Ya bertemu kembali lagi dengan masjempola/adit.r di bloger mantep, sekarang saya akan menghadirkan sebuah tutorial baru yaitu membuat/konfigure data base server di windows server 2012 r2 menggunakan aplikasi mysql, Untuk membuat sebuah Data Base Server anda bisa menggunakan aplikasi MYSQL ini kenapa? mysql ini multi platform alias cocok di pasang di berbagai system operasi, dan yang paling penting gratis ehhehe, jadi bagi anda yang ingin mencoba-coba untuk berlajar mysql ini bisa jadi salah satu pilihan anda, selain mysql ada beberapa aplikasi lain nya seperti: Microsoft SQL Server,DBASE,MS.ACCESS,Oracle,Postgre dll.

Sekilas Tentang Data Base Server:
Data Base sebuah program sekaligus vitur yang menyediakan layanan data untuk sambungan komputer lain nya, dengan di buatkan sebuah data base, kita bisa melakukan penyimpanan data yang dapat di lakukan dalam satu lokasi, dan juga dari segi kemanan data juga lebih aman karena data base server mempunyai motode metode keamanan yang lebih canggih dari komputer biasa. 

Alat Sekaligus Aplikasi pendukung Lain nya: 
#.Virtual Box (untuk virtualisasi).
#.System operasi windows server 2012 r2.
#.MYSQL sofware (saya menggunakan versi 5.7.16.0).
#.Microsoft Visual c++ 2005-2008-2010-2012-2013-2015, kok banyak banget , karena terkadang sebuah software berjenis windows membutuhkan sebuah dll yang saling berkaitan, alias tidak bisa hanya menginstall mv c++ terbaru untuk memenuhi persyaratan dll untuk menjalankan sebuah aplikasi, jadi dll yang terdahulu masih di perlukan, makanya saya install versi c++ nya hampir lengkap dan saya sarankan anda untuk menginstall nya juga supaya pada saat meginstall aplikasi yang membutuhkan dll tertentu, anda tidak repot lagi mencarinya.
#.Kondisi Khusus : Windows server saya terkoneksi Ke internet.
#.INTERNET UNTUK MENDOWNLOAD APLIKASI.

Instalasi MSQL

1. Sebelum melakukan instalasi anda harus punya dulu software nya, anda bisa download mysql nya di LINKINI anda bisa memilih tipe instalasi, ada yang ofline dan juga ada yang online, anda bisa pilih sesuai dengan  kebutuhan anda, untuk tipe penginstalan ofline, memiliki ukuran kurang/lebih 390mb an nah jadi siapkan kouta anda ya  hehehe.

2. Setelah anda mendownload instaler nya, Sekarang kita duble klik instaler nya dan memulai proses instalasi nya.

3. Setelah itu akan muncul sebuah banner logo Pada saat Memulai proses instalasi.

4. Setelah itu masuk pada tahap persetujuan license gareement, ceklis i accept the license terms dan klik next untuk lanjut ketahap berikutnya.

5. Masuk pada tahap Setup Type, di sini terdapat berbagai macam tipe penginstalan mysql yang akan di jalankan, saya memilih tipe costum karena saya ingin mengmilih mana-mana fitur yang ingin di instal dan fitur yang tidak ingin di install, setelah itu klik next.

6. Untuk memilih fitur manakah yang ingin di install anda cukup memilih fitur tersebut dan klik tanda ->, untuk cara lengkap nya anda bisa melihat cara nya pada gambar di bawah ini.

7. INI adalah contoh fitur-fitur mysql yang saya ingin install, cara memilih fitur nya sama seperti tahap sebelum nya, untuk urusan fitur anda bisa samakan seperti saya, tetapi bila anda lebih tau dan paham akan fitur tersebut dan memilih fitur lain nya itu juga di bebaskan.

8. Nah sekarang kita masuk ketahap instalasi, anda bisa lihat pada gambar yang tertera, itulah fitur-fitur yang siapa untuk di install, untuk waktu penginstalan anda jangan kawatir karena proses nya tidak terlalu lama waktu yang di butuhkan sekitar 1 menit, klik execute untuk memulai intalasi fitur.

9. Setelah selesai instlasi pastikan semua status packet terinstall dengan baik (di tandai dengan tanda ceklis berwarna hijau), bila dirasa sudah complete semua, klik next untuk melanjutkan.

10. Nah setelah Menginstall beberapa fitur, sekarang kita masuk pada tahap produk/fitur configuration, ada beberapa fitur yang membutuhkan konfigure khusus seperti pasword, penginstalan aplikasi pendukung dll, klik next untuk masuk ke tahap konfigurasi produk/fitur.

11. Untuk config type saya menggunakan jenis dedicated machine, untuk port number saya mengguanakan konfigurasi default, Setelah klik next untuk lanjut ketahap berikut nya.

12. Nah Sekarang kita buat deh password Mysql nya, untuk pasword anda dapat bebas menentukan jenis pasword nya.

13. Sekarang kita buat user barunya, dengan cara klik add user--> masukkan nama user name dan lain-lain nya, untuk contoh tampilan nya anda bisa melihat gambar di bawah ini, setelah sudah di isi semua, klik ok untuk menyelesaikan pembuatan user.

14. Setelah sudah di buat user nya, nanti akan muncul sebuah daftar user yang baru anda buat contoh nya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

15. Untuk tahap ini, saya sarankan menggunakan konfigurasi default, karena secara default setingan yang di gunakan sudah cukup memadai.

16. Setelah itu kita enable plugin x protkol/Mysql nya, untuk port number saya menggunakan port standar bawaan system, untuk open firewall port for network access sebaik nya di aktifkan, supaya port tersebut dapat dijinkan untuk menjalankan akses nya.

17. Nah sekarang kita terapkan/memasang konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya, klik execute untuk memulai pemasangan konfigurasi.

18. Setelah proses pemasangan selesai, pastikan hasil pemasangan nya benar semua dan berjalan dengan baik (ditandai dengan tanda ceklis hijau), setelah itu klik finish untuk lanjut ketahap berikutnya.

19. Nah proses konfigurasi mysql server 5.7.16 sudah sudah selesai, nah untuk fitur/produk konfigure samples and examples... akan di lanjutkan setelah anda mengklik icon next.

20. Untuk user isikan root dan pasword nya bisa anda samakan dengan pasword yang anda buat sebelumnya, setelah itu klik check pastikan status yang muncul Connection successful, setelah itu klik next .

21. Nah sekarang kita terapkan/memasang konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya, klik execute untuk memulai pemasangan konfigurasi.

22. Setelah proses pemasangan selesai, pastikan hasil pemasangan nya benar semua dan berjalan dengan baik (ditandai dengan tanda ceklis hijau), setelah itu klik finish untuk lanjut ketahap berikutnya.

23. Nah semua product configuration sudah selesai, pastikan status nya complete karena bila tidak, bisa saja nanti pada saat di gunakan akan menimbulkan efek eror dll, setelah itu klik next untuk melanjutkan.

24. Nah kita sudah sampai di penghujung tahap penginstalan, untuk start mtsql .... after setup bisa anda atur sesuka hati, klik finish untuk mengakhiri proses instalasi.

Tahap pengujian.

1. Pertama kita cari msql command line client nya, setelah itu kita buka command line msql nya.

2. Masukkan password login yang sudah anda buat sebelumnya.

3. ketikan perintah show databases; untuk melihat data base yang ada.

4. Ketikan create database (nama databasenya), perintah tersebut berfungsi untuk menambah data base yang ada, setelah membuat data base baru nya, kita cek apakah data base yang kita buat sudah terbentuk, anda bisa menggunakan show databases; untuk melihat data base yang ada.

5. Ketikan perintah use (nama database nya) , berfungsi sebagai: menggunakan atau memakai data base yang sudah kita buat sebelum nya di rubah konfigure nya atau yang lain nya, setelah itu kita coba buat tabel pada data base yang sudah kita buat dengan perintah yang tertera pada gambar di bawah ini

6. Setelah itu ketikan perintah show tables; Berguna untuk melakukan pengecekan pada table yang sudah anda buat.

7. Setelah table kita descripsikan table biodata yang sudah anda buat sebelum nya.

8. Untuk menambahkan daftar field anda bisa menggunakan perintah alter table (nama table yang kalian bikin), setelah itu add (nama fieldnya) varchar(15) after kelas; maksud nya after field ini akan di posisikan setelah field kelas, setelah itu lakukan pengecekan lagi dengan perintah desc (nama table nya); dan cek apakah field yang anda buat tadi sudah terbentuk?.

9. Bila anda ingin menghapus salah satu field anda bisa menggunakan perintah alter table (nama table yang anda buat) drop (nama field nya), dan lakukan pengecekan kembali.

10. Setelah itu kita coba masukkan sebuah data kedalam table yang sudah kita buat, untuk perintah nya anda bisa gunakan perintah yang tertera pada gambar.
Maksud beberapa perintah tersebut:
insert into biodatajempolan: maksud nya kita masukkan data kita ke tambel/data base yang kita buat.
(no,name,kelas) : bagan bagan dalam data nya 
value: maksud nya mau di isi apa bagan nya.
('1','AditiyaRamadhan','TKJA'); : maksud nya data ini lah yang mengisi tiga bagan tersebut.
setelah itu anda lakukan pengecekan kembali apakah data yang anda masukkan dalam table sudah terbentuk, dengan perintah : select * from (nama tablenya);

11. Bila ingin Manambah data pada tabel tersebut, anda bisa menggunakan perintah tersebut, dan setelah itu jangan lupa lakukan pengecekan kembali.

Akhir Selesai juga hehe alhamdullillah
Sekian tutorial yang saya buat, terimakasih bagi sahabat bloger lain nya.
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya.
mahon maaf bila ada yang salah dalam proses pembuatan postingan kali ini.
terimakasih semuanya.