Kembali kepada saya dengan toturial baru yang saya hadir kan yaitu cara menginstall elementry os pada sistem yang kita miliki , tutorial ini saya hadirkan terinspirasi dari sebagian orang yang masih bingung pada saat menginstall sistem operasi linux ,biasanya sistem operasi linux ini di jadikan sebagai dual boot pada sistem os yang dimiliki,os elementry ini cocok bagi anda yang ingin memiliki sistem operasi linux yang ingin memmpunyai tampilan secara default nya indah dan bagus,di tutorial yang saya buat ini berisi mulai dari cara partisi nya dll akan saya hadirkan secara singkat.
ya langsung saja biar tidak kelamaan.



bahan bahan
boot table elementry os
sisa size partisi pada hdd(ruang untuk menyimpas os ini)

baca sampai lengkap ya supaya tuntas apa yang di sampaikan heheheh.

!!!!! nah elementry ini saya install di virtual sebagai panduah tenang saja saya akan memberikan beberapa ss real yang sudah saya miliki dan itu juga saya ss di waktu yang sama pada waktu penulisan ini
!!!!

saya jelaskan secara singkat sebelum menginstal os nya ya ,
sebelum menginstal suatu os baru kamu perlu membuat sebuah boot table os yang di ingin kan terlebih dahulu dan setelah membuat boot table buka setingan fist booting dan ganti firs boot nya menjadi dvd atau flash drive yang menyimpan boot table os nya setelah itu baru anda bisa masuk pada instal os nya,
dan juga anda harus yakin bila hdd anda cukup untuk menyimpan data os ini ya

Nah pada tahap ini anda akan dibawa pada sebuah laman pertama pada proses instalasi , di dalam nya terdapat pemilihan bahasa yang di gunakan nanti , mencoba elementry os secara sementara ini bisa anda lakukan bila ingin menjajal bagaimana si rupa si os elementry ini secara trial tapi pada kali ini opsi ini tidak di pilih karna tujuan kita ingin menginstal nya , yang selanjutnya install elementry opsi ini di gunakan bila anda ingin mengisntall os secara sungguhan nah opsi ini lah yang kita pake pada tahap penginstalan, klik "install elementry".

setelah proses yang tadi nanti akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu tahap persiapan penginstalan os elementry (ya seperti itu lah kira kira artinya) nah pada tahap ini berisikan pengecekan ruang pada hdd,ssd yang anda miliki apakah sudah mencukupi system requitmen os ini , nah kedua medeteksi apakah komputer tersebut terkoneksi dengan internet, ketiga apakah anda ingin mendownload update os tersebut pada saat penginstalan berlangsung, ke empat apakah anda ingin menginstal aplikasi pihak ketiga secara langsung ketika pengisntalan nah pada opsi ketiga dan keempat ini boleh anda ambil atau tidak, tetapi bila anda mengambil kedua opsi ini proses penginstalan os akan menjadi lama dan menghabiskan kouta internet yang anda milliki tetapi imbasnya os akan terinstal mendekati lengkap , nah bila anda sudah yakin apa yang anda pilih "continue" untuk melanjutkan.
tahap ini adalah pemilihan type penginstalan saya rekomendaasikan something else di karenakan bila meilih opsi lain, anda akan menyuruh menghapus semua partisi hardiks nya untuk elementry saja, anda tidak ingin terjadi pada anda kan di karenakan tujuan nya adalah dual boot jadi sistem operasi sebelum nya tidak boleh terhapus , pada pemilihian opsi somethings else ini adalah tahap pengaturan partisi secara manual .
nah pada tahap ini adalah contoh partisi yang saya meiliki di karnakan masih baru jadi cuma satu tetapi saya akan jelaskan selengkap lengkap supaya anda bisa megerti ya, nah bila anda tidak sama persis dengan saya maka jangan mengikuti persis dengan yang saya lakukan tetapi bila anda memiliki partisi yang sudah di buat untuk os ini mohon di format dulu partisi nya supaya partisi tersebut bisa di bagi bagi menjadi swap,root,home ini adalah partisi standar pada linux
saya akan menjelaskan maskud simbol simbol tersebut
+: ini bisa di gunakan bila anda ingin menambah partisi atau memecah partisi yang sudah ada
- : untuk menghapus sebuah partisi , mereset seperti semula
change: ini untu merubah jenis partisi nya
new partisi table: nah ini fungsi hampir sama dengan +
revert: untuk mereset partisi ke semula contoh pada kasus partisi e ini pecahan dari partisi d nah bila partisi ini di revert partisi ini akan bergabung menjadi semula dengan partisi d
nah mungkin dengan penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda.
setelah anda yakin untuk mengcreate partisi baru klik "continue".

