Kembali lagi dengan jempolan01 bloger hehe, kali ini saya hadirkan sebuah tutorial, bagaiman cara membuat server repository lokal dengan centos 7, untuk praktek nya, di karenakan saya tidak ada real device nya, saya menggunakan media virtualisasi yaitu dengan aplikasi gns3,virtual box dan juga iso centos7. 
Nah keuntungan membuat server repo lokal dengan membuat repo lokal di masing 2 pc centos?
* yang pertama, kita dapat meminimalisir waktu pengerjaan membuat sebuah repo lokal di sebuah pc, karena ada server repo lokal nya, semua client dapat mengambil repo/packet di server tersebut.
* yang kedua, kita dapat menghemat puluhan gigabyte kapasitas, masing 2 pc client, tidak usah membuat repo lokal nya sendiri.
* menghemat real device, cukup satu server repo lokal, untuk semua pc lokal yang ada, jadi hemat kan ehehe.
Tetapi pembuatan server repo lokal ini tidak cocok, apabila client nya cuma sedikit contoh cuma 1 client. untuk mengkonfigurasi repo lokal per client anda bisa lihat postingan saya sebelum nya klik link ini .

Nah sudah baca sekilas tetang kelebihan pembuatan server repo lokal nya kan, kita masuk ke tahap eksekusi.


Nah saya membuat topologi nya seperti ini (di selipkan gambar sedang hormat), saya menggunakan gns3 , untuk pengaturan ip nya bisa anda lihat di gambar tersebut, anda bisa mengikuti persis ip nya seperti itu atau anda juga bisa mengatur ip nya sesuai dengan apa yang anda ingin kan.


!!! sebelum mulai saya ingatkan !!!
gunakan tab ketika menulist sebuah perintah : ini bertujuan supaya lebih cepat, dan juga menghindari salah huruf pada penulisan perintah.
untuk melakukan pembuatan repository nya: centos anda harus wajib masuk root.
pastikan client dan server berada dalam satu jaringan

SERVER CENTOS REPO

1.Sebelum kita mengeksekusi perintah mount di centos, kita masukkan terlebih dahulu iso centos 7/bootable centos 7 nya
saya menggunakan aplikasi virtual box, sebagai media untuk praktek.

2. Kita masukkan perintah ini deh
perintah ini bermaksud supaya iso/bootable yang kita masukkan dapat terbaca atau termount oleh si centos nya.

3.Nah setelah anda/saya berhasil memaunting nya kita akan langsung masuk ke sebuah directory cd /mnt/Packages/.


4.Instalasi packet createrepo dan vsftpd.

untuk melakukan instlasi packet createrepo dan vsftpd, kita membutuhkan packet-packet lain nya, ada tiga yaitu:
rpm -ivh libxml12-python-2.9.1-5.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh deltarpm-3.6-3.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh python-deltarpm-3.6-3.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh createrepo-0.9.9-23.el7 .noarch.rpm (instalasi packet ini setelah 3 packet sebelum nya sudah terinstal)
rpm -ivh vsftpd-3.0.2-9.eI7.x86_64.rpm (instalasi packet ini setelah 3 packet sebelum nya sudah terinstal)
penjelasan :
rpm : adalah sebuah ektensi penginstalan pada suatu sistem operasi, di ibarat kan seperti deb untuk debian, ex untuk windows.
ivh : ini untuk menampilkan status pada saat kita melaksanakan perintah ini makanya ada tulisan 100% di sana dan ada juga di bawah nya itu seperti sebuah notih yang menandakan proses berhasil 100%.
libxml12-python-2.9.1-5.el7.x86_64: ini adalah identitas dari packet itu atau saya ganti pengertian supaya gampang, ini adalah sebuah nama packet nya yang ingin di install, gitu aja secara singkat nya kan gampang aja.
Nah itu adalah penjelasan nya nah setelah menginstal ya kita sebuah itu atau kita sebut sudah kita eksekusi dan lancar notif 100% persen semua yang menandakan berhasil nya:
 setelah anda melakukan proses instalasi 5 packet tersebut dan berhasil, kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

