Sunday, 14 August 2016

Konfigurasi Server Telnet CentOS 7

kembali dengan jempolan bloger hehe yang muatep ini heheh, pada kali ini saya akan membuat sebuah tutorial, yang berjudulkan "konfigurasi server telnet centos 7", nah munkin para pembaca ada yang bingung apa si telnet ini, telnet adalah salah satu opsi/jenis untuk meremote sebuah server, dan alat-alat jaringan yang lain, dengan ini kita bisa mengkonfigurasi server dan alat-alat jaringan dari jarak jauh, ets tapi jangan senang dulu dengan yang namanya telnet ini ya, ada sebagian kekurangan dari telnet ini, yang sangat vatal sekali , mau tahu apa yang sangat vatal nya ? ikuti dan baca wkwkwk.

Port 23(Telnet)
Port ini membantu semua perangkat jaringan yang terdapat dalam sebuah jaringan untuk saling terhubung menggunakan protocol TelNet(Telecommunication Network), Telnet adalah sebuah protocol yang bisa digunakan untuk membuat, mengkonfig sebuah jaringan dengan cara meremote nya.
 

langsung ke tututorial nya


CENTOS 7 SERVER TELNET : IP 192.168.42.129
WINDOWS 10 CLIENT : IP 192.168.42.130
CENTOS 7 CLIENT : IP 192.168.42.131

 

 

MEMBUAT SERVER TELNET

1. Sebelum centos 7 dapat diremot dengan telnet, kita membutuh kan aplikasi untuk menjalankan server telnet, nah cara install nya dengan perintah di gambar ini
saya akan jelaskan maksud perintah tersebut :
yum install : perintah untuk menginstall aplikasi
telnet-server : jenis dari aplikasi yang ingin di install, contoh nya telnet server.
-y : perintah ini di gunakan supaya pada saat instalasi, tidak meminta perijinan lagi, jadi langsung install.

2. Nah setelah menginstall aplikasi untuk membuat server telnet nya, kita cek coba apakah aplikasi tersebut sudah ada atau sudah terinstall, ketikan perintah ini untuk mengecek
pada kolom yang sudah saya kotakin itu, adalah aplikasi untuk mebuat server telnet nya, ingat pastikan ini sudah ada ya, karena bila engga ada, gimana mau bikin server telnet kalau aplikasi/bahan bahan nya engga ada wkwkkw.

3. Setalah aplikasi telnet-server nya sudah ada, kita aktifkan sekarang, dengan perintah di gambar ini
saya akan jelaskan secara singkat apa maksud perintah nya:
systemctl : perintah ini di gunakan untuk me manage services 
start : di gunakan untuk menyalakan suatu vitur atau aplikasi atau yang lain nya, start ini serupa dengan restart, disable,enable dan lain nya 
telnet.socket :  sebuah aplikasi yang di tuju atau di maksud, ini bisa di ganti dengan aplikasi yang dimaksud lain, contoh pada kali ini untuk menghidupkan telnet.socket

4. Nah kita ijinkan nih port default dari telnet nya yaitu port 23 dengan perintah, dengan perintah di gambar ini .
saya jelaskan secara singkat perintahnya:
firewall-cmd : yang saya tau ini adalah suatu system proteksi seperti, seperti pada windows yang biasa kita gunakan, tetapi lebih ke arah spesifik (maaf kan saya hall yang spesifik ini belum begitu tau jadi lain kali saya update "masih belajar")
--permanent : ini maksud menetap terus, maksud nya apa yang dipermanent nin, ya port 23 lah yang pengen kita add supaya bisa ke akses telnet nya.
--add-port=23/tcp : ini berfungsi untuk menambahkan port di list nya , contoh pada kali ini kita menambahkan port 23 .
nah setelah tau secara singkat apa maksud dari perintah nya, nah kita lihat sehabis menjalankan perintah nya, ada tulisan seperti yang saya kotakin engga "succes" kalau ada tanda berhasil, kalau engga ya coba lagi sampai bisa wkwkwk.

 5. setelah meng add salah satu port, nah kita reload dulu supaya aktif nantinya, ketikan perintah seperti di gambar ini
seperti yang add port, bisa ada tulisan success seperti yang saya kotakin, itu tandanya berhasil.

6. ke enam ini , kita buat satu user baru sabagai, bahan login ke telnet pada nanti nya, perintah nya bisa di lihat di gambar ini ya.
untuk pembuatan user, anda bisa menamain user baru itu sesuai dengan yang ada inginkan, jadi untuk penamaan user baru bebas, sebagai contoh saya memberi nama user baru ini dengan, nama : skv1 (salah satu nama tank perang dunia 2), jangan lupa di beri pasword ya .

Nah setelah kita membuat server telnet nya, kita sekarang akan test ke client untuk login ke telnet, apakah bisa? kiiitaaa cooobaaa sekaraanggggg.

1.CLIENT WIDOWS 10 

#. Untuk bisa mengakses telnet pada windows, kita harus mengatifkan yang namanya telnet client, cara nya gimana? nah anda buka control panel---> program cara nya bisa anda lihat di gambar 
#. nah setelah anda masuk ke control panel dan memilih program, kita lanjutkan ke tahap berikutnya

#. setelah sampai di progra and feature ini, kita cara yang namany Turn windows features on or off anda bisa lihat di gambar yang saya kotakin itu, nah klik itu

#. masuk pada windows features, kita aktifkan yang namanya telnet client, setelah itu klik ok, anda bisa melihat caranya pada gambar tersebut.
setelah anda mengklik ok, nanti ada proses loading untuk pengaktifan feature tersebut, tidak terlalu lama hanya sekitar 1 menitan.

#. kita masuk windows run , dan buka cmd, caranya ? dengan menulis kata cmd pada aplikasi windows run nya, caranya anda bisa lihat digambar tersebut .


#. setelah masuk ke cmd nya windows, kita masuk nie ke telnet nya dengan perintah " telnet 192.168.42.129 " ip yang mana? ip si server telnet nya, caranya bisa anda lihat di gambar ini

#. setelah sudah berhasil masuk ke telnet nya, kita login deh menggunakan akun yang sudah kita buat sebelum nya, contoh saya login menggunakan akun : skv1

2.CLIENT CENTOS 7

bila tadi kita mengguakan client windows untuk login telnetnya, nah sekarang kita coba menggunakan client centos 7 cli nya

untuk masuk ke telnet, kita harus mempunyai aplikasi telnet nya, bagi yang belum ada cara install nya dengan perintah " yum install telnet " , setelah terinstal, kita akses coba telnet nya dengan perintah " telnet 192.168.42.129 " , nah sehabis itu login dah dengan akun baru yang kita buat tadi.
mungkin anda ada yang bertanya-tanya, kenapa engga login dengan akun root yang ada aja? kenapa pake akun biasa, di karenakan telnet ini tidak bisa langsung login keroot, itu kekurangan pertama, cuma, kelemahan ini masih bisa di tutupi dengan cara yang satu ini.


CARA SUPAYA DAPAT LOGIN ROOT DI TELNET.

Nah cara supaya bisa login dengan root, kita harus menambahkan perintah (pts/0 sd berapa yang anda butuhkan) cara untuk menambahkan nya dengan cara, seperti gambar ini .

Supaya dapat login root melalui telnet kita membutuhkan sebuah perintah yaitu pts/0  atau 1,
nah setelah di edit dan di tambahkan perintah pts/0, kita keluar dan save, dengan cara
ESC --> :wq---> enter.

nah kita lihat deh hasil nya kita bisa login menggunakan akun root atau akses root nya bisa kebuka

TEST KEAMANAN (KELEMAHAN YANG FATAL)

Untuk mengetes keamanan dari telnet ini kita bisa mengkapture laju data yang ada dengan wireshark pada gsn3 dan kita coba lihat apa yang terjadi heheh.

nah kita capture lajur data nya, dengan cara klik pada cable nya, klik kanan " pilih start capture"

pilih port yang ingin anda capture : contoh saya mengkapture port 1 pada switch
setelah itu klik ok untuk melanjutkan, nanti akan keluar aplikasi wireshark nya.

Nah di wire shark kita cari yang protokol yang menggunakan telnet, setelah ketemu, klik kanan dan pilih FOLLOW TCP STREAM.

Nah kita lihat itu adalah catatan data login telnet, dan lihat lagi sama, pasword pada saat login telnet ini terpost/ tercapture dengan baik, atau sema dengan terlihat dengan jelas .
nah itu lah, sebagian kekurangan yang fatal menggunakan telnet untuk meremote suatu server atau perangkat jaringan yang lain nya, sebaik nya jangan anda pakai, kenapa di karenakan proses enkripsi data nya tidak baik, jadi nya bisa di lihat pasword dan akun yang anda loginkan, jadi engga aman apalagi ada orang kaya saya yang tau cara mengkapture data telnet nya, wah bisa gawat kan jadi ketauan deh pasword dan akun untuk telnet server nya wkwkwk. 


Related Posts

Konfigurasi Server Telnet CentOS 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
7 October 2016 at 20:29

Bermanfaat sekali,Gan. Thanks for the tutorial :D

Reply