Sunday, 2 October 2016

Konfigurasi Chat server openfire (UBUNTU 16.04 LTS)

ketemu lagi saya, bloger mantep, kali ini saya akan mempublis sebuah postingan baru yaitu bagaimana caranya membangun, sebuah lingkup jaringan chating, saya bisa umpamakan seperti messegger chat,line dll prinsip nya hampir sama, tetapi tahukah anda apakah proses pembuatan system chat seperti itu, nah di sini saya akan tunjukkan secara singkat, dengan menggunakan aplikasi open fire, nah openfire ini bisa anda dapatkan dengan mudah alias tersedia di intertnet secara gratis tanpa bayar.

Proses Pembuatan Server chat (tested in UBUNTU 16.04 LTS).

1. Update and upgrade system: ini bertujuan supaya linux yang anda punya fress alias menggunakan system yang terbaru, tatapi bila anda sudah melakukan update dan ugrade dalam waktu dekat ini, anda tidak menjalalankan perintah tersebut juga tidak apa apa.
jalan kan perintah : sudo apt-get update
                                sudo apt-get ugrade

2.  Lakukan penginstalan JRE/JDK, Oracle java.
Sebelum kita menginstall oracle java kita harus menghapus openjdk nya terlebih dahulu, kenapa harus di di hapus, supaya system java nya nanti tidak bentrok satu sama lain, jadi hanya satu saja yang kita pake yaitu oracle java.
Sekarang kita masukkan perintah : sudo apt-get install python-software-properties
                               sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
                               sudo apt-get update
                               sudo apt-get remove --purge openjdk*
                               sudo apt-get install oracle-java7-installer
                             
3. Install mysql database server: Nah untuk membuat data base openfire nya , kita membutuhkan sebuah software, yang berfungsi sebagai alat untuk membuat sebuah data base, untuk itu saya memilih menggunakan mysql untuk membuat server, tetapi sebelum kita lanjut ketahap selanjutnya, kita harus melakukan penginstalan mysql nya dulu caranya: ketikan perintah: sudo apt-get install mysql-server.
                             
                                Untuk pasword anda tentukan sesuai dengan ke inginan anda
                               Masukkan ulang pasword yang sudah anda buat sebelumnya

4.  Membuat database openfire
Sekarang kita buat data base untuk openfire nya, kita buat dan edit data base nya dengan menggunakan perintah:  mysql -u root -p (untuk login ke system mysql)
                        setelah itu masukkan pasword mysql yang sudah anda buat sebelumnya
                        masukkan perintah tersebut pada gambar sudah saya garis bawahi, anda bisa                 mengikuti perintah tersebut

5. Download dan Install openfire 
Pertama-tama kita masuk dulu kesebuah directory Download yang berlokasi kan /home/user (beda user beda juga namanya), kenapa saya saran kan masuk ke sebuah directory download? supaya pada saat kita mendownload aplikasi openfire, aplikasi tersebut akan tersimpan pada directory download, contoh perintah yang saya gunakan untuk berpindah directory: cd Downloads/ , lanjut ke perintah berikutnya
                           wget http://download.igniterealtime.org/openfire/openfire_4.0.3_all.deb
sudo apt-get install default-jre-headless , kenapa ini di install juga karena openfire versi 4.0.3 ini meminta agar default-jre-headless terinstall, jadi ini adalah salah satu bahan untuk menginstall openfire versi 4.0.3.
sekarang kita install aplikasi openfire yang sudah kita download tadi dengan perintah : sudo dpkg -i openfire 4.0.3 all.deb

6. Mengganti java-6-sun dengan java-7-oracle dan juga menjalan service openfire
Untuk menganti system java tersebut, kita bisa menggunakan sebuah tools replace utility, tetapi kita hrus menginstall tools itu terlebih dahulu caranya dengan menjalankan perintah: sudo apt-get install rpl, setelah itu kita eksekusi deh penggantian kedua system java tersebut.
                               sudo rpl '6-sun' 7'-oracle' /etc/init.d/openfire
                               sudo service openfire start

7. Mengijinkan beberapa Port yang di gunakan oleh Openfire.
Sekarang kita beri permision ke system firewall supaya 8 jenis port tersebut dapat di gunakan atau di akses dari client mapun server itu sendiri, anda bisa menjalan perintah yang tertera pada gambar tersebut.

