ketemu lagi dengan jempolann mantep eheh, kali ini saya akan memposting tentang active directory, dns server configurasi, dan login domain, nah untuk mencoba/ mempraktekan nya saya peringatkan, sediakan minum manakan, kenapa soal nya tahapan/proses nya banya/lama, jadi kalau laper tinggal ambil dan makanan yang sudah di siapkan

langsung ke tutorial

WINDOWS SERVER 2012 UNTUK SERVER
WINDOWS 10 UNTUK CLIENT
perhatian ! supaya pembuatan domain ini lancar saya saran kan anda untuk memakai ip static atau manual, tanpa terkecuali menggunaan theatering hp juga harus pakai ip static.

WINDOWS SERVER

1. Nah yang pertama yang harus anda lakukan adaalah, membuka windows server manager, server manager ini di dalam nya, terdapat berbagai macam pengaturan server yang nantinya kita akan butuhkan,klik menu manage pojok kanan atas dan pilih add roles features.



2. Setelah masuk pada menu add roles and features, nanti akan mucul opsi pertama yang bernama before your begin, di dalam menu ini membahas tetang apa apa aja yang bisa dilakukan, bisa disebut juga gambaran awal dari apa apa yang bisa di lakukan pada menu ini, setelah anda selesai mebaca ketarangan pada menu ini, anda bisa  lanjut ke tahap berikut nya(di skip juga tidak apa apa gan) .
untuk lanjut ke tahap berikut nya, kita klik next dan centang skip this page by default, supaya pada suatu saat ingin mengkonfigure server nanti tidak akan muncul opsi before your bergin menu.


3. setelah kita selelsai kan tahap sebelum nya. sekarang kita menuju menu selanjutnya, ke menu instalation type, di menu ini terdapat pemilihan tipe penginstalan, sebagai contoh saya memillih role based or features based isntalation, setelah anda memilih tipe isntalasi nya kita lanjut ke tahap selanjut nya.                  


4. Nah di tahap/menu ini kita akan, di berikan pilihan yang mana server yang kita akan konfigurasi, di karenakan saya cuma satu jadi di sana tedeteksi server nya cuma 1 juga, pilih mana server yang nanti kita akan konfigurasi, setelah itu kita lanjut ke tahap berikut nya dengan mengklik next.



5. Sekarang kita masuk menu di mana fitur yang kita butuh kan, kita pakai dan di aktifkan, yang pertama kita aktifkan: active domain server, fitur ini berfungsi sebagai kita bayangkan seperti ini, jadi si fitur ini nanti sebagai wadah tempat domain ini, dan juga mengatifkan nya supaya, si client ini bisa masuk, ke dalam domain yang telah kita bikin, ceklis untuk mengatifkan fitur tersebut.


6. Setelah mengceklis fitur tersebut nanti kita akan di bawa ke sebuah tampilan yang berisikan dan menginformasi tentang apa yang ingin di instal, dan juga persetujuan menyakinkan pengguna apakah akan menginstall aplikasi ini, nah setelah sudah tau apa yang di install kita add features, untuk memasukkan fitur tersebut.


7. Selain active directory  nya yang kita install, kita instal dns nya juga, kenapa kita install dns nya? dikarenakan dns ini lah yang nanti akan menerjemahkan sebuah alamat ip ke sebuah bahasa yang mudah di mengerti oleh kita seperti contoh : halaman web site , halaman web site itu sebetul nya ip bukan seperti www.bloger.com misal, jadi dns ini fungsi nya seperti itu, nah apa hubungan nya dengan join domain yang kita akan lakukan nah nanti selang waktu samapai hampir semua selesai anda pasti tau apa hubungan nya, ikutin aja heheh, kita ceklis dns server untuk meng add vitur tersebut. 


8. fungsi dari menu ini sama seperti yang sebelum nya, yaitu menjelaskan hal-hal apa yang berkaitan dengan aplikasi yang ingin di add, add features untuk meng add fitur dns tersebut.


9. setelah kedua fitur ini sudah kita add, nanti nya kita akan melanjutkan ke tahap instalasi, semua fitur yang kita add tadi kita lakukan instalasi terlebih dahulu supaya fitur tersebut dapat di aktifkan.
klik next untuk melanjutkan .

10. di opsi ini bisa anda langsung lewat, kenapa? di karenakan bahan nya sudah ada dan sudah siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. untuk melanjutkan kita klik next.


11. ini adalah sebuah keterangan tentang AD DS, bisa anda lewat kan ke tahap selanjutnya bila anda tidak ingin membacanya. klik next untuk melanjutkan .


12. sebuah keterang tetang dns server itu sendiri, keterangan ini bisa anda langsung anda lewatkan, bila anda tidak ingin membacanya. klik next untuk melanjutkan.


