Pada postingan kali ini saya akan mengshare pengalaman saya, mengikuti MUM Mikrotik yang diadakan di jakarta dari tanggal 12 s/d 14 oktober 2016, Mum Mikrotik adalah sebuah ajang sekaligus ivent bagi para Ahli Dibidang IT untuk memberikan pengalaman nya dengan bentuk persentasi di ajang tersebut, dan juga sebagai ajang memperkenalkan produk mikrotik tetapi untuk yang bersifat promosi ini saya rasa hanya sedikit saja pointnya, lebih banyak menyentuh element pembelajaran dan juga sharing pengalaman, ivent ini hanya di adakan setahun sekali diberbagai negara yang ada di dunia, jadi sangat disayangkan bila ivent ini di lewat kan Kecuali bila anda sudah sering mengikuti.

Kesan Pertama saya 

Kesan saya untuk pertama kali mengikuti mum mikrotik ini, sangat bagus sekali dikarenakan kita ini tidak hanya sekedar datang duduk dan pergi pulang, disana nie itu kita seperti tamu sepesial bairpun tidak membeli tiket yang premium, kita sebagai pengunjung atau yang mengikuti acara ini di layani dengan baik dari mulai Penyediaan makanan, tempat duduk yang nyaman, diberikan juga sebuah kaos has dari mikrotik, sampai-sampai dapat dorpress juga di akhir acara (INI mungkin karena ivent ini adalah sebuah acara yang resmi), tetapi yang paling utama adalah ilmu yang saya/kami dapatkan di mum ini, jadi intinya kesan pertama untuk acara ini: jempolan banget alias mantep dan bagus bagi para pemula dan juga para master. 

Materi Menarik bagi saya pribadi

1. MikroTik Hotspot 2.0 (IEEE 802.11u) by Rofiq Fauzi (ID-Networkers)

Materi pertama yang menarik menurut pribadi saya sendiri adalah Materi yang di bawah bapak Rofiq Fauzi dari (ID-Networkers), Materi yang di sampaikan oleh bapak Rofiq ini bagi saya pribadi "bagus" karena persentasi yang di lakukan beliau ini tidak membuat penonton bosen, dan juga materi yang di berikan relatif mudah untuk di cerna sekaligus mudah dimengerti oleh saya yang nota bene masih pemula di dunia IT, Beliau mempresentasikan tetang sebuah teknologi jaringan tanpa kabel generasi baru bisa disebut dengan Hotspot 2.0, dimana dengan teknologi ini user tidak perlu melakukan login setiap ssid yang berada di sekitar kita, dengan ini kita bisa dengan mudah menikmati akses wifi tanpa perlu login secara manual (singkat nya seperti itu), pokok nya mantep deh permirsa blog.

2. Token Bucket by Novan Chris

Nah Bpk Novan cris ini lah yang membawakan presentasi tentang token bucket, saya tertarik dengan presentasi beliau karena pada saat menghadirkan persentasi yang rinci sampai-sampai ada rumus nya juga di kasih, bagi saya pribadi presentasi yang dibuat beliau ini mudah untuk dicerna dan terkesan tidak berbeblit belit, token bucket adalah sebuah vitur yang terdapat pada mikrotik yang sebelum nya disembunyikan, fungsi token bucket ini sebagai management badwith internet yang kita miliki, token bucket ini adalah penerus dari fitur burs yang terdapat di mikrotik baru, fitur ini pun baru di keluarkan di versi os mikrotik yang terbaru (singkat saja ya), beda individu beda rasa gan, dan juga pada saat dia membuka sesi pertanyaan, banyak antusias dengan presentasi nya salah satu contoh banyak para pendengar yang bertanya tentang token bucket, dan saya perhatikan beliau dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik.

3. MPLS by Bpk. Irvan Adrian K

Nah Bpk.Irvan Adrian K ini memabawakan sebuah materi yang Bejudul MPLS, pada saat mendengarkan dan melihat presentasi beliau, jujur saya enak kenapa karena jelasinnya ini dalam mode halus jadi santai tidak ngebut-ngebut, untuk cara menjelaskan nya terkesan agak ribet cuma menurut saya itu tidak penting karena selebih nya bagus menurut saya (beda individu beda rasa gan),  beliau juga menghadir kan contoh konfigurasi tetapi sayang nya terlalu singkat karena batas yang di berikan oleh pihak mum nya tinggal sedikit, Nah mpls ini sebuah teknologi yang memperingan proses routing dan bridging biasa ini bisa di tanda dengan perbandingan 20 byte dan 4 byte bila menggunakan mpls, dengan ini kerja load cpu sebuah router akan berkurang dan bisa di katakan lebih enteng, mpls ini membawa efisiensi yang bisa di bilang cukup banyak/besar, untuk presentasi beliau menurut saya bagus dehh hehehe.
Itu adalah para prapresentasi yang saya anggap mantep versi saya dari segi pembawaan materi, jenis materi, dll.




Tambahan

Jadi kesimpulan saya, event tahunan yang di selenggarakan oleh pihak mikrotik ini sangat bagus karena dengan adanya event tersebut, saya/kami khususnya pemula bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari para master yang mengshare ilmunya lewat presentasi tersebut, dan untuk para master dan juga yang udah tau dapat update tan ilmu juga dengan adanya ivent ini, jadi best dah untuk ivent yang diadakan mikrotik ini. 

Lebih lebih lagi mikrotik juga menghadir dorpress di akhir acara mantep kan, dah dapet ilmu, dapat kesempatan dapat dorpress lagi wkwkw.

Untuk yang penasaran isi mum anda bisa klik LINK MUM DAY 1 dan  LINK MUM DAY 2
Berjaga-jaga untuk menonton video tersebut anda membutuhkan kouta yang banyak karena durasi nya lebih dari 5 jam wkwkkw.

Dokumentasi

Sedikit dokumen tasi berbentuk foto yang saya ambil peroleh di mum 2016 ini, Untuk foto saya tidak ada foto yang menampilkan satu orang saja (yaitu saya), saya sendiri lebih senang foto bareng-bareng teman teman wkwkwk. ini dia sedikit cuplikan nya. 






Foto bareng om sergei

Ya sekian salah satu cerita pengalaman saya, mudah mudahan ada yang mau lihat hehehe, jempolan01.blogspot.com Bloger mantep

Terimakasih bagi anda yang berkunjung ke blog sederhana saya ini
mohon maaf bila ada yang salah dalam penulisan postingan ini.
terimakasih
sampai berjumpa di postingan selanjutnya.