assalammualaikum kembali lagi dengan saya di blog saya ini hehehe pada kali ini saya akan mensharing ilmu saya yaitu meremote debian fia telnet menggunakan cmd pada os windows yang kita miliki , dengan meremote debian ke telnet kita bisa mengontol debian os itu atau mensetting  os tersebut secara jauh(secara real), tapi pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan system virtual untuk membuat nya

YA LANGSUNG SAJA KITA KE TKP.
LANGKAH

 pertama dan paling pertama pastikan settingan network virtual box anda host only adapter

 1.yang pertama kita akan menyeting ip pada os debian yang kita miliki dengan cara mengetikan perintah nano /etc/network/interfaces  .
 2.setelah masuk pada kolom nano masukkan ip sesuai dengan apa yang dinginkan contoh saya menggunakan address 192.168.2.6 , netmask 255.255.255.0 dan gateway 192.168.2.1 ikuti perintah nya sesuai dengan tampilan yang sudah saya beri tanda tatapi address,netmask,dan gateway bisa anda rubah sesuai dengan keinginan anda . setelah itu save konfigurasi anda dengan menekan CTRL+O ,ENTER,CTRL+X.
 3.Restar system network pada os debian anda dengan perintah service networking restart  .
 4.Setelah di restart akan menjadi seperti ini tampilan nya

 5.Setelah merestart system network anda untuk mengecek apakah konfigurasi ip anda sudah ke save dengan system ketika perintah ifconfig

 6.Setelah terbuka lihatlah apakah ip yang tadi tedetek oleh system .
 7.Setting network pada virtual box host only sesuai dengan ip dan network yang sudah anda setting tadi.
8.Untuk mengecek apakah terkoneksi ping ip tersebut.

 9.Instal telnet nya pada os debian anda dengan perintah apt-get install telnetd   .
 10.Buka control panel pada windows pilih turn windows features on or off  aktifkan telnet client dan klik ok untuk menyimpan konfigurasi nya .
 11.setealah itu buka cmd pada windows ketikan perintah telnet dan ip anda tadi  contoh : telnet 192.168.2.6.
12.Nah ini tanda anda sudah masuk pada telnet ingat jangan masuk dalam mode root di keranakan telnet tidak akan mau login bila pake root jadi pake user biasa saja ya .  ...



konfigurasi ini mungkin bisa di pakai pada real device di karenakan perintah-perintah nya mirip
semoga berhasil para pembaca saya ingatkan untuk mengecek perintah yang di gunakan di kerenakan bila salah satu huruf/angka saja perintah nya tidak mau jalan..................

terimakasih sudah mau berkunjung .........................