Saturday, 24 September 2016

SSH server Centos7 Bagian 1

Ketemu dengan saya yaitu jempolan, sekarang saya akan membuat sebuah materi yang berjudul ssh server centos7,ssh ini adalah jenis protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi yang aman, beberapa fendor os mengadopsi ssh ini sebagai media untuk meremote os tersebut secara jarak jauh, tak terkecuali linux, linux pun mengadopsi fitur ssh ini dan di gunakan untuk meremote server secara jarak jauh, berbeda dengan telnet, ssh ini membawa beberapa kelebihan dan perbaikan bila di bandingkan dengan telnet, ingin tahu sebagian kelebihan dan perbaikan yang ada di ssh bila di bandingkan dengan telnet, nah ikuti dan baca sampai abis wkwkwk.  

Sekilas tentang ssh ini: 
SSH (Scure Shell) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi yang banyak di gunakan untuk mengaman kan jaringan supaya lebih aman, proses enkripsi yang cukup rumit membuat ssh ini banyak di pilih, ssh ini dirancang/ atau di buat sebagai pengganti telnet "kenapa telnet, kok di ganti ? " karena pada telnet ini sebuah packet data yang terkirim tidak terenkripsi dengan baik (tidak di bungkus/di jaga dengan baik) jadinya semua packet yang di kirim dapat dengan mudah di ketahui untuk lebih jelasnya anda bisa lihat bagaiman kekurangan telnet itu sediri dari segi kemanan (Link), nah ssh ini menggunakan port standar 22 cuma pada centos ini kita bisa mengganti port nya contoh menjadi 222, postingan tentang cara ganti port ssh nanti saya posting juga wkwkw, untuk sejarah singkatnya : ssh di cetus atau mulai di buat pada tahun 1995 oleh Tatu Ylönen, dan dirilies pada bulan juli 1995.

Nah sudah melihat sekilas tentang ssh kan, selanjutnya kita praktek

Secara default ssh sudah tertanam di sebuah os centos7 atau linux lain nya, tetapi bagi anda yang belum memiliki nya saya masukkan juga cara install nya (Saya praktekan pada os Centos7)

1. Nah untuk menginstal sebuah ssh kita membutuhkan sebuah perintah, perintah tersebut bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.
yum install: perintah yang di gunakan untuk menginstall sebuah aplikasi atau instalasi packet (di gunakan untuk keluarga read heat termasuk centos)
openssh-server: nama packet atau aplikasi yang ingin di instal 
-y: perintah ini di gunakan supaya pada saat instalasi, tidak meminta perijinan lagi, jadi langsung install
2. Nah setelah menginstall aplikasi ssh nya, sekarang kita cek apakah aplikasi ssh ini sudah ada atau terinstall, ketikan printahnya untuk mengecek aplikasi tersebut
Pada kotak merah kedua itu adalah contoh bila sudah terinstall ssh nya, nantinya hasil dari perintah tersebut akan seperti itu, cek apakah ssh yang barusan anda install sudah terinstall.

3. Untuk pengetahuan tambahan anda bisa melihat versi ssh yang anda gunakan sekarang, jalankan perintah tersebut dan lihat lah versi berapakah ssh yang anda gunakan.

Client 
bila sebelumnya anda sudah menginstall ssh pada server sekarang kita lakukan premotan menggunakan ssh ini .

1. linux, pada linux centos7 anda bisa menggunakan perintah tersebut untuk mengakses server jarak jauh menggunakan ssh,
ssh root: printah yang di gunakan untuk mengakses server ssh yang anda miliki plus juga dengan akun atau akses yang ingin di remote contoh saya menggunakan root.
@172.16.11.246: nah ini adalah alamat server ssh yang ingin di remote , anda bisa melihat ip server ssh anda dengan perintah ip a setelah itu lihat berapa alamat  ip yang di gunakan oleh server .
2. Masukkan pasword akun yang anda gunakan, contoh saya menggunakan akun root maka saya akan memasukkan pasword akun root milik saya, setelah itu coba cek apakah host nya akan berganti sesuai dengan ssh server yang ingin di remote, bila iya maka anda berhasil.

3. Windows, untuk windows anda bisa menggunakan aplikasi puty untuk melakukan remote ssh server menggunakan ssh, masukkan ip server nya--> masukkan port yang di gunakan (contoh saya menggunakan port standar ssh 22)--> klik open .

4. masukkan akun yang ingin anda remote(contoh saya menggunakan akun root untuk di remote)--> setelah itu masukkan pasword akun nya---> Nah bila berhasil, nanti mucul hostname serta cli dari ssh server tersebut.

5. Pembuktian bagi anda yang sudah melihat kekurangan telnet sebelumnya, mungkin anda akan seyum seyum melihat ini, ya pada ssh proses data yang di kirim tidak dapat di lihat dengan mudah, semua data di acak acak dan di enkripsi secara baik, makanya pasword login ssh nya kg keliatan wkwkwk ( ya pengen kaya telnet keliatan password nya ssh mah butuh ekstra tenaga bakal ngeliatnya), kesimpulan bahwa ssh sudah pas dan cakep dah bila di sebut sebagai pengganti telnet, di karenakan proses ekripsi ssh ini jauh lebih rumit dan lebih baik bila di bandingkan telnet(masa pake wireshark kelihatan paswordnya wkwkw <anda bisa tengok di postingan saya tentang telenet Link), jadi kesimpulan paling singkat nya adalah : ssh ini lebih aman dari pada telnet.

sekian dari saya, mohon maaf bila ada yang salah dalam penulisan postingan ini.
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana,
sampai jumpa di postingan selanjutnya Link

Related Posts

SSH server Centos7 Bagian 1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.