapat aktif, pastikan tidak error ya, karena bila error tanda nya pada saat anda menambahkan syntak di exports ada yang typo dan kurang spasi atau yang lain nya , jadi cek lagi ya bila ada yang eror, bila hasil mulus setelah melakukan restart itu tandanya berhasil.

7. Stelah direstart, kita cek apakah directory yang kita share, sudah tershare dan berfungsi dengan baik, anda bisa menggunakan perintah pada gambar dibawah ini.

8. Kita konfigurasi firewall nya, supaya client nanti dapat mengakses directory/folder yang kita share sebelumnya, kita masukkan ketiga service tersebut pada system firewall nya, untuk memberikan akses nya anda bisa menggunakan perintah yang terdapat pada gambar dibawah ini.

Sekian dan berlanjut sampai sini hehe
Untuk postingan verifikasi client nya anda bisa klik LINK INI
terimakasih bagi para pengunjung blog yang sudah datang melihat lihat postingan saya ini
samangat terus gan !!!!

Related Posts

Konfigurasi NFS Server Centos 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.