Saturday, 8 October 2016

NTP Server Centos 7

Kembali lagi di jempolan01 ini, makin mantep dah wkwkw, kali ini saya akan memposting sebuah tutorial yang bernama NTP server Centos 7, Secara konfigurasi terlihat gampang tetapi dari yang gampang ini biasanya ada masalah tersembunyi, untuk masalah nya saya tidak akan kasih tau karena kalo saya kasih tau masalah nya, nanti engga mau belajar wkwkw, hiraukan kata menakutkan tersebut, Nah buat apa kita buat ntp server? ntp ini di buat supaya tiap-tiap client tidak usah menyeting waktu dan tanggal nya secara manual (prinsip nya sama kaya dhcp tetapi ini yang dikirim bukan address tetapi keterangan waktu,dan tanggal) jadi hemat tenaga dan waktu ya wkwkw.
Ntp server ini tidak hanya bisa dibuat dipc server, tetapi bisa di buat juga menggunakan perangkat jaringan lainnya contoh nya router mikrotik. 

Sekilat tentang Ntp: 
NTP Network Time Protokol, salah satu jenis protokol jaringan yang berfungsi untuk mengsingkronisasikan waktu pada sebuah komputer yang ada, jadi dengan ini semua komputer tidak perlu menyeting waktu nya secara manual alias otomatis, Ntp ini menggunakan port standar 123 (UDP), Untuk saat ini ada banyak jenis Ntp/layanan berbasis ntp salah satu nya Ntimed, Windows time dll, Ntp ini sudah mulai di kembangkan sebelum tahun 1985, dan terus di kembangkan dan di perbaharui hingga saat ini. 
 

Server NTP 

1. Pertama kita install Aplikasi NTP server nya, Packet penginstalan nya secara default sudah ada Di dalam repository lokal centos 7, tetapi jika anda ingin mendapat kan versi terbaru nya anda bisa menggunakan repositry luar yang lebih update, untuk tested saya menggunakan versi terbaru (bisa di bilang begitu karena saya mendapatkan packet nya dari repo luar/internasional, Untuk menginstall nya anda bisa ikuti seperti gambar yang tertera di bawah ini.

2. Setelah menginstall, sekarang kita buka www.pool.ntp.org/zone/id , Cek NTP publik pool time server dan pilih wilayah anda, karena saya ada di indonesia makanya saya menambahkan /zone/id pada alamat website yang di tuju, Nah tulisan yang saya kotakin itu adalah perintah yang nantinya akan kita masukkan di ntp.conf, kenapa perintah tersebut kita copy+plus di masukkan karena perintah tersebutlah yang menjadi destinasi waktu yang kita gunakan nanti, setiap benua dan daerah tentunya perintah nya juga akan berbeda.

3. Sekarang kita edit ntp.conf nya, ntp.conf ini berada pada directory /etc/ untuk mengedit+plus menambahkan perintah anda bisa menggunakan media editor Vi,geditr, atau nano seperti yang saya gunakan saat ini.

4. Setelah terbuka tahap pertama yang anda harus lakukan adalah menambahkan perintah # di awal perintah pada setiap perintah/syntak yang sudah saya tandai tersebut, pagar ini diberikan supaya jenis singkronasi waktu default centos nya menjadi tidak aktif/ hanya menjadi command saja.

5. Nah sekarang sudah di bari pagar, setelah itu masukkan perintah yang sudah anda copy pada website sebelum nya, dengan perintah tersebut pengaturan synkronasi waktunya akan tertuju id.pool.ntp.org (hanya salah satu contoh) jadi tidak menggunakan pengaturan default lagi.

6. Setelah itu Kita perlu mengizinkan client yang barada pada jaringan kita agar dapat melakukan synkronasi waktu ke server, Nah Tambahkan scrip sederhana tersebut, untuk address sesuaikan dengan jaringan yang anda gunakan. Setelah itu Tekan CTRL+X Y Enter untuk menyimpan konfgurasi anda.

7. Sekarang kita Setting time zone Untuk Server Ntp dengan perintah, anda bisa melihat di gambar yang tertera pada gambar tersebut.

8. Sekarang kita add service Ntp Pada firewall-cmd supaya Service ntp ini dapat berjalan sekaligus mengijinkan port 123 (UDP) untuk running, anda bisa menggunakan perintah di bawah ini, pastikan succes.