nah partisi yang anda buat pertama kali adalah partisi untuk directory root nya nanti nya partisi ini untuk menampung os elementry nya, partisi ini adalah partisi yang sangat penting di karenakan bila di umpamakan dengan os windows partisi ini adalah partisi c nya jadi anda kasih sekitar 50 persen dari semua partisi tetapi partisi di linux juga jangan di kasih besar besar di karenakan nanti akan mubazir apalagi bila anda memakainya secara sederhana 150  gb itu sudah lebih dari cukup ,
format partisi untuk directory root nya:
type partisi nya :primary
location for the new partisi nya : begining
use as: gunaka tipe ext4 joaurnaling file system
mount point: karna di gunakan untuk root atau system jadi cukup di beri tanda slash (/)
bila sudah klik "ok".

nah pada tahap pembuatan partisi ini ,kita akan membuat partisi directory home , pada dasar nya directory ini boleh dibuat boleh tidak, kenapa saya ucapkan seperti itu? di karenakan pada default nya home ini ada pada directory root sebelum di bikin partisi khusus untuk home, saya saran kan membuat nya kenapa? di karenakan home di analogikan bila di windows ini adalah data d yang berfungsi menaruh instalasi beberapa aplikasi dari windows, aplikasi linux itu sendiri ,atau data penyimpanan data download secara default di taruh di home ini ,sebagai contoh di rectory home ini seperti apa saya punya os dual boot  elementry secara real nah saya akan kasih ss nya,
nah ini sebagai gambaran sebagai apa sih di rectory home ini nah sekarang tinggal anda putuskan apakah ingin membuat directory home secara tersendiri atau tidak ,
nah ini adalah format pembuatan partisi untuk home
type partisi nya :logical
location for the new partisi nya : begining
use as: gunaka tipe ext4 joaurnaling file system
mount point: karna di gunakan untuk home jadi cari tanda di tambah kalimat home contoh nya  (/home)
bila sudah klik "ok".

nah pembuatan partisi yang terakhir adalah untuk partisi swap , swap berguna sebagai ram tambahan pada system linux itu sendiri di gunakan bilamana ram yang real nya penuh atau bisa juga di gunakan untuk mengentengkan tugas ram atau melonggarkan kapasitas nya supaya mejadi tidak penuh ,pada default nya seperti itu tetapi ada cara supaya si swap ini mengambil alih sekitar 50 persen tugas yang ada untuk di tangani di swap ini tentunya butuh trik tambahan yang insyaallah saya akan post lain waktu ya ,secara singkat seperti itu kegunaan swap ini dan partisi ini wajib ada pada system linux, jumlah size swap ini 2 kali dari ram real yang anda/sobat punya sebagai contoh anda mempunyai ram 2gb nah jadi ukuran swap nya 4gb atau lebih tinggi anda punya ram 8gb nah size swap nya 16 gb, tetapi bila tidak ingin mengikuti patokan ini terserah pada anda ya, 

!!!!!!!!
dan satu lagi buat tamabahan atau pengalaman anda bila anda menggunakan system partisi mbr  kurang lebih nah ada isu/masalah yang pernah saya alami saya yaitu pada saat mebuat partisi yang pertama tadi ,setelah selesai tidak bisa membuat partisi yang selanjutnya ,ini bisa di akali dengan membuat partisi swap terlebih dahulu !!!!! ingat ini hanya sebagai bahan share saya mungkin bisa juga berbeda dengan system yang anda miliki saat ini ......

nah ini adalah format pembuatan partisi untuk swap 
type partisi nya :logical
location for the new partisi nya : begining
mount point: karna di gunakan untuk swap jadi kita pilih (swap area)
bila sudah klik "ok".

