Kembali lagi dengan saya di bloger mantep, kali ini saya akan memposting bagaimana cara merubah tampilan windows server 2012, dari tampilan core/cli ke gui, dan juga sebaliknya merubah tampilan gui ke tampilan core/cli, fitur ini adalah salah satu fitur baru yang di sediakan pada operating system windows server 2012 yaitu dapat merubah tampilan dari gui ke cli dan sebaliknya dengan cepat tanpa install ulang.

Merubah tampilan windows server 2012 dari core/cli ->gui


tahap pertama untuk merubah tampilan windows server, dari cli ke gui, buatlah sebuah folder yang bernama mountdir,  ketikan perintah ini
dengan cara ini anda akan membuat file mountdir di data c .setelah anda membuat file bernama mountdir ini, coba anda melakukan pengecekan apakah file ini sudah terbentu atau belum.

untuk mengecek apakah file mountdir nya sudah terbentuk anda bisa,
menggunakan perintah ( cd / =untuk berpindah dari satu file ke file lain nya),      ( dir = untuk mengecek apa saja folder yang ada suatu file tertentu)
setelah anda mengecek file nya sudah terbentuk, kita lanjut ke tahap selanjutnya

ok, untuk memunculkan sebuah index yang berfungsi sebagai sebuah pilihan untuk menginstall versi gui yang mana kita memerlukan perintah ini.
dengan ini nanti nya akan muncul sebuah index.

index ini adalah jenis-jenis versi tampilan pada windows server 2012 ini, anda bisa memilih, versi mana yang di instal.
pilih index yang sesuai dengan versi yang anda miliki seperti contoh, kalau anda menggunakan versi standart windows server 2012 core, dan anda ingin merubah nya ke tampilan gui, anda harus menyamakan versinya, tetapi yang berisi tampilan gui nya.

setelah anda melihat isi index tersebut, bila anda ingin merubah tampilan windows server 2012 standar, maka anda harus memilih index yang kedua,ketikan perintah ini .
setelah anda menjalankan perintah tersebut dan tidak ada kendala, maka kita siap melanjutkan ke tahap berikutnya.

untuk masuk mode power shell ketikan perintah ini
setelah masuk pada mode power shell, kita akan melanjutkan ke tahap penginstalan gui dari windows server tersebut.

untuk meinstal tampilan gui pada windows server 2012 standart, masukkan perintah ini

setelah anda memasukkan perintah tersebut, anda harus menunggu proses penginstalan/ proses perubahan gui ke cli
tunggulan beberapa saat sampai proses penginstalan tampilan gui ini selesai sampai 100%

setelah proses yang sebelumnya nya selesai dan berhasil 100% nanti nya windows server tersebut, akan restart otomatis dan akan mengupdate windows server nya
tunggu sampai proses update ini selesai, setelah itu anda akan di bawa ke tampilan gui milik windows


tekan ctrl+alt+delete untuk login/ masuk ke windows server
 setelah menekan tombol tersebut anda nanti nya akan di minta memasukkan pasword akun administrator, nah tunggu sejenak, windows server berubah tampilan nya menjadi gui
nah merubah tampilan windows server dari core ke gui berhasil .



Merubah tampilan windows server 2012 dari gui -> core/cli

Nah setelah tadi kita membuat perubahan tampilan windows server 2012 dari core -> gui, sekarang kita akan merubah tampilan windows server 2012 gui -> core/cli, untuk perbuahan yang satu ini akan terasa lebih mudah dari yang sebelum nya, di karenakan untuk yang satu ini semua langkah-langkahnya hampir 100% persen gui tidak berbasis teks lagi, lebih mudah di hapal dan mudah untuk di ikuti 

Pada tahap pertama, buka menu server manager saya tandai dengan kotak merah, setelah itu


pilih manage menu yang berada, pojok kiri atas setelah itu pilih remove roles and features


Nah setelah kita masuk di dalam opsi remove roles and features, pertama kita akan memasuki menu before you begin, didalam ini berisi tentang apa-apa saja yang bisa anda lakukan di sini (anggap lah ini hanyalah sebuah peta konsep dari sebuah menu remove roles and features), anda bisa langsung melewati nya, bila anda menganggap sudah tau akan hal ini atau tidak memperdulikan nya, klik next untuk melanjutkannya.


Selanjutnya kita akan masuk ke menu server selection, di dalam menu ini anda bisa menentukan mana server yang ingin di kofigurasi, bila anda hanya memiliki satu anda tidak usah memilih mana server yang ingin di konfigure, karenakan operating system akan otomatis memilih server tersebut untuk di kofigurasi nantinya,
setelah anda memilih mana sever yang akan di kofigurasi (bila lebih dari satu), anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya dengan mengklik next.


Tahap ini berisi tentang, peran server tersebut di karenakan sistem opeasi windows server nya ini belum konfigure lebih dalam lagi jadinya hanya sedikit, yang sudah aktif di sana
anda bisa mematikan salah satu peran server tersebut dengan mudah, dengan cara meng uncentang kotak tersebut, untuk tahap ini lewat kan saja di karenakan bukan fitur ini yang akan kita akan hapus
lanjut ketahap berikutnya dengan meng klik next.


Nah pada menu feature ini lah, terdapat sebuah fitur yang membuat windows server menjadi gui, kita harus menonak aktif kan fitur ini, supaya kita bisa berpindah dari tampilan gui ke core/cli, uncentang User Interfaces and infrastructure (untuk menghilangkan tampilan gui nya) tahap 1.
Setelah uncentang fitur tersebut nantinya akan muncul sebuah windows baru lagi.


Untuk menghapus gui tahap 2 ini, anda harus menghapus sebuah feature Windows Power IISE, dan juga centang remove management tools.


Setelah anda menghapus windows power shell IISE ini, nanti anda akan di perintahkan untuk melanjutkan ke tahap berikut nya, klik next untuk melanjutkan.


Pada tahap ini berisikan sebuah confirmasi dari pengguna apakah benar ingin menghapus feature tersebut, di tampilkan juga daftar mana-mana fitur yang anda ingin matikan sebelumnya, supaya sesudah proses penghapusan feature gui ini selesai langsung reboot, centang lah restart the destination server automaticaly.
setelah anda mesetujui nya, dan sudah yakin bahwa fitur gui ini anda ingin hapus, klik remove untuk masuk ke tahap selanjutnya.


Tahap ini adalah tahap penghapusan vitur gui yang sudah kita pilih bersama, proses penghapusan vitur itu sendiri kurang lebih memakan waktu 1 menit bila memakai media penyimpanan ssd dan 4menit bila menggunakan media penyimpanan hdd.
di karenakan tadi sudah meng centang reboot otomatis, setelah proses ini selesai, nanti akan otomatis restart.

bila proses nya selesai si pc/virtual box akan merestar si komputer secara otomatis dan juga sekaligus mengupdate nya.
tunggu hingga proses update ini selesai, proses ini tidak memakan waktu yang cukup lama kok.

Nah sehabis restar+update system nya, nanti nya anda akan di perintahkan untuk login ke akun administrator yang ada untuk masuk nya tekan Ctrl+alt+delete.
setelah anda login dan berhasil nanti anda akan di bawa ke tampilan core/cli nya windows server2012.

jrenga jreng jika sudah begini tampilan nya, berarti anda sudah berhasil merubah tampilan windows server yang tadi nya gui menjadi core .


terimakasih bagi para pembaca yang berkunjung ke salah satu postingan saya ini
mohon maaf bila ada salah dalam penulisan pada postingan ini
terimakasih