Kembali lagi di bloger mantep, pada kesempatan kali ini, saya akan menghadirkan tutorial sederhana bagiamana cara menginstall vmware pada linux ubuntu dan juga elementry, bagi anda yang ingin menggunakan media virtualisasi yang berbeda selain virtual box yang banyak digunakan saat ini, vmware pun patut juga untuk di lirik sebagai bahan pembelajaran anda, di dalam vmware anda akan medapatkan pengalaman baru dalam dunia virtualisasi, banyak hal yang biasa anda lakukan pada virtual box akan berbeda rasanya bila menggunakan aplikasi vmware ini entah lebih susah dan gampang,penasaran ya ,,,, ehhehe,,, install dulu baru bisa merasakan .

Untuk aplikasi vmware nya anda bisa download Di (link)

1. Pertama kita download dan install tools yang bernama build essential, untuk penjelasan nya build essesential ini berisikan berbagai bahasa pemograman c,c++ /gcc dan g++.

2. Setelah kita install build essential nya sekarang kita beri perijinan akses tambahan pada file.bundle nya, supaya nanti bisa kita install.

3. Sekarang kita install vmware nya dengan cara ./ nama aplikasi .bundle nya.

4. Untuk cara install nya anda bisa melihat ss yang sudah saya berikan di bawah ini.

5. Setelah Aplikasi vmware berhasil di install, kita membutuhkan sebuah tools vmware tambahan, bernama open-vm-tools, untuk cara menginstall nya anda bisa mengikuti perintah di bawah ini.

6. Untuk berjaga bila ada yang error dan terjadi kesalahan pada vmware anda dan membutuhkan pengintalan ulang vmware, saya juga menyertakan bagaimana cara menguinstall vmware yang anda gunakan, sudo vmware-installer -u nama vmwarenya contoh karena saya menggunakan versi workstation, maka perintahnya akan seperti ini, sudo vmware-installer -u vmware-workstation.


terimakasih semuanya
Ya sekian tutorial singkat yang saya hadirkan kali ini
cara menggunakan vmware untuk pemula akan saya posting lain waktu