13. pada menu ini di dalam nya terdapat notif confirmasi untuk menginstall, apa apa yang sudah anda pilih sebelum nya, untuk menginstall fitur yang sudah kita pilih tadi, klik install untuk memulai instalasi.

14. kita tunggu samapai proses instalasi selesai, tidak membutuhkan waktu banyak untuk melakukan instalasi fitur yang sudah kita pilih tadi, perkiraan waktu hanya 2 menit saja untuk menginstall.

15. Setelah proses instalasi fitur selesai, kita buka iconic berlambang bender itu, namanya notification, buka notification dan klik promote this server to domain controlller.

16. nah pada menu pertama pada promote this server to domain controlller ini, anda akan di bawa pada sebuah tampilan pertama "deployment configuration",di menu ini kita akan mebuat sebuah domain yang nanti nya, client dapat masuk ke sebuah domain, untuk membuat domain baru,pilih add new forest dan isikan nama domain yang akan dibikin, bila sudah klik next

17. pada menu ini adalah proses pemberian pasword untuk Directory Service Restore Mode, isikan pasword sesuai dengan kainginan anda tetapi, anda harus memperhatikan huruf besar-kecil,symbol,angka, pada pasword yang anda buat kenapa? di karenakan windows server 2012 ini tidak bisa membuat pasword asal-asalan, jadi harus membuat pasword dengan benar.

18. nah pada tahap ini anda bisa mengskip nya, langsung next juga tidak apa apa.

19.di aditional options ini adalah pemberian nama pada netbios domain name yang anda bikin, biasanya nama ini akan mengikuti, nama dari domain yang anda bentuk sebelum nya, namanya dapat anda biarkan default, untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya klik next.

20. untuk menu yang satu ini, berfungsi sebagai pengaturan letak penyimpanan, database folder, log files folder, sysvol folder, anda bisa menentukan lokasi file itu dimana saja seterah anda, tetapi untuk coba coba anda bisa mengikuti default nya saja. klik next untuk melanjutkan.


21. pada menu review ini adalah sebuah tampilan/menu, yang berisikan semua rekapan configure yang kamu pilih, bila ada yang kurang atau lupa di konfigure di sini lah anda, bisa mengeceknya dengan mudah, umpama anda, ada yang belum atau lupa di konfigure anda bisa balik dengan, mengklik previous, dan bila anda sudah yakin akan setingan anda bisa klik next.

22. prerequisites check adalah sebuah menu yang berisikan, apa saja syarat untuk melakukan instalasi konfigure , bila sudah terpenuhi maka klik install untuk menginstall sebuah konfigurasi dan fitur yang sebelum nya anda pilih.
biasa nya setelah menginstall system akan merestart, untuk mengimplementasikan konfigurasi yang anda lakukan tadi.


23. klik menu tool untuk mengkonfigure sebuah dns .

24. untuk menambahkan host clien anda bisa lakukan ini, WIN-JMUD2NKMTNQ(setiap windows server mungkin berbeda namanya tetapi fungsi nya sama)--> forward lookup zone-->jempolan.net(nama dari domain yang anda buat)--> klik kanan pilih new host Aor AAA...


25. buat sebuah new host baru, nama bisa anda rubah sesuai dengan keinginan anda, untuk ip andress bisa anda isi sesuai dengan jaringan yang anda gunakan/ ip yang seringa anda gunakan untuk praktek coba coba, dan bila sudah klik add host.

CLIENT

1. nah untuk client saya memakai windows 10 , sebelum join domai atur dulu ip nya,ip gateway nya, sesuaikan dengan windows server 2012 nya, dan juga host ip yang anda buat tadi. klik ok.

2. buka file explorer, klik kanan "this pc"---> properties.

3. nah sudah terbuka system properties, klik change untuk memasukkan sebuah domain atau sebuah workgroup.


4. untuk pertama kali kita rubah dulu computer name nya sesuai dengan host yang kita buat tadi di windows server nya. klik oke untuk melanjutkan

5. setelah kita rubah nama computer nya, system nanti nya akan meminta merestart system yang kita gunakan. klik restart now untuk merestart system yang kita miliki.

6. nah setelah kita restart,kita buka ke menu yang sebelum nya, isikan domain nya, dengan domain yang kita buat.klik ok .

7. nah pastikan seperti ini, di karenaka bila domain yang kita masukkan tidak valid nanti nya tidak akan muncul notif login seperti ini,  masukkan username administrator dan pasword nya sesuai yang anda miliki. klik ok  untuk login.

8. nah bila berhasil tampilan nya akan seperti ini, selamat datang di jempolan.net domain. klik ok untuk melanjutkan.

9. seperti sebelum nya system nantinya akan menyuruh anda restart system yang anda miliki. klik restart now.

10. nah setelah restart cek apakah sudah masuk domain? , gambar ini adalah contoh bila client sudah masuk domain, yang anda buat tadi.