nah kembali lagi dengan saya bang jempolan di sini, berlabel turtorial sederhana, pada postingan saya yang belabel ini akan jarang saya Beri penjelaskan secara detail saya lebih menunjukkan ke hal-hal yang bersifat langsung yaitu menunjukkan sebuah ss sesuai dengan judul jadi ini berisi tutorial sederhana dan juga singkat jadi langsung saja .

Sekilas tentang wine:  Wine adalah sebuah aplikasi yang hampir seperti emulator tetapi bukan emulator, mengijinkan beberapa aplikasi windows agar/dapat berjalan pada linux, jadi cara kerja singkat aplikasi ini yaitu, membuat sebuah system virtual yang berisikan binary binary windows/api, yang nantinya virtual tersebut sebagai tempat aplikasi 2 windows yang di install pada linux, wine ini bersifat open source atau gratis anda bisa mengunduhnya dengan bebas tanpa di kenakan biaya.

upgrade wine ini relatif sensitif terkadang suka eror dan malah wine nya tidak mau terbuka, dan juga tiap system pun maka hasil nya terkadang akan berbeda, jadi untuk upgrade wine ini saya tidak menjamin pasti bisa untuk system yang anda gunakan, setidak nya cara  yang saya gunakan ini berhasil pada system yang saya gunakan. 
resiko di tanggung pembaca ya . 

Ini adalah versi wine yang saya gunakan sebelum saya upgrade.

1. Buka terminal pada linux nya, selanjutnya kita tambahkan repository eksternal 
        Sudo add-apt-repository ppa:wine/wine-builds

2. Setelah itu kita tambahkan repository yang kedua nya yaitu 
        Sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa

3. setelah kita memasukkan repository baru, kita lakukan update dengan perintah,
       sudo apt-get update

4. setelah kita mengupdate system sekarang kita jalankan perintah untuk mengupgrade wine yang kita miliki dengan cara  sudo apt-get upgrade wine1.8-amd64   setelah itu tekan (y) nanti proses upgrade akan berjalan, proses upgrade sedikit memakan waktu anda di karenakan ukuran file nya lumayan banyak 

5. setelah selesai proses upgrade nya coba lihat wine anda sekarang, apakah sudah naik versinya, bila sudah naik versinya berarti anda berhasil mengupdate wine yang anda miliki.

sekian dari saya semoga bermanfaat