Konfigure server chat Openfire by remote webfig/berbasis browser.

1. Buka browser dan akses  alamat http://ip-server:9090(port/index/index. contoh http://192.168.42.72:9090/setup/index.jsp , alamat ini di gunakan untuk melakukan setup openfire.

2. Masuk pada menu setup, saya saran kan menggunakan bahasa inggris karena lebih mudah di mengerti dari pada bahasa yang lain nya, klik continue untuk lanjut ke tahap berikutnya.

3. Sekarang kita isi Domain nya: domain ini nantinya akan di gunakan sebagai identitas server chat openfire yang kita buat, untuk port bisa anda samakan dengan saya/biarkan secara default nya, klik continue untuk lanjut ke tahap berikut nya .

4. Pilih embededded Database, kemudian klik continue.

5. Untuk profile anda bisa menggunakan opsi default, setelah itu klik continue.

6. Proses pembuatan akun administrator, anda bisa tentukan nama akun/email dan pasword nya sesuai dengan keinginan anda. setelah itu klik continue

7. Setelah proses pembuatan akun administrator  selesai, nantinya akan muncul sebuah popup, nah kita klik login to the admin console.

8. Login dengan username Admin, dan pasword yang sudah anda buat pada pengaturan akun administrator sebelumnya

9. Setelah berhasil untuk login, Klik User /Group.

10. Untuk menambahkan user baru, klik Create new user. 

11. Untuk usernam dan lain lain nya, anda bisa atur sesuai dengan keinginan anda, bila dirasa pembuatan user sudah selesai, klik create user. (user 1)

12. Sekarang kita buat user yang kedua, supaya kita dapat mengetes apakah nanti berhasil atau endak server dan chat menggunakan openfire ini. 

Verifikasi Client.  

Untuk Client saya menggunakan aplikasi spark, spark ini bisa anda dapatkan secara gratis di internet, ukuran nya sekitar 50 mb untuk versi instalasi online dan 79 mb untuk versi instlasi ofline. 

1. Buka aplikasi spark nya, setelah itu klik Advanced

2.Unceklis automatically discover host and port, kita akan gunakan opsi manual saja.

3. Sekarang kita masukkan ip server open fire yang kita buat sebelumnya, untuk port biarkan secara default, setelah itu klik ok. 
 4. Kita login ke spark menggunakan akun yang sudah anda buat pada server sebelumnya, untuk domain: anda bisa masukkan dengan menggunakan nama server anda, setelah itu klik login

5. Nah itu tanda bila akun anda sudah aktid dan sudah terhubung dengan server. 

6. Sekarang kita add kontak user lain dengan cara, pilih menu contacts setelah itu klik add contact. 

7. Masukkan alamat user name nya berserta nickname nya, setelah itu klik add. 

8. Pada akun lawan permintaan add contack harus di setujui, klik accept untuk menyetujui permintaan pertaman acount. 

9. Coba anda lakukan chat dengan masing akun apakah saling terhubung, contoh bila berhasil, hasil nya akan seperti ini, tiap akun dapat saling terhubung. 

10. Saya juga menyertakan contoh verifikasi, menggunakan aplikasi pidgin


Sekian untuk toturial kali ini, semoga dapat membantu anda
mohon maaf bila ada salah dalam penulisan postingan kali ini
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya ini
semangat gan 






Related Posts

Konfigurasi Chat server openfire (UBUNTU 16.04 LTS)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.