nah ini adalah tampilan partisi nya bila mungkin tidak sama dengan anda sama hal nya juga saya direal nya untuk dual boot banyak sekali partis sekitar 6 atau lebih bila di gabungkan dengan partisi os lain nya sebagai gambaran saya punya yang real nya ini ss nya
nah ini adalah ss real nya yang saya miliki, jadi memang banyak apalagi untuk di jadikan dual boot anda harus pintar pintar-pintar membagi partisi nya supaya anda tidak kehilangan data, ya saya akan menceritakan pengalaman yang cukup pahit dan jangan sampai menimpa para pembacara amin, !!!!banyak jujur pada saat saya membuat dual boot ini ada salah satu partisi yang saya korbankan di karenakan saya tidak memikir matang pada saat pembagian partisi dan melakukan dual boot ini tetapi untung nya tidak ada data penting di sana jadi saya tetep leluasa untuk menghapus nya hehehehe!!!!
nah makanya saya saran kan untuk berpikir sampai matang pada saat pembagian partisi ini supaya data anda tidak ada yang hilang, setelah dirasa anda sudah yakin akan partisi yang sudah di buat "install now" untuk melanjutkan.

nah setelah anda kliks "install now" ada notif apakah anda ingin membaca atau mengsave perubahan partisi yang sudah ada (ya seperti itu lah kira kira artinya) jika anda sudah yakin dengan kuputusan pembuatan partisi yang sudah anda buat klik "continue".

nah tahap ini mungkin anda sudah tau ya tetapi tetap saya akan jelaskan secara singkat, nah pada tahap ini adalah setingan di mana lokasi anda berada pada saat instal atau sebagai catuan lokasi os yang anda install jadi boleh di isi ngasal boleh tidak tetapi saya sarankan tidak ya isi seuaikan dengan daerah anda klik "continue" untuk melanjutkan.

ini adalah tahap pemilihan gaya tampilan keyboard nah pada tahap ini saya serahkan seuai dengan keinginan anda di karenakan gaya keyboard ini setiap orang beda jadi saya tidak akan menyarankan pada anda mana yang paling bagus anda bisa memilih manakah gaya keyboard yang paling bagus atau pas untuk anda.

pada tahap ini adalah setingan user yang nati akan di pakai, isi kan sesuai dengan nama anda dan kebutuhan anda contoh nya seperti pasword , pasword ini di gunakan juga untuk mebuka akses root nanti bila anda ngin menginstal atau mengkonfigurasi, jadi pasword ini bersifat ganda pasword user biasa dan pasword root pada default nya seperti itu ,,,,, beda hall bila anda kofigurasi lagi memisahkan pasword root dan user biasa ,,,, jadi saya saran kan anda ingat pasword dan user nya jika tidak anda ingat-ingat akan kesulitan untuk masuk/login ke os elementry dan bila itu terjadi bisa di reset tetapi masuk kemode cli dulu hah bingung ya hehehe ,, itu alasanya mengapa saya menghimbau para pembaca untuk menghafal user dan pasword nya , nah setelah anda yakin dan ingin melanjutkan "continue".

nah setelah anda mengklik continue pada tahap sebelum nya proses instalasi akan berjalan mungkin ini agak membosan mununggu proses instalasi nya berhasil tetapi tetap anda harus menunggu hingga proses nya selesai.

nah setelah anda menunggu , bila sudah selesai proses nya akan ada notif instalasi complete nah bisa anda mandapat notif ini berarti anda berhasil menginstal nya dan restart untuk masuk ke os linux nya 

!!!peringatan untuk anda, bila anda dual boot nanti sehabis install akan muncul gruop loader,atau boot loader nah bila sudah sampai di situ anda akan di suguhkan pemilihan os mana yang akan di pakai, bila ingin menjalankan os elementary pilih elementry atau sebaliknya bisa sistem pertama nya windows setelah di dual boot system widows tersebut akan terdeteksi juga(bila anda benar instalasinya) nah pilih windows bila ingin memakai windows!!!! 
itu panduan singkat dari saya 

nah setelah restart anda akan di suguhi tampilan login seperti ini secaara default seperti ini gan bila sudah sampai disini, masukkan user nya sudah anda buat beserta pasword nya/anda bisa memasukkan pasword user nya secara langsung tanpa mengetikan user nya seperti gambar di atas .

nah setelah login ini lah tampilan elementry os ini secara default saja sudah baguskan hehehe apalagi sudah di modif dengan tampilan lain nya , ya saya contoh ss nya yangs sudah saya miliki ini sudah di ganti tampilan nya dari default nya.



hehe bagus kan tampilan nya bikin ngiler wkwkwk.

sekian dari saya, tutorial ini bermaksud untuk mebantu anda yang sedang kesulitan pada saat menginstal linux dan juga sebagai pengetahuan tambahan bagi para pembaca

mohon maaf bila ada salah pengejaan dan pengetikan sebuah post ini.

terimakasih anda sudah mengunjungi blog saya ya heheheh.