5.Pembuatan di rectory dan juga pengecekan 

Sekarang kita buat nih foldernya, nantinya folder ini akan digunakan untuk menyimpan repo lokal
setelah membuat folder repo nya, kita cek apakah folder repo nya sudah terbentuk, di karenakan saya membuat folder repo nya disebuah directory var/ftp/pub/jempolanrepo, nah kita harus berpindah dari directory /mnt/Packages ke directory root(/)-->ls--> cd /var/ftp/pub/-->ls--> cek apakah ada foldernya.
setelah di cek dengan perintah ls dan ada, kita balik lagi ya ke di rectory /mnt/Packages nya lagi, setelah sudah anda cek dan balik lagi ke directory nya, anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.


6. Untuk mengcopy semua repo yang ada pada directory /mnt/Packages/ , ketikan perintah ini
perintah ini maksud nya untuk memerintahkan supaya file yang ada mnt/Packages ini di salin atau di copy ke sebuah directory jempolanrepo, yang berada di /var/ftp/pub/.
ini akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 8 menit menggunakan media penyimpanan hdd dan 3 menit menggunakan media penyimpanan ssd, tunggu saja ya sampai proses nya selesai jangan di abort proses nya.


7. Nah setelah berhasil di copy, kita akan mengedit sekaligus membuat identitas reponya, supaya kita
dapat dengan mudah mengecek repo lokal nya berhasil/tidak di buat atau sekedar memberi namanya supaya dapat mengenali nya dengan mudah.


8. Nah sudah masuk pada vi nya kita akan mengedit isi nya, untuk memberi identitas repo lokal nya ,, sebetulnya untuk pengeditan nya ini bisa memakai nano,gedit dan juga vi, namun di karenakan cuma  ada vi jadinya saya gunaakan vi aja, ya wwkwk,,,
saya akan memberikan penjelasan sedikit sekaligus apa yang di isi nanti seterah pada anda mau ngikutin sesuai dengan ss atau mau langsung eksplore aja
[localrepo] : ini sebagai id repo nya anda bisa ganti sesuai dengan yang anda ingin kan contoh ss nya yang beda
beda kan id nya cuma untuk pertama kali saya saran kan ikutin aja dulu nah abis itu ganti ganti dah sesuai dengan yang anda inginkan.
baseurl: ini adalah di mana folder yang nanti nya di tentukan untuk menyimpan atau menjadi destinasi pemanggilan nya dari mana nanti. 
gpgcheck : ini adalah nomor urutan dari repo nya nanti nya akan kebuat ,kenapa saya tadi memberi nomor urut 0 ? di karenakan repo yang saya buat ini hanya satu jadi, otomatis nanti mau tidak mau si centos nya ini akan memilih repo lokal ini pas pingin instal, karena hanya satu repo saja, jadi intinya bila anda ingin membuat repo nya banyak, ya jangan lupa menomor urutkan gpgcheck nya, supaya rapih urutan nya.
enabled : ini berfungsi untuk menghidupkan atau mengatifkan repo nya, 1 artinya di hidupkan bila 0 tandanya tidak di hidukan. 
Untuk keluar dan menyimpan dari vi editor caranya : esc--->:wq--->anda nanti akan keluar dari vi sekaligus mengnyimpan kofigurasi nya .

9.Setelah di buat indentitas selanjutnya kita akan melakukan pengelompokkan/pembuatan suatu directory.
createrepo ini akan membuat repo lokal nya, dan menaruh nya di directory /var/ftp/pub/jempolanrepo penjelasan singkat nya kira-kira seperti itu, setelah pembuatan repo nya selesai kita lanjut ke tahap selanjutnya.

