Ya bertemu kembali lagi dengan masjempola/adit.r di bloger mantep, sekarang saya akan menghadirkan sebuah tutorial, tutorial ini adalah lanjutan tutorial sebelum nya, bagi anda yang ingin melihat postingan sebelum nya anda bisa klik LINKINI, Untuk membuat sebuah Data Base Server anda bisa menggunakan aplikasi MYSQL ini kenapa? mysql ini multi platform alias cocok di pasang di berbagai system operasi, dan yang paling penting gratis ehhehe, jadi bagi anda yang ingin mencoba-coba untuk berlajar mysql ini bisa jadi salah satu pilihan anda, selain mysql ada beberapa aplikasi lain nya seperti: Microsoft SQL Server,DBASE,MS.ACCESS,Oracle,Postgre dll.

Sekilas Tentang Data Base Server:
Data Base sebuah program sekaligus vitur yang menyediakan layanan data untuk sambungan komputer lain nya, dengan di buatkan sebuah data base, kita bisa melakukan penyimpanan data yang dapat di lakukan dalam satu lokasi, dan juga dari segi kemanan data juga lebih aman karena data base server mempunyai motode metode keamanan yang lebih canggih dari komputer biasa. 

Untuk Keseluruhan aplikasi dan alat pendukung, bisa anda lihat postingan saya sebelum nya LINKINI
  
1. Open mysql command line client nya, setelah itu masukkan password yang sudah anda buat pada tahap sebelum nya.

2. Setelah login, Buat sebuah data base baru , untuk nama data base nya bisa anda tentukan sesuai dengan keinginan anda jadi bebas, setelah membuat data base nya lakukan pengecekan apakah data base yang anda buat sudah terbentuk atau belum.

3. Sekarang kita gunakan data base yang sudah anda buat, setelah itu Buatlah sebuah table yang bernama biodata+nama anda, perintah no mediumint not null auto increment berguna untuk megurutkan system numberik/numerik, jadi nanti biodata yang kita bikin akan berurutan sesuai nomor nya, Setelah itu lakukan pengecekan kembali. 

4. Setelah itu kita isi table yang sudah kita buat dengan biodata kita (contoh), gunakan perintah tersebut untuk memasukkan data ke table yang anda buat,
Penjelasan singkat beberapa perintah;
insert into BiodataAditiyaRamadhan (no,datadiri,keterangandiri) values = kita akan mamasukkan sebuah data ke BiodataAditiyaRamadhan nah bagan table nya ada no,datadiri,keterangandiri) isi dari bagan table nya adalah.
('1','Nama','AditiyaRamadhan'), sd 19 atau lebih : nah ini di gunakan untuk mengisi bagan table yang ada, pengisian ini bisa anda atur sesuka hati anda. 
Untuk mengakhiri pemasukkan data anda bisa menggunakan perintah ini-> ; sesudah-> '), .
 5. Setelah melakukan pemasukkan data, lakukan pengecekan/verifikasi apakah database biodata yang anda bikin sudah terbentuk, anda bisa menggunakan perintah select * from (nama table/datanya).
Yey alhadulillah bisa. 

Ya sekian dari saya , untuk postingan kali ini, semoga dapat membantu anda.
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya
mohon maaf bila masih banyak keterbatasan sewaktu menulis postingan ini, dari mulai metode penulisan dan lain-lain.
terimakasih semuanya.