kembali lagi dengan saya yang pastinya ,kali ini saya akan memposting tentang cara memasukkan ios swich layer 3 cisco ke gns3 ini ,,ilmu ini sebetul nya sudah saya dapat kan sejak lama di karenakan keterbatasan paketan inet postingan ini baru saya post pada kali ini hehehe ,,,, langsung saja ke tujuan awal ...

cara ini saya praktekan pada linux ubuntu, pada dasar nya sama hampir sama caranya di windows atau di linux yang saya pakai atau para pembaca pakai jadi jangan kawatir, caranya tidak beda jauh ya linux atau pun windows .

sebagai contoh saya akan menambahkan sebuah swich cisco layer 3


yang pertama kita buka dulu gns3 nya ya .. setelah itu klik edit dah setelah itu akan muncul menu lagi pilih lah "PREFERENCES"

Setelah memilih preferences, pilih lah "IOS ROUTER" klik "new" untuk menambahkan device cisco nya.

masuk pada tahap memasukkan file ios cisco swich layer3 nya (saya anggap anda sudah mempunyai ios cisco nya) setelah anda sudah memasukkan ios nya klik "next" untuk melanjutkan.

nah pada tahap ini klik ceklis "this is an etherswich router" kenapa kita ceklis di karenakan device yang kita akan buat ini adalah swich layer 3 bukan router yang sesungguhnya ,, setelah anda ceklis klik"next" untuk melanjutkan.

nah pada tahap ini adalah menentukan kapasitas virtual memory ram yang nanti di buat untuk device tersebut nanti, saya sarankan jangan di ganti dikarenakan sesuai dengan pengalaman saya ukuran ram nya saya besarkan malah menjadi tidak bisa,, itu alasan nya saya tidak menyarankan anda untuk mengubah kapasitas ram default nya ,, bila sudah klik "next" .

nah pada tahap ini adalah pemilihan network adaptor pada kali ini saya beri contoh,saya memberikan satu saja network adapter nya dikarenakan saya hanya mebutuhkan jenis adaptor tersebut ,, jadi sensuai kan dengan kebutuhan anda saja ya, setelah anda memilih adaptor yan dibutuhkan klik"next".

kita klik idel pc finder sebelum next ,,, ini alasan nya saya merekomendasi kapasitas ram nya sesuai dengan default nya di karenakan bila ganti tidak jarang pada proses ini nanti akan gagal ...

setelah klik idle pc finder kita tunggu sejenak sampai nanti akan muncul notif berhasil dan tidak berhasil.

setelah menunggu cukup lama pastikan "idle pc value 0xxxxxxxxx has be found" bila anda menambatkan notif ini berarti anda berhasil dan bila keluar notif sebaliknya berarti gagal cek apakah setingan ram anda sudah seuai atau belum ya (itu alasan nya kenapa saya menyarankan setingan ram nya sesuai default saja) bila sudah berhasil klik "ok".

 setelah selesai klik "next" .

nah kita cek device yang tadi kita buat tadi yang dengan mengecek namanya ,, bila dirasa sudah benar dan sudah falid klik "apply" dan klik "ok".

nah setelah selesai menambahkan device baru kita cek apakah menyala dengan sempurna atau malah tidak nyala sama sklai hehe jangan sampe ya , kita drag icon swich layer 3 yang sudah kita buat tadi .

dan klik tanda mulai/start, nah kita cek apakah menyala dengan baik, indikator menyala yaitu hijau dan mati yaitu merah bila sudah hijau berarti anda berhasil dalam menambahkan device baru ini.

mohon maaf bila ada salah pada penulisan postingan, ini tujuan penulis ini hanya membantu para pembaca yang mampir ,,,, mohon di maklumi hehehe

TERIMAKASIH BAGI ANDA YANG SUDAH BERKUNJUNG..