10. Ok setelah proses yang tadi selelesai coba kita lihat apakah repo yang kita buat sudah ada atau sudah di bentuk anda bisa melihatnya atau mengecek nya dengan perintah yum repolist.
 yang saya sudah lingkarin merah panjang itu, tanda repo yang kita buat, dan hasil nya sukses.

11. setelah di buat kita clear cache nya terutama yum cache nya, ketikan perintah di bawah ini.

12. setelah di bersihkan cache nya kita update supaya perubahan yang kita buat pada saat konfigurasi nanti nya akan dapat di implement tasikan dan di aktifkan nah dengan perintah ini.

13. nah setelah kita buat repo lokal nya , sekarang kita non aktifkan system firewall nya, lah kenapa di matikan? system firewalld di matikan, bertujuan supaya si client dapat mengakses server repo lokal nya dan tidak blok oleh firewall, nah client nya, dapat mengakses repo nya deh,untuk mematikan firewalld nya ketikan perintah ini.
 saya akan jelaskan apa maksud dari perintah itu dengan singkat.
systemctl : perintah ini di gunakan untuk me manage services.
stop : di gunakan untuk mematikan suatu vitur atau services atau yang lain nya, stop ini serupa dengan restart, disable,enable,start dan lain nya.
firewalld: adalah sebuah system yang ingin di manage, kalimat ini bisa di ganti sesuai dengan aplikasi apa yang ingin di manage services nya contoh telnet,network dan masih banyak yang lain nya.
14. untuk pengertikan perintah hampir sama seperti tahap 13 tetapi penggunaan nya saja yang di sesuaikan, untuk mendisable firewalld nya kita ketikan perintah ini.

15.  SELINUX
NSA Security Enhanced Linux biasa di sebut selinux, selinux ini berfungsi sebagai system proteksi os linux centos itu sendiri, hampir sama seperti firewalld tetapi, fungsi nya ini lebih menjuruh ke system policty pada centos yang berfungsi melindung centos supaya , system yang kita gunakan ini tidak di otak atik, oleh sebuah system yang lain nya.
nah apa hubungan nya dengan server repo lokal? nah hubungan nya si client ini tidak akan bisa akses repo nya bila selinux ini masih hidup, nanti si client akan terdeteksi sebagai ancaman, di karenakan pada saat si client ini meminta repo lokal, ada suatu system/data diminta bergerak/diminta oleh si client (dalam hal ini system/data nya itu repo lokal). jadi supaya si client ini dapat minta repo nya kita matikan firewalld nya dan tidak terkecuali si system policty ini yaitu selinux. 
untuk mematikan selinux kita harus mengedit system nya yang tadi nya enable menjadi disabled, dengan cara mengikuti perintah tersebut 

Nah kita ganti dah yang tadi nya enable menjadi disabled
Sudah saya tandai supaya anda dapat dengan mudah mana-mana yang di ganti supaya selinux ini mati atau tidur wwkwkw.

16. FSFTPD
pasti sebagian anda yang sudah tau dan membaca postingan ini akan bertanya, Lah kenapa menginstall ftp, kan kita tidak bikin ftp melainkan bikin server repo lokal? eits jangan salah sangka dulu.
FTP ini berfungsi sebagai media client nantinya, agar dapat melakukan sebuah update dan juga instalasi packet yang berasal, dari server repo lokal, yang kita buat tadi. cuma ini sudah terinstal di tahap 4 saya cuma ingin membahas nya wkwkwk.
nah bila tadi kita sudah install dan belum mengatifkan nya, kita aktifkan sekarang supaya si client ini dapat mengakses, melakukan instalasi packet dll ke server yang kita miliki, untuk mengatifkan ketikan perintah di bawah ini.

 setelah mengatifkan nya sekarang kita jalankan services nya, untuk pengertian perintah nya, hampir 95 persen mirip seperti tahap 13, untuk menjalankanservices nya, ketikan perintah nya seperti yang dibawah ini.