9. Sekarang kita reload system firewall nya, dengan perintah firewall-cmd --reload, pastikan succes.

10. Setelah itu nyalakan service ntp nya dengan cara systemctl start ntpd dan systemctl enable ntpd, setelah dinyalakan service nya, ketikan perintah systemctl status ntpd untuk melihat status dari service tersebut pastikan aktive ya jangan failed.

11. Untuk verifikasi ntp nya anda bisa menggunakan perintah tersebut.

12. Untuk melihat waktu sekarang pada server , anda bisa menggunakan perintah tersebut. dan lihat apakah sudah sesuai, beda tkp, beda waktu beda juga hasilnya ya.

Verifikasi Client.

Setelah membuat server ntp nya, sekarang kita lakukan verifikasi pada client apakah dapat, mengsingkronasikan waktu nya ke server.

1. Windows, untuk windows buka pengaturan date and time, setelah itu pilih internet time, ceklis automaticaly, masukkan address server ntp yang sudah anda buat dan klik Update now, tunggu sebentar pastikan notif nya the time been successfuly synchronized with 192.168.43.2 (alamat address server).
Untuk verifikasi client windows saya menggunakan windows xp, dan juga delapan, dan hasil nya berkerja dengan baik masing client dapat melakukan syncronasi waktu ke server, pada saat saya melakukkan syncronasi, waktu yang di gunakan beda beda makanya hasil syskronasi client nya juga beda-beda.

1. LINUX, saya menggunakan linux ubuntu untuk verifikasi, kita install aplikasi ntp nya dengan perintah yang tertera pada gambar di bawah ini.

2. Setelah itu masuk pada mode root/bebas dengan perintah sudo su+ isikan pasword root anda, setelah itu edit ntp.conf dengan menggunakan media editor yang anda gunakan, untuk contoh saya menggunakan nano.

3. Kita tambahkan perintah server 192.168.43.2 terletak dibawah pool 3.ubuntu.xxx , setelah itu tekan ctrl+x y enter untuk mengsave konfigurasi.

4. Setelah itu kita restart service ntp nya, karena kali ini menggunakan ubuntu caranya akan sedikit berbeda dari centos, untuk perintahnya anda bisa lihat di gambar yang tertera di bawah ini, pastikan status nya ok ya jangan failed.

5. Setelah itu lakukan verifikasi, dengan perintah ntpq -p, dan lihat apakah alamat server syncronasi ntp nya sudah ada atau belum, sengenggak nya bertambah satu yaitu alamat ip server ntp yang kita buat tadi, bila ada dan seperti yang sudah saya tandai seperti itu, itu berarti anda berhasil.

Versi kedua Menggunakan perintah iburst.
untuk versi yang ini anda juga bisa mengikuti nya, karena saya sudah mencoba nya dan hasil nya sama work, untuk dasar nya hampir sama seperti sebelumnya , cuma sewaktu edit di belakanya di tambahkan perintah iburst, untuk langkah-langkah nya bisa anda lihat di gambar ini.

HITAM dan PUTIH NTP server ini.
!!! Ada berbagai bugs dalam pembuatan ntp ini, saya pun sebagai pembuat pernah mengalami nya dah benar-benar bikin kesal, biarpun perintah sudah benar, jadi saya doakan semoga anda bugs itu tidak mehampiri anda, bagi yang sudah mencoba pertama kali mungkin anda akan tahu bugs+bukan masalah+tapi bikin masalah,wkwk selamat mencoba dan mengeksplorasi!!! jadi bila anda sudah mengikuti tutorial ini dengan perfect dan benar belum berhasil, itu bukan karena anda yang salah, memang ada sebuah bugs/ masalah dalam proses verikasi dan syncronasi tersebut, selamat mencoba ya gan, intinya dan pokoknya harus sabar dah, ini bukan di alami oleh saya saja melainkan salah satu teman saya juga mengalaminya, (selamat mencoba)

Sekian dari saya kali ini , mohon maaf bila ada salah dalam penulisan postingan kali ini
semoga dapat membantu anda
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya.
semangat gan.

Related Posts

NTP Server Centos 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar