Kembali lagi permirsa di blog jempolan saya ini hehehe, kali ini saya akan memposting sebuah tutorial baru yaitu bertemakan tentang, konfigurasi Dhcp server pada os Centos 7, sedikit cerita awal pembuatan server sekaligus pembuatan postingan ini, ya saya mengerjakan dhcp ini menggunakan device asli gan, saya sudah 2 kali mencoba menggunakan device asli nah yang dhcp ini yang ke 2 bagi saya, saya mengerjakan dhcp ini bareng dengan teman saya maksud nya bareng adalah saya sama-sama mengerjakan projek masing-masing satu rak server tetapi server nya masing-masing berbeda heheh, Nah sebetul nya saya ingin memposting server ini nanti nanti hehehe, cuma karena temen ada yang butuh ya jadi saya cepat-cepat membuat postingan tentang dhcp ini wkwkwk hehe, itu lah sekilas tetang cerita di balik pembuatan postingan kali ini.

Sekilas tentang DHCP:
Dynamic Host Configuration Protokol, protokol berbasis ip/plus juga server, dhcp ini adalah sebuah fitur/protokol yang sangat berguna untuk admin server, orang networking,dan orang-orang yang begelut didunia IT --- kenapa sangat berguna? karena dengan ini orang-orang tersebut akan terbantu pekerjaan nya karena mereka tidak usah lagi memasukkan alamat ip secara manual ke masing-masing perangkat yang ada, dengan ini pemasukkan alamat ip kesebuah client+server+dll akan menjadi otomatis dan juga dapat menghemat waktu,biaya, dan juga pastinya tenaga, dhcp ini menggunakan port default 445 tetapi, biasanya pada centos sebuah port default didalam protokol dapat di ubah dengan menambahkan ektra perintah di dalam system protokol tersebut, dhcp ini di kembangkan atau mulai di ciptakan pada tahun 1993.

Untuk topologi saya ketinggalan bikin karena sudah kg sabar nyoba real device nya wkwkwkwk "goroh goroh" wkwkw. 

Server

1. Pertama sebelum mengkonfig dhcp, kita membutuhkan alat/aplikasi untuk membuat sebuah dhcp server (sebut saja begitu biar mudah di ingat) bagaimana install dhcp, caranya gimana ini ? anda bisa menggunakan perintah tersebut untuk mengingstall nya " yum install dhcp -y ".

2. Setelah anda menginstall nya, sekarang kita lakukan konfigurasi dhcp nya, caranya dengan mengedit isi dari file/directory dhcpd.conf, yang berlokasikan pada sebuah directory /etc/dhcp/ nah cara nya " nano /etc/dhcp/dhcpd.conf " untuk nano tersebut adalah sebuah perintah/sekaligus nama aplikasi untuk mengedit sebuah directory/service, anda bisa menggunakan jenis lain nya seperti " vi , gedit dll ".

3. Setelah terbuka, nanti akan muncul setingan default dari dhcp.conf tersebut, kemudian kita tambahkan scrip/perintah tambahan nya, supaya dhcp dapat berkerja.

4. Kita tambah deh scrip/printah tersebut, untuk perintah anda dapat melihat nya, yang saya sudah kotakin tersebut adalah perintah/scrip nya, setelah itu tekan CTRl+x+y+enter untuk menyimpan konfigurasi.
Bagi anda yang ingin tahu apa makna beberapa perintah tersebut, saya akan jelaskan semampu saya dan yang saya ketaui ya:
#Global Konfigure  dan #DHCP untuk sebuah sekolah=> perintah ini digunakan sebagai penanda saja (hiasan) anda bisa menghapus nya bila anda tidak menginginkan nya.
Option domain-name "dhcp-server"; => perintah ini di gunakan untuk memberi nama dhcp kita "dhcp-server" bisa anda rubah sesuai dengan kenginan anda, tetapi biasanya nama nya akan di berikan seperti ini.
Default-lease-time 600; => ( penjelasan perintah ini saya agak kurang paham jadi mohon di maklumi kalo salah) perintah ini adalah sebuah kecepatan default sebuah server memberikan dhcp ke pada sebuah device yang ada.
max-lease-time 7200; => ( penjelasan perintah ini saya agak kurang paham jadi mohon di maklumi kalo salah) perintah ini pada intiny sama seperti sebelum nya tetapi adalah setingan maksimum kecepatan server memberikan dhcp kepada client.
log-facility local7; => ( penjelasan perintah ini saya agak kurang paham jadi mohon di maklumi kalo salah) untuk menentukan range dhcp yang anda seting local berarti dhcp yang anda seting bersifat lokal saja. 
subnet 172.16.11.0 netmask 255.255.255.0 => perintah ini maksud nya tipe network apakah yang akan anda berikan kepada sebuah client.
range 172.16.11.172 172.16.11.180; => berapakah range address dhcp yang akan anda kasih pada client atau perangkat lain nya, contoh saya berikan range dhcp dari address 172 sampai 180.
option routers 172.16.11.1; => gateway network mana yang anda tuju/ anda berikan pada pengaturan dhcp, seuaikan dengan jaringan yang anda miliki
option domai-name-server 172.16.11.1, 8.8.8.8; => perintah ini di gunakan untuk menentukan address dns mana yang anda gunakan. 
{ dan } => sebagai tanda di mulai nya  dan di akhirinya sebuah perintah/scrip.

Nah untuk yang ada tulisan khusun nya ( penjelasan perintah ini saya agak kurang paham jadi mohon di maklumi kalo salah), itu saya akan update lain waktu sengiring dengan ilmu yang saya sudah dapatkan dan update. 

5. Setelah itu kita jalan service dhcp nya dengan cara, menjalankan perintah tersebut, cara nya ada pada gambar di bawah itu loh, kalo ada tulisan eror/failed itu tandanya ada masalah di konfigurasi/ masalah yang terjadi pada system internal centos anda.

6. Berikut nya kita tambahkah scrip ini supaya, pada saat di restar service system dhcp nya, dhcp tersebut akan menyala lagi secara otomatis.

Client

Setelah kita konfig, sekarang kita cek masing pc target yang di jadikan sebagai bahan verifikasi DHCP server ini, lihat apakah address/ sumber dhcp server mengarah ke server dhcp yang sudah kita buat,, mari anda lihat dan saya lihat bersama-sama sekaligus masing-masing . 

1. LINUX. coba anda lihat di Connection information, cek apakah address yang anda gunakan sesuai dengan apa yang sudah anda seting di dhcp server anda, contoh saya menggunakan secodary dns google yaitu 8.8.8.8 nantinya diclient yang di seting automatic(dhcp) address nya otomatis bila mendapatkan dhcp akan mengikuti dns yang sudah di berikan oleh server.

2. Windows , di windows untuk verifikasi lebih gampang lagi karena di network connection details sudah hampir lengkap terpampang info dari jaringan yang anda gunakan sekarang, lihat apakah address nya sudah sesuai dengan apa yang sudah anda konfig di dhcp server, apakah dapat dhcp? (pengaturan pendapatan address harus automatik/dhcp ya "jangan lupa"), contoh bila berhasil dhcp server akan mengarah ke server dhcp yang anda bikin, beserta dengan teman teman nya.
Sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan postingan kali ini.

saya ucapkan terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya ini.

terimakasih khusus bagi teman dan kawan yang sudah mendukung saya untuk meluncurkan postingan kali ini.

semangat gan.