!!!nah setelah selesai pembuatan server nya kita lanjut eksekusi ke client nya!!! 
Laaaannnnjuuuuuuuuuuuuuuuuutttttttttttttttt
nooo retreat

CLIENT

1. kita bikin indentitas repo nya, caranya dengan membuat+mengedit menggunakan vi, untuk perintah nya,ada di bawah ini.


2. Isi kan identitas untuk repo nya , untuk client akan di tambahkan ip pada baseurl nya di lanjutkan lokasi repo yang kita buat pada server repo lokal nya. 
untuk keluar dan save klik esc-->:wq-->anda nati akan keluar dari vi dan meng save kofigurasi yang tadi anda lakukan.

3.  Nah lakukan pengecekan apakah repo nya ini sudah terdeteksi oleh client, ketikan yum repolist untuk mengecek ketersediaan repo yang ada dan baru di tambahkan tadi.

4. nah di sini akan terlihat bahwa repo nya ada, itu berarti pembuatan repo nya selesai dan juga mengkonekan server repo ke client juga sukses.
tetapi ada tahap lagi supaya, repo yang kita dapatkan murni menggunaan repo server lokal, yang kita buat tadi.

5. supaya client dapat repo murni dari server lokal kita lakukan ini terlebih dahulu, masuk ke cd /etc/yum.repos.d/ dan edit repo default yang ada.
nah setelah anda masuk ke direktory nya, kita akan melakukan 3 tahap perintah untuk
yaitu merubah :

CentOS-Base.repo  -------> menjadi -------> CentOS-Base.repo.backup
CentOS-Debuginfo.repo -------> menjadi -------> CentOS-Debuginfo.repo.backup
CentOS-Sources.repo --------> menjadi -------> CentOS-Sources.backup
buat apa di ubah? supaya repo yang ada diatas itu tidak aktif, jadi entar kalo di cek menggunakan yum repolist, jadi cuma ada repo lokal dari server yang kita buat, jadi repo yang sebelumnya itu, jadi tidak ada atau tidak terlihat karna di tambahkan ekstensi .backup nya.
perintah """ mv """ ini untuk merubah contoh : CentOS-Base.repo  -------> menjadi -------> CentOS-Base.repo.backup .

6. nah setelah kita tambahkan ektensi backup pada setiap repo default nya , nanti repo2 itu akan hilang tak terlihat , dan nanti nya hanya akan terlihat repo lokal dari server repo yang kita buat.


7 Nah sudah capek konfig dan ingin melihat hasil nya berfungsi atau endak repo lokal nya, coba anda install nano dan apakah nano nya terinstall, bila terinstall dan tidak menggunakan internet dan sumber repo nya mengambil dari repo lokal server repo lokal, berarti anda berhasil, bila pada saat instalasi pengambilan packet nya bukan dari repo lokal server repo lokal dan menggunakan internet dan packet data, berati anda gagal, anda harus menulusuri semua perintah, lokasi yang sudah anda ketik, sudah sesuai atau belum.


Sekian dari saya semoga para pembaca dapat mempraktekkan nya tanpa ada masalah, dan juga saya sebagai penulis mengucapkah hari kemerdekaan bangsa indonesia ke 71 tahun 2016, untuk memberi selamat hut ri kali ini, saya hanya punya editing gambar yang saya bikin sendiri ini,
hanya ini saja dan mudah mudah dapat mebawa semangat, bagi anda, gambar ini saya terbitkan ,dikarenakan pada saat saya meluncurkan postingan ini masih ada nuasa hut ri , jadi saya tampilkan saja harapan saya sebagai penulis supaya indonesia kedepan lebih baik, maju terus indonesia ku.

saya sebagai penulis memohon maaf bila ada yang salah dalam pengetikan postingan ini
terimakasih sudah berkunjung ke bloger mantep ini jempolan01.blogspot.com.
sampai ke temu di postingan selanjutnya