Ketemu dengan saya yaitu jempolan, sekarang saya akan membuat sebuah materi yang berjudul ssh server limit user access, ssh ini adalah jenis protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi yang aman, beberapa fendor os mengadopsi ssh ini sebagai media untuk meremote os tersebut secara jarak jauh, tak terkecuali linux, linux pun mengadopsi fitur ssh yang di gunakan untuk meremote server secara jarak jauh, berbeda dengan telnet, ssh ini membawa beberapa kelebihan dan perbaikan bila di bandingkan dengan telnet.

Sekilas tentang ssh ini: 
SSH (Scure Shell) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi yang banyak di gunakan untuk mengaman kan jaringan supaya lebih aman, proses enkripsi yang cukup rumit membuat ssh ini banyak di pilih, ssh ini dirancang/ atau di buat sebagai pengganti telnet "kenapa telnet, kok di ganti ? " karena pada telnet ini sebuah packet data yang terkirim tidak terenkripsi dengan baik (tidak di bungkus/di jaga dengan baik) jadinya semua packet yang di kirim dapat dengan mudah di ketahui untuk lebih jelasnya anda bisa lihat bagaiman kekurangan telnet itu sediri dari segi kemanan (Link), untuk sejarah singkatnya : ssh di cetus atau mulai di buat pada tahun 1995 oleh Tatu Ylönen, dan dirilies pada bulan juli 1995, ssh ini menggunakan port standart 22.

Login Banner pada ssh: 
Sebuah notif yang muncul pada saat kita meremote sebuah server centos/linux lainnya secara jarak jauh, biasanya login banner ini di buat supaya admin administrator dapat mengetahui persis server yang ia remote dengan cara melihat peringatan yang di munculkan oleh banner, dan tambahan (untuk ini ilmu saya masih kurang, cuma ini bisa menjadi tambahan ilmu bagi anda) pesan yang ditampilkan pada banner linux di dedikasikan oleh sysadmin untuk penyusup yang ingin melakukan serangan, sehingga penyusup akan kesulitan untuk mengetahui sandi atau pasword pada server yang menjadi tergetnya. 

Tutorial sebelum nya (sejenis):
1. Untuk membuat sebuah Banner, kita membutuh sebuah file yang berisikan banner yang kita buat, cara membuat dan mengedit nya kita bisa menggunakan perintah, nano /etc/bannersaya, untuk lokasi bisa anda atur sesuai keinginan anda, tetapi bagi anda yang baru coba-coba saya saran kan ikuti dulu seperti yang ada, nanti bila berhasil anda bisa memahami hal tersebut secara pelan pelan.

2. Setelah itu kita isikan kata-kata singkat, kata-kata singkat tersebut lah yang natinya, sebagai banner yang keluar pada saat kita meremote server dan login ke server.

3. Sekarang kita edit sshd_config nya yang berada pada directory /etc/ssh/, ketikan perintah yang ada pada gambar di bawah ini.

4. Nah element ini lah, yang nanti kita akan edit/rubah.

5. Di bawah banner none kita tambahkan perintah/syntak Banner /etc/bannersaya(sesuaikan dengan lokasi banner yang anda buat sebelumnya). Ctrl+x--> y--> enter untuk menyimpan kofigurasi.

6. Sekarang kita manage service sshd untuk merestart system nya, supaya konfigurasi yang kita lakukan sebelumnya dapat berjalan dan diterapkan, ketikan perintah tersebut.

7. Kita test yuk wkwk, Coba remote server anda menggunakan ssh dan lihat sewaktu anda login ada kata tambahan tidak(ini akan muncul bila berhasil), Contoh: kata SELAMAT DATANG SAHABAT BLOGER itulah tampilan banner yang di maksud.

Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi anda
mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan postingan kali ini
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung blog sederhana ini
semangat gan wkwkw
untu tahap selanjutnya anda bisa mengklik Link ini, untuk tahap berikutnya saya menggunakan port default/standart port 22.