Thursday, 26 May 2016

Perbedaan antara ssd dan hdd

ya ketemu dengan saya lagi di sini dengan postingan yang baru , pada kali ini saya akan memposting tentang ssd dan hdd apa perbedaan nya dan lain-lain akan saya ulas secara singkat di sini.

sebelum kita masuk ke perbedaan nya mari kita kenal dulu dengan hdd dan ssd ini ya .

 HDD 

hdd atau hardisk ini adalah sebuah penyimpanan tetap para sebuah komputer berbasis piringan disk yang berada di dalam nya, hdd memanfaat piringan disk tersebut untuk menulis dan membaca data dan nanti akan di kirim untuk di proses pada sebuah prosessor, faktor kecepatan  membaca dan menulis atau yang lain nya sebuah hdd yaitu : kecepatan perputaran piringan disk tersebut, teknologi port sata atau yang lain nya, jumlah cahce, teknologi dari hdd tersebut ,,, jadi kesimpulan nya semakin cepat perputaran sebuah piringan, teknologi, cahce, port nya semakin bagus makan hdd tersebut akan cepat membaca atau menulis sebuah data nya ,, hdd ini di gadang gadang tercipta terinspirasi dari sebuah teknologi disket, cd/dvd dan pita magnet pada waktu itu ya, jadi dengan istilah hdd ini adalah teknologi termutakhir tempat penyimpanan data tetap berbasis pringan pada saat ini , satuan kecepatan perputaran piringa hdd ini adalah RPM contoh 5400 rpm dan 10.000 rpm, rata kecepetan baca tulis rata-rata sebuah hdd pada saat ini berkisar 100 MB/S read dan 75 MB/S write.

SSD 

ssd singkatan dari solid state drive, ssd ini adalah penyimpanan tetap pada komputer, sama dengan hdd tetapi ada perbedaan dari segi teknologi, ssd ini mengadopsi teknlogi memory nand non-volatile kenapa non-volatile dikarenakan memory ini masih meyimpan data nya walaupun memory ini tidak di aliri oleh sebuah listrik, di karenakan di adopsi dengan teknlogi baru banyak orang yang tidak tau dengan ssd ini malah banyak orang juga yang salah menyebut kepanjangan ssd ini contoh nya singkatan D nya disebut disk nah itu salah besar, kenapa salah? di karenakan ssd ini sudah tidak memakai teknologi berupa piringan lagi melaikan menggunakan memory nand ,, yang mempengaruhi sebuah kecepatan ssd ini teletak pada kontroler ssd nya, dukungan sofware, fitur, jenis memory nand yang dipakai, teknlogi nand yang di pakai, dan juga port yang dipakai, rata-rata kecepatan ssd pada saat ini berkisar antara 500 MB/S read dan 450 MB/S write bahkan beberapa ssd ada yang sampai 1,2 GB/S speed read atau bahkan lebih dari itu. 

udah tau kan secara singkat dengan hdd dan ssd langsung saja kita bandingkan kedua nya .


HDD 

1. hdd ini mengdopsi teknlogi yang sudah lama di pakai yaitu sebuah piringan disk sebagai media penyimpanan data nya.
2. menggunakan teknologi port sata 1,2,3  ide .

kelebihan dan kekurangan 

kelebihan:
1.harga nya yang relatife murah sebagai contoh untuk mendapat kan hdd standar dengan kapasitas 1.tb anda hanya merogoh kocek sekitar 700 rb sampai dengan 900rb 
2. peyimpanan nya yang besar rata hdd di pasar maksimal berkapasitas 
sekitar 5 tera
3. bila suatu saat terjadi hal hal yang tidak di ingin data pada hdd relatif lebih mudah di selamatkan.
4. hdd ini masih banyak di jual dipasaran khusus nya hdd internal pc.
5. pas untuk menyimpan data yang berukuran besar. 

kekurangan:
1. di karenakan teknologi berbasis piringan untuk menyimpan data hdd ini mengeluarkan bunyi.
2. tidak tahap terhadap goncangan.
3. speed nya yang kurang kencang
4. keterbatas port nya/ kenapa tidak di kembangkan lagi ke port selanjutnya dikarenakan dengan port sata3 saja itu sudah tidak mampu mengimbangi kecepatan port tersebut .
5. menggunakan daya yang cukup besar bila di pasangkan di prangkat mobile contoh laptop.

 SSD  

1. ssd ini menggunakan teknolgi memory nand 
2. menggunakan port sata 1,2,3, m2, m, pcie dll

kelebihan dan kekurangan 

kelebihan:
1. speed nya yan cepat pada saat penulisan dan baca sebuah data
2. menggunakan teknlogi terbaru 
3. menggunakan daya yang kecil bila di bandingkan dengan hdd dan sangat bersahabat sekali dengan laptop di karenakan pemakaian daya nya kecil ini bisa membuat masa pakai daya yang berada di batrai bisa menjadi lebih lama.
4. menggunakan port lanjutan seperti m2, m ,pcie dll.
5. ssd lebih tahan terhadap goncangan di karenakan dia memakai memory nand  bahkan bila kita rendam di air dan mengeringkan lagi dengan betul betul dan menyalakan nya lagi data yang tersimpan masih tetap ada.
6. terkesan tidak menimbulkan bunyi pada saat pemakaian.
7. penjagaan data nya lebih mutakhir lagi 

kekurangan:
1. ssd ini mempunyai batas tulis biasanya batas nya bisa sampai 500 tera
2. harganya yang masih mahal (biarpun sudah turun ssd 256 gb saat ini di pasaran berkisar dengan harga 1,1 jt rupiah)
3. bila suatu saat ada kejadian yang tidak dinginkan data tersebut susah terselamatkan.
4. !!ini masih ragu saya!! ssd rentang terhadap tegangan listrik yang tidak stabil
5. kapasitas sebuah ssd ini masih relatif kecil rata-rata ssd pada pasaran saat ini berkisar 1 tera
6. tidak di saran menyimpan data data berukuran super besar  kenapa? di karenka data tersebut akan mempercepat habis nya masa batas tulis sebuah ssd.


nah dari ulasan singkat yang saya tulis tadi itulah perbedaan ssd dan hdd 

 

jadi mana yang anda pilih hehehe?

Saya akan memberi gambaran singkat sebaik nya anda memilih yang mana?

1. bila anda mebutuh kan ruang penyimpanan yang besar pilih lah sebuah HDD mengapa HDD? di karenakan kapasitas HDD ini besar dan juga harga nya relatif murah di bandingkan dengan sebuah ssd yang berukuran sama 
2. bila anda membutuh kan lonjakan performa yang besar pada pc anda gunaka lah SSD mengapa SSD? di karenakan dengan ssd performa pc atau laptop akan melonjak dengan jauh dalam hal kecepatan baca dan tulis atau waktu booting contoh 
3. bila anda menggunakan device yang nggul dalam mobilitas/ di bawa kemana-mana seperti laptop, menggunakan nya di tempat yang berbeda-beda dan juga anda enggan meletakkan posisi laptop pada posisi datar atau tidak seimbang dll, saya saran kan anda menggunakan SSD mengapa SSD ? di karenakan SSD lebih aman menyimpan data anda di karenakan ssd ini lebih tahan terhadap goncangan-goncangan, pada saat anda tidak sengaja menggoncangkan laptop anda atau yang lain nya yang berhubungan dengan mobilitas tinggi.
4. bila anda mebutuh kedua opsi tersebut anda butuh performa yang lebih pada pc anda dan juga dapat menyimpan data yang banyak gunakan kombinasi kedua nya yaitu menggunakan SSD untuk operating system dan HDD untuk menyimpan data yang berukuran besar .
5. yang kelima atau terakhir sesuaikan dengan kantong anda atau bunget anda ya jangan sampai memaksakan .

nah itu sedikit gambaran nya mana yang anda pilih ssd atau kah hdd sebagai media penyimpanan yang anda gunakan nanti nya .

postingan tentang tips atau cara meilih hdd atau sdd, dan juga mengenai ssd akan saya posting lain waktu ,,,,



mohom maaf bila pada saat penulisan postingan ini terdapat kesalah penulisan kata dan ejaan nya .

Terimakasih bagi para pengunjung yang mampir





 








Related Posts

Perbedaan antara ssd dan hdd
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.