Kembali di jempolan bloger wkwkw, kali ini saya akan memposting sebuah materi yaitu berjudul Konfigure FTP Server windows server 2012 bagian2, pada bagian kedua ini adalah lanjutan dari bagian pertama linkbagian1, di sini agak sedikit berbeda, tidak sembarang user yang bisa mengakses ftp yang kita buat, di karenakan untuk akses ftp pada kali ini harus login terlebih dahulu menggunakan user dan pasword yang sudah kita buat sebelum nya jadi lebih scure, tetapi untuk SSL nya tetap saya tidak gunakan, dan juga saya menggunakan domain berbeda yang tadi nya ftp.aditiya.r.com menjadi, ftp.jempolan.net.
Sekilas tentang FTP: 
Jenis file transfer FTP ini adalah jenis protokol terdahulu yang masih populer hingga saat ini, kenapa masih populer? di karenakan untuk membuat sebuah server ftp ini proses nya cukup mudah dan tidak berbelit belit, Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP, FTP sendiri menggunakan port standar 21, protokol yang di gunakan ftp untuk saling bertukar data adalah protokol Transmission Control Protocol (TCP), Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan pada tahun 1970-an pada saat dia berkerja di Arpanet pada waktu itu. untuk ftp sejarah yang tersedia di internet agak sedikit, jadi bila anda ingin mengetahui tentang apa itu ftp dan sejarah nya sampai mendetil membutuhkan ekstra waktu lagi untuk mencari itu semua, Bukan (mentaku takuti- tapi nyatanya agak sedikit apalagi sampai rinci sekali tentang ftp).

Apa saja yang di butuhkan :
Dns dan juga Active directory domain service.
IIS Web server dan Ftp server.
Os windows 10 untuk client (untuk client bisa anda ganti sesuka hati).
Os windows server 2012 r2 bertindak sebagi server ftp.
Cemilan ciki, kueh dll bila anda lapaaar.


Nah ini lah address server yang saya gunakan untuk praktek, membuat FTP server pada kali ini, untuk DNS saya menggunakan ip address server itu sendiri dengan di wakili loopback


Nah untuk ftp aunthentication kita aktifkan kedua nya, kenapa dua duanya di aktifkan, yang kesatu itu adalah bekas konfigurasi saya pada bagian1, nah yang basic itu adalah authentication yang kita gunakan pada saat ini, anda bisa meng enabled salah satunya contoh sekarang kita membutuhkan  basic authentication jadi anda bisa mengenable basic nya saja, tetapi kalau dua duanya juga boleh.



Server.

1. Untuk domain saya sudah membuat nya dan domain ini sudah lama di buat cuma untuk bagian1 saya tidak gunakan domain ini, nah saya juga sudah membuat sub domain dengan nama ftp.jempolan.net. untuk membuat domain dan sub domain+cara install anda bisa lihat di sini

2. Nah sekarang kita buat File untuk di share nanti pada Ftp server, contoh nama file yang saya buat yaitu FTP.

3. Sekarang kita buka lagi (Internet Information Services (iss) manager) setelah itu klik kanan pada sites dan "Add FTP Sites" untuk membuat sites FTP yang Baru.

4. Nah sudah masuk pada menu Add FTP Site, kita masukkan FTP Sites yang baru contoh , saya menggunakan nama sub domain yang sudah saya buat tadi, setelah itu Physical path mengarah ke file yang sudah di buat sebelumnya dan ingin kita sharing pada Ftp server , yaitu  bernama FTP, setelah itu klik next.

5. Untuk Binding IP address mengarah ke ip yang kita gunakan, setelah itu port yang di gunakan, yaitu port standar ftp yaitu port 21, Nah ceklist Start FTP site Automatically ini berguna supaya si FTP sever ini berjalan/menyala secara Otomatis ketika windows server ini baru menyala atau sesudah restart, Bagi anda yang tau apa itu ssl mungkin sebagian ada yang bertanya tanya mengapa di matikan system keamanan data tersebut? untuk saat ini tidak di perlukan ssl untuk ftp server kali ini (alasan classic nya seperti itu), setelah itu klik next.

6. Nah kita pilih basic authentication, itu berguna supaya nanti pas user ingin akses sebuah ftp nantiny akan muncul authentication login, allow access to nya kita pilih specified user, dan user nya saya buat jempolanftp, setelah itu permision nya saya gunakan read anda write, permission itu kita gunakan supaya user yang mengakses ftp dapat medownload dan menambahkan file ke dalam ftp nya.

7. Nah setelah selesai membuat site ftp nya, nantinya sites tersebut akan muncul.

8. Sekarang kita buka menu tools dan pilih Active Directory Users and Computers.

9. kita buat user baru dan juga pasword nya, user ini digunakan untuk login ke ftp nantinya, cara nya klik kanan user--> pilih new--> klik user .

10. untuk first name dan user logon name, kita samakan saja dengan nama specified user yang sudah kita buat di sites contoh jempolanftp, setelah itu kita klik next untuk melanjutkan.

11. sekarang kita beri pasword usernya, untuk pemberikan pasword bisa anda atur sesuaikan dengan keinginan anda ya.

12. ini adalah sebuah notif bahwa user yang kita buat sudah terbuat, klik finish untuk mengakhirinya.
13. nah nanti di Active Directory User and Computers akan muncul sebuah user baru yang bernama jempolanftp.


Client.

1. Pada client.  kita seting IP, Gateway (bila perlu), Dan juga DNS (yang mengarah ke IP Server)
setelah itu kita klik ok.

2. Nah kita buka ftp nya/kita akses ftp nya dengan cara ftp://nama address/ nama domain, dikarenakan kita menggunakan basic aunthentication, nanti nya kita akan dihadap kan dengan tampilan login untuk mengakses ftp server tersebut, masukkan username dan juga pasword nya sesuai dengan user yang sudah anda buat sebelumnya, dan klik log on.
3. cek apakah berhasil, contoh bila anda berhasil login ke ftp server.

4.Nah kita coba akses ftp dengan cmd Windows dengan cara (ftp nama domain ftpnya/ ip nya), setelah itu login dengan user dan pasword  yang sudah  kita buat sebelunya , untuk mengecek apakah ini ftp benar yang telah kita buat, kita cek aja folder nya apa aja yang ada di situ dengan perintah (dir), nah lihat dan apakah file nya di kenali sesuai dengan yang anda buat?.

5. Di cmd Windows anda juga dapat menambahkan file ke ftp dengan cara (mkdir "nama file yang ingin dibuat") contoh saya membuat file baru yang bernama BLOGERGGGGGG, setelah anda membuat folder baru, anda cek lagi apakah folder tersebut sudah terdafatar atau terbentuk?.

6. Setelah mengakses ftp dengan cmd, sekarang saya akan mencoba akses ftp dengan browser dan hasil nya bisa gan.

7. setelah sebelumnya kita memakai cmd, file eksplore dan browser, sekarang kita coba memakai salah satu aplikasi untuk mengakses ftp yaitu filezilla, filezilla ini bisa di bilang opensource atau gratis tersedia bagi linux maupun windows, untuk install nya juga mudah kok gan kg ribet ribet amat wkwkw, nah kita login dengan domain/sites yang kita buat tadi/atau ip juga bisa-->user yang anda buat sebelumnya--> pasword seuai dengan yang anda buat sebelumnya--> untuk port kita gunakan port standart ftp yaitu 21--> quickconnect.

8. Nah bila tersambung nantinya pada kolom kanan terdapat file yang ada pada ftp dan pada kiri atas  adalah kumpulan pengecekan yang terjadi pada proses mengakses ftp server, apakah success kah atau gagal kah, bila ada tulisan nya  succes (istilahnya gtu) berarti berhasil konak dengan ftp server/ berhasil mengakses ftp server.

9. nah saya akan mecoba mendownload file yang ada di ftp , bila berhasil nanti akan muncul notif pengecekan, kira 2 gini kalimat nya ( file blalalalal file transfer succesfull : kira kira gitu wkwkw) anda bisa lihat notif yang jelasnya di pojok kanan atas, disitu sudah saya kotakin buat tanda.

bila anda mengalamai kegagal saya sarankan untuk anda mengecek ngecek konfigurasi anda lagi, sudah benar apa belum sudah autentik atau belum hehe.

mohon maaf bila ada salah penulisan pada postingan kali ini
terimakasih bagi anda yang sudah mampir ke blog